Moving Average atau MA adalah indikator analisa yang menggunakan harga rata-rata dalam periode tertentu. Indikator ini sering digunakan oleh trader untuk membaca trend yang telah terjadi maupun trend yang akan terjadi serta yang akan berbalik arah.

Moving Average di dalam chart aplikasi trading HSB terdiri dari 4 yaitu MA5, MA10, MA20 dan MA60. Arti dari angka-angka di belakang MA yaitu jumlah candlestick yang akan dihitung rata-ratanya. Sebagai contoh, MA5 berarti rata-rata dari harga penutupan candlestick saat ini dan harga penutupan 4 candlestick sebelumnya.

Sebagai contoh, pasangan mata uang EUR/USD dengan timeframe 4 jam. MA5 memperlihatkan angka 1.09551 yang didapat dari rata-rata harga penutupan candlestick tanggal 2020/05/05 jam 11.00 dan harga-harga penutupan 4 candlestick sebelumnya.

Perhitungan: (1.09039 + 1.09035 + 1.08974 + 1.09105 + 1.09395) / 5 = 1.09110

panduan indikator moving average (MA) di chart

Jumlah candlestick itulah yang membedakan antara MA5, MA 10, MA 20 dan MA 60. Contoh lain yaitu MA 60 yang berarti rata-rata dari harga penutupan candlestick saat ini dengan 59 candlestick sebelumnya.

MA60 chart aplikasi web HSB Investasi

Cara Menggunakan Moving Average Di Chart

Di bawah ini adalah chart pasangan mata uang EUR/USD. Di bawah ini dapat dilihat antara MA5 (warna kuning emas) dan MA10 (warna biru muda). Apabila garis kuning MA5 bertemu dan bersilang dengan garis biru MA 10 dari arah bawah, maka harga akan cenderung bergerak naik (kotak merah nomor 1). Sebaliknya, bila garis kuning MA5 bertemu dan bersilangan dengan garis biru MA10 dari arah atas maka harga cenderung bergerak menurun (kotak merah nomor 2).

chart HSB Forex indikator MA

Semakin besar angka di MA seperti MA60, maka garis dengan MA besar tersebut terlihat semakin menjauh dari harga dibandingkan dengan garis dengan MA kecil seperti MA5 dan MA10 yang terletak berdekatan dengan harga. Oleh karena itu MA5 dan MA10 cocok digunakan untuk mengamati perubahan harga, sementara itu MA seperti MA20 dan MA60 cocok digunakan untuk mengamati tren harga secara jangka panjang.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading di aplikasi trading di smartphone, HSB Investasi dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah di promo yang sedang berlangsung.