Home Tips Investasi Keuangan Umum Pengertian Profesi Manajer Investasi

Pengertian Profesi Manajer Investasi

by HSB
0 comment

Investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan di masa mendatang. Investasi akan melibatkan bagaimana kamu bisa menempatkan modal untuk digunakan hari ini dan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu. 

Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mempelajari berbagai macam ilmu penting mengenai investasi atau menggunakan jasa manajer investasi. Manajer investasi adalah seorang profesional dalam bidang keuangan yang akan mengelola investasi dari klien. 

Untuk bisa lebih memahami profesi yang satu ini, maka beberapa informasi di bawah ini dapat membantu kamu. Mari kita perhatikan secara seksama untuk memahami peran dari seorang manajer investasi.

Apa Itu Manajer Investasi?

Seperti yang sudah disampaikan di atas, manajer investasi merupakan seorang profesional yang membantu kamu dalam mengatur investasi yang dilakukan. Mereka akan memberikan saran kepada klien mengenai strategi investasi. 

Hal lain yang dilakukan seorang manajer investasi adalah menginvestasikan modal klien dan mengawasi portofolio investasi mereka. Manajer investasi memiliki misi untuk dapat membantu klien dalam mendapatkan laba atas investasi yang dilakukan.

Apa Keuntungan Menggunakan Manajer Investasi?

Menggunakan jasa dari manajer investasi bisa memberikan kamu informasi mengenai peluang investasi yang menarik. Mereka juga akan membantu dalam mengelola aset keuangan dan menciptakan strategi untuk mencapai tujuan kamu.

Baca Juga: 10 Candlestick Paling Akurat Untuk Pemula 

Tugas Manajer Investasi

percayakan dana investasi kamu hanya pada manajer investasi tepercaya

Selain hal di atas, ada banyak tugas lainnya yang akan dilakukan oleh seorang manajer investasi. Hal ini tentu akan berbeda di tiap profesional. Namun secara umum, berbagai hal penting yang mereka lakukan adalah:

  • Bertemu dengan klien untuk mendiskusikan berbagai hal mengenai persiapan investasi
  • Mengembangkan strategi investasi untuk mencapai tujuan klien
  • Membeli dan menjual investasi untuk memaksimalkan keuntungan
  • Memantau portofolio dan melaporkan hasil secara teratur kepada klien
  • Meninjau dan merevisi strategi investasi
  • Menjawab pertanyaan klien tentang investasi, faktor risiko, distribusi pendapatan, dan pasar investasi
  • Menyiapkan anggaran, laporan, dan perkiraan sebelum berinvestasi
  • Dan berbagai tugas penting lainnya.

Baca Juga: Manajemen Resiko Dalam Trading 

Skill yang Dimiliki Seorang Manajer Investasi

Dalam membantu para klien untuk bisa mencapai tujuan mereka, maka seorang manajer investasi akan memerlukan beberapa skill. Manajer investasi menggunakan kombinasi hard skill dan soft skill untuk berhasil dalam peran mereka. Beberapa diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Literasi Keuangan

Manajer investasi harus bisa meneliti pasar keuangan untuk menciptakan strategi investasi terbaik untuk klien mereka. Literasi keuangan ini akan membantu para manajer untuk dalam memahami berbagai sumber daya untuk merancang strategi terbaik.

  • Kemampuan Komunikasi

Komunikasi akan bisa membantu manajer investasi dalam memahami tujuan klien mereka sekaligus memberikan informasi yang dibutuhkan agar dapat membantu klien mencapai tujuan mereka. 

  • Problem Solving

Mengembangkan strategi investasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari ukuran modal para klien, preferensi investasi mereka, dan kondisi dari pasar. 

Hal ini juga dipengaruhi banyak hal, sehingga manajer investasi harus bisa menggunakan keterampilan pemecahan masalah mereka untuk menemukan jawaban yang diperlukan.

  • Literasi Komputer

Untuk pemrosesan data keuangan, menganalisis pasar investasi, serta melacak portofolio klien, manajer investasi akan menggunakan software tertentu. Keterampilan komputer yang kuat bisa membantu dalam pengoperasian alat ini.

Baca Juga: 5 Investasi Syariah Di Bulan Ramadhan

4 Tips Memilih Manajer Investasi yang Baik

4 Tips Memilih Manajer Investasi yang Baik

Jika kamu membutuhkan jasa dari manajer investasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka ada baiknya memilih yang tepat agar tidak merugi di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika memilih seorang manajer investasi.

1. Pilih Manajer Investasi yang Paham Mengenai Dunia Investasi

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka kamu harus memilih seorang manajer investasi yang memiliki pengetahuan pasar yang lengkap dan paham tentang rencana investasi yang ada sekaligus berbagai risiko yang bisa terjadi. 

Tentu saja hal ini sangat membantu kamu. Pelajari bagaimana portofolio dan profil mereka sebelum memilih untuk menggunakan jasanya.

2. Pilihlah Manajer Investasi yang Tepercaya

Kepercayaan adalah hal yang sangat penting, terutama ketika kamu menitipkan investasi kepada orang lain. Jangan sampai memberikan uang kepada seseorang yang belum diketahui latar belakang dan reputasinya. kamu bisa meminta waktu untuk mengobrol lebih jauh atau periksa berbagai macam testimoni serta reputasinya.

3. Pilihlah Manajer Investasi yang Transparan

Transparansi juga poin penting yang harus menjadi perhatian. Jika mereka mampu memberikan penjelasan yang mudah kamu mengerti dan pahami, maka mereka bisa membantu untuk mencapai tujuan dari investasi yang dilakukan.

4. Cari Tahu Management Fees Mereka

Management fees atau biaya manajemen adalah biaya yang dikenakan oleh manajer investasi untuk layanan pengelolaan akun investasi kamu. Range harga yang biasanya dipatok adalah sekitar 0.75%-2.00% dari aset yang dikelola, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. 

Semuanya tergantung dari kesepakatan yang akan disetujui antara kamu dan manajer investasi. Mengetahui serta mengecek hal ini dapat membantu kamu mempersiapkan diri lebih baik sebelum memilih manajer investasi.

Itulah beragam informasi mengenai seorang manajer investasi beserta tips untuk memilih mana yang cocok dengan tujuan kamu. Namun, jika kamu memiliki niat untuk melakukan investasi seorang diri, terutama trading saham, maka Trading Saham Online dari HSB adalah pilihan yang tepat. 

Sudah teregulasi BAPPEBTI, transparan, dan eksekusi yang instan menjadi beberapa keunggulan dari aplikasi ini. Tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang dan nikmati untungnya kemudian.

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288