Home Pengetahuan Keuangan Mengapa Pengelolaan Keuangan Begitu Penting Bagi Kehidupan?

Mengapa Pengelolaan Keuangan Begitu Penting Bagi Kehidupan?

by HSB
0 comment

Mengelola uang termasuk salah satu hal penting yang perlu dilakukan jika kamu hendak berbisnis dan berinvestasi. Pengelolaan keuangan identik dengan cara seseorang dalam mengelola finansialnya. Mulai dari perencanaan anggaran, cara menyimpan dana, pengendalian pengeluaran, hingga perlindungan risiko. Mengapa pengelolaan keuangan begitu penting? Mari simak jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Pengelolaan Keuangan?

Pengelolaan keuangan merupakan proses perencanaan hingga pemantauan sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan tertentu. Pengelolaan ini bisa dikatakan sebagai cara ideal dan efektif dalam mengendalikan aktivitas keuangan dengan baik. 

Proses pengelolaan keuangan perlu dilakukan dengan teliti, saksama, dan hati-hati. Mengapa? Karena pengelolaan difungsikan untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi, seperti penghasilan habis sebelum waktunya. Tujuan dari pengelolaan sendiri yaitu untuk mencapai kestabilan ekonomi masa depan.

Baca juga: Macam Macam Trading, Pengertian dan Manfaatnya

Mengapa Pengelolaan Keuangan Begitu Penting?

Pengelolaan Keuangan Begitu Penting

Mengelola keuangan menjadi hal penting karena dapat menghindari risiko yang berimbas pada permasalahan ekonomi, seperti tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup dan tidak memiliki dana darurat saat ada dalam situasi yang mendesak. 

Tidak itu saja, ada beberapa alasan lainnya mengapa manajemen keuangan penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang akan diuraikan di bawah ini. 

1. Menjaga Arus Kas Tetap Lancar

Dalam bisnis, pengelolaan keuangan menjadi penting karena untuk memastikan perusahaan memiliki arus kas yang lancar dan sehat. Selain itu, pengelolaan keuangan dapat membantu perusahaan dalam memantau jumlah pemasukan dan pengeluaran. Melalui pengelolaan keuangan, perusahaan dapat mengantisipasi arus kas yang berujung kerugian.

2. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Keuangan

Pengelolaan keuangan biasanya identik dengan upaya peningkatan efisiensi dana. Dalam hal ini, kamu bisa menghilangkan biaya yang dianggap tidak efektif dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih menguntungkan. Hal ini berlaku untuk pengelolaan keuangan pribadi maupun perusahaan.

Baca juga: Memahami 5 Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

3. Meningkatkan Profit

Bagi kamu yang menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan dapat digunakan untuk mencapai tujuan utama bisnis, yaitu mencapai keuntungan tertinggi. Kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang matang dan terukur supaya bisnis kamu bisa meningkatkan profit sesuai dengan harapan.

4. Memudahkan Perencanaan Struktur Modal

Saat kamu menerapkan pengelolaan keuangan, kamu bisa lebih mudah dalam merencanakan struktur modal bisnis. Di sini, kamu bisa menyesuaikan komposisi modal untuk menyeimbangkan ekuitas dan utang perusahaan. 

5. Memastikan Keamanan Investasi

Penerapan pengelolaan keuangan dalam perusahaan dapat digunakan untuk menilai tingkat keamanan kegiatan investasi perusahaan. Tujuannya supaya hasil investasi dapat memberikan imbal hasil yang positif terhadap kenaikan profit perusahaan. Oleh sebab itu, pengelolaan keuangan ini menjadi sesuatu yang penting dalam manajemen keuangan perusahaan. 

6 Tips Pengelolaan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

Tips Pengelolaan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

Mengelola uang dalam kehidupan sehari-hari memang tidak mudah. Lantas, mengapa pengelolaan keuangan begitu penting? Salah satu jawabannya supaya kamu bisa mengantisipasi berbagai risiko yang berimbas pada masalah finansial. 

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan dalam pengelolaan keuangan ini. Tentunya bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Berikut cara mengatur keuangan yang dapat kamu implementasikan dalam kehidupan. 

1. Buat Anggaran Keuangan

Membuat anggaran kegiatan merupakan salah satu cara yang digunakan supaya kamu bisa membelanjakan uang dengan tepat. Dalam hal ini, upayakan selalu membuat skala prioritas dengan tujuan menghindarkan pembelian barang yang tidak terlalu diperlukan. Selain itu, anggaran keuangan akan memberi gambaran mengenai seberapa besar pengeluaran bulanan kamu. 

2. Hindari Berutang

Salah satu cara mengelola keuangan yang baik dan benar yaitu menghindari utang. Jika kamu memiliki utang, upayakan untuk segera dilunasi. Mempunyai utang memang boleh saja, tetapi akan membuat keuangan kamu tidak bertumbuh dan malah terbebani. Jika hendak berutang, perhatikan dengan baik besaran bunga dan jangka waktu untuk melunasi utang tersebut.

3. Melakukan Investasi

Di era sekarang, investasi menjadi sebuah keharusan untuk mempersiapkan kebutuhan finansial masa depan. Saat ini, investasi dapat dilakukan dengan nominal yang relatif rendah. Prosesnya pun makin mudah, karena bisa dilakukan hanya melalui ponsel. Terdapat berbagai produk investasi yang dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Mulai dari yang memiliki risiko tinggi hingga risiko rendah.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula

4. Rutin Menabung

Menabung menjadi salah satu hal penting dalam pengelolaan keuangan. Mengapa? Salah satunya supaya kamu memiliki dana darurat yang bisa digunakan dalam keadaan mendesak. Tabungan ini bisa kamu alokasikan melalui investasi, supaya dana yang ditabung bisa berkembang dan memberi keuntungan maksimal.

5. Pisahkan Berbagai Kebutuhan

Pada dasarnya, kamu bisa membagi kebutuhan berdasarkan jangka waktu, seperti jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Untuk kebutuhan jangka pendek tentu bisa diutamakan dalam pemenuhannya, tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan masa depan. Artinya, kamu perlu mempersiapkan dana untuk kebutuhan jangka panjang tersebut.

6. Catat Pengeluaran

Pencatatan pengeluaran keuangan dapat membantu kamu dalam mengevaluasi pengelolaan keuangan setiap bulannya. Melalui catatan pengeluaran, kamu bisa mengetahui sektor mana saja yang masih bisa dilakukan penghematan dan sektor lain yang perlu diprioritaskan. 

Baca juga: 4 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

Nah, itu dia berbagai alasan mengapa pengelolaan keuangan penting bagi kehidupan, baik bagi kamu yang sedang berbisnis, ingin berinvestasi, atau hal-hal lainnya. Melalui pengelolaan keuangan, setidaknya kamu bisa mengatur arus keuangan dengan baik dan benar. Terutama ketika kamu ingin melakukan investasi melalui aplikasi trading saham HSB.

HSB merupakan aplikasi trading yang praktis dan mudah digunakan dan telah teregulasi BAPPEBTI. Sehingga prosesnya lebih aman dan transparan. Penasaran dengan aplikasi tersebut? Download aplikasinya sekarang juga dan segera buat akun demo untuk simulasi trading. Setelah itu, kamu bisa melakukan investasi secara langsung dengan akun live.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288