Home Pengetahuan Keuangan Menguntungkan! Yuk, Pelajari Peluang Investasi Emas Bagi Pemula

Menguntungkan! Yuk, Pelajari Peluang Investasi Emas Bagi Pemula

by HSB
0 comment

Peluang investasi emas memang sangat menguntungkan. Tidak heran mengapa banyak investor berpengalaman dan pemula menanamkan modalnya dalam emas. Apakah kamu tahu bagaimana peluangnya? 

Tidak apa-apa kalau tidak tahu. Justru HSB akan mengajak kamu untuk mencari tahu lebih dalam mengenai peluang investasi emas sekaligus informasi dasar keseluruhannya. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari simak selengkapnya di bawah ini!

Peluang Investasi Emas Bagi Pemula

Peluang investasi emas sangat menguntungkan mengingat nilainya yang cenderung terus mengalami kenaikan. Perlu diingat, bukan tidak mungkin nilai emas menurun. Tetapi jangan langsung panik karena beberapa waktu ke depan nilai emas pasti akan kembali naik. 

Sebagai contoh, nilai emas sempat turun baru-baru ini yaitu di awal semester II pada tahun 2022. Namun melalui laporan Bloomberg Intelligence terlihat bahwa nilai emas akan kembali mengalami kenaikan pada akhir tahun 2022. 

Bahkan disebutkan kalau harga emas akan naik lebih tinggi daripada jenis komoditas lainnya. Ketika hasil analisis menunjukkan adanya kenaikan nilai emas maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan investasi. 

Pemula yang baru saja ingin terjun ke dalam dunia investasi bisa ikut mencoba masuk dan memulai perjalanan penanaman modal mereka. Pasalnya emas juga memiliki risiko yang lebih rendah dari jenis instrumen investasi lainnya

Pergerakannya yang tidak secepat saham atau trading membuat pemula bisa belajar secara perlahan dan mengembangkan skill investasi dengan baik. 

Baca juga: Investasi Emas Digital, Tabungan Aman untuk Masa Depan 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Sebelum memulai investasi sangat penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya dengan baik. Jangan langsung percaya dengan apa yang orang lain katakan tentang suatu instrumen investasi. 

Ada baiknya kamu mempelajarinya juga secara pribadi agar pemahaman terhadap suatu instrumen bisa didapatkan secara menyeluruh. Kalau begitu coba perhatikan beberapa poin berikut ini. 

Kelebihan

Berinvestasi emas sebenarnya sangat membantu untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa contohnya ialah sebagai berikut: 

  • Mudah dicairkan dalam keadaan mendesak. Baik emas batangan maupun emas digital yang dijual di berbagai platform. 
  • Investasi emas terbebas dari pajak.
  • Dapat melindungi aset kekayaan dari inflasi yang membuat nilainya menurun. Jadi nilai modal yang kamu tanamkan tidak akan menurun meski 5 tahun mendatang dijual. Justru harganya akan naik lebih tinggi. 
  • Modal investasi yang dibutuhkan tidak besar. Pembelian emas dalam bentuk digital bahkan bisa dimulai dari Rp10.000 saja. 
  • Keuntungan yang didapatkan dalam jangka panjang cukup menjanjikan. 

Baca juga: Mau Belajar Trading Emas Online? Begini Caranya

Kekurangan

Investasi emas memiliki kekurangan karena ada beberapa risiko yang perlu kamu waspadai. Risiko pencurian atau hilang termasuk salah satunya. Tetapi tidak hanya itu, coba perhatikan beberapa kekurangan lainnya berikut ini: 

  • Investasi emas dalam bentuk batangan atau perhiasan berisiko dicuri atau hilang. 
  • Harganya fluktuatif dan memerlukan analisis menyeluruh. 
  • Kenaikan harganya tidak cepat. 

Berapa Minimal Dana untuk Memulai Investasi Emas?

Jumlah dana yang kamu butuhkan untuk investasi emas bergantung kepada jenis yang dipilih. Investasi emas terbagi ke dalam 2 cara yaitu pembelian emas batangan dan digital. Jika kamu memilih berinvestasi dalam emas batangan maka modal yang perlu dikeluarkan cukup besar. 

Per tanggal 27 September 2022 nilai 1 gram emas dihargai sebesar Rp930.000. Itu berarti kamu perlu menyediakan uang setidaknya Rp1.000.000 untuk membeli emas per gramnya. Perlu diingat bahwa harga emas selalu akan naik turun, jadi pastikan kamu sudah mengetahui harga terbaru setiap kali ingin melakukan pembelian. 

Namun apabila kamu tidak memiliki uang sebanyak itu, berinvestasi melalui platform digital bisa menjadi pilihan tepat. Modal yang dibutuhkan hanya Rp10.000 per 0,01 gram sehingga kamu bisa tetap berinvestasi meski dengan uang yang sedikit. 

5 Cara Investasi Emas untuk Pemula 

Cara Investasi Emas untuk Pemula

Jadi tertarik melakukan investasi emas? Kamu perlu melakukan persiapan seperti menentukan tujuan investasi, mempelajari instrumen emas secara menyeluruh, terus mengikuti pergerakan harga, rutin menanamkan modal, dan memilih platform yang tepat. 

Melakukan persiapan seperti ini sangat penting supaya investasi yang dilakukan dapat mendatangkan keuntungan maksimal. Supaya lebih jelas, berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Tentukan Tujuan Investasi

Menentukan tujuan investasi menjadi penting supaya kamu bisa menanamkan modal secara rutin. Kamu juga jadi lebih paham berapa banyak modal yang harus terkumpul serta dalam waktu berapa lama.

2. Belajar Investasi Emas Secara Menyeluruh

Meski terlihat lebih sederhana dari jenis investasi lainnya, kamu tetap harus memahaminya secara menyeluruh. 

Cari tahu informasi terkait emas logam mulia berbentuk fisik dan digital. Coba timbang mana yang lebih baik apakah berinvestasi secara fisik atau digital. Jadi kamu tidak salah ambil langkah serta tidak menghambat pergerakan pada masa depan. 

Baca juga: Kenali 7 Keuntungan Investasi Emas untuk Pemula

3. Ikuti Pergerakan Harganya

Prinsip semua jenis investasi umumnya sama yaitu membeli ketika harganya rendah dan menjual saat harganya tinggi. Itu berarti kamu harus memantau pergerakan harga emas yang terjadi setiap waktu. Apalagi jika kamu ingin membeli atau menjual, pastikan bahwa harganya sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan. 

4. Rutin Menanamkan Modal

Investasi sebenarnya juga menggunakan prinsip menabung. Setiap bulannya kamu perlu menyisihkan sejumlah uang agar nilai investasi makin bertambah. 

Tindakan ini penting dilakukan karena makin besar nominal investasi makin besar juga keuntungan yang bisa didapatkan. Tidak perlu besar-besar, kamu bisa memulai dari jumlah yang sedikit tetapi konsisten melakukannya. 

5. Memilih Platform yang Tepat

Kamu harus waspada terhadap platform bodong supaya tidak terkena jebakan penipuan yang marak terjadi. Mari menjadi investor yang cerdas dengan memeriksa secara saksama tempat jual beli emas fisik ataupun digital. 

Periksa apakah tempat yang kamu pilih sudah memiliki izin BAPPEBTI dan OJK atau belum. Selain itu bandingkan juga harga emas yang dijual apakah harganya normal dan masuk akal. Pasalnya ada banyak oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi. 

Itu dia informasi seputar peluang investasi emas yang perlu kamu pahami. Mulai berinvestasi sejak dini memang sangat krusial untuk menjamin kehidupan pada masa mendatang. Selain investasi emas dalam jangka panjang, kamu juga bisa melakukan trading yakni penanaman modal untuk waktu yang singkat. 

Kamu bisa mencoba trading bersama HSB yang sudah tepercaya serta terbukti aman karena memiliki izin dari BAPPEBTI, ICDX, dan ICH. Jangan khawatir kalau kamu belum paham cara kerjanya karena HSB menyediakan fasilitas edukasi bagi pemula. 

Kamu bisa memanfaatkan seluruh kelas online dan trading seminar secara gratis melalui website HSB. Bahkan tersedia layanan akun demo yang bisa kamu gunakan untuk berlatih. 

Bagaimana? Tertarik mencoba menggunakan HSB? Langsung saja download aplikasi HSB di ponsel kamu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288