Home Tips Investasi Keuangan Umum Kontrak Produk Berjangka dan Sistem Trading

Kontrak Produk Berjangka dan Sistem Trading

by HSB
0 comment

Kontrak produk berjangka

Kontrak berjangka atau juga dikenal dengan sebutan futures contract dalam dunia keuangan merupakan suatu kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka, untuk membeli ataupun menjual aset acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa akan datang, dengan harga tertentu.

Empat elemen kontrak produk berjangka: tempat penyerahan, jam-jam perdagangan, jumlah dan mutu produk serta isi kontrak produk.

Istilah yang dipakai

Posisi: sebuah kontrak pasar meliputi membeli atau menjual kontrak berjangka sebelum lindung nilai diterapkan. istilah membeli biasanya berada dalam posisi Long. sedangkan Istilah menjual berada dalam posisi short. membeli atau menjual juga dikenal sebagai pegant/tahan posisi.

 Premium discount: mengacu pada harga berjangka komoditas tertentu lebih tinggi dari harga spot di lokasi tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Harga berjangka di bawah harga spot disebut diskon berjangka/premium discount. Biasanya, premium discount berfluktuasi secara normal dalam kisaran tertentu.

 Batas fluktuasi harga harian maksimum: Ini berarti bahwa harga trading kontrak berjangka pada waktu trading tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah dari kenaikan atau penurunan harga yang ditentukan, dan harga yang melebihi kenaikan harga akan dianggap tidak valid dan tidak dapat disimpulkan.

 

Unit perubahan minimum: Mengacu pada nilai minimum dari perubahan harga unit kontrak berjangka.

Bulan pengiriman kontrak berjangka: Mengacu pada bulan di mana kontrak berjangka menyediakan delivery month.

Hari perdagangan terakhir: Hari perdagangan terakhir di mana kontrak berjangka diperdagangkan pada bulan pengiriman kontrak.

 Harga berjangka: Mengacu pada harga termasuk PPN di gudang pengiriman dasar untuk standar pengiriman kontrak berjangka.

Settlement price of the day: Mengacu pada harga rata-rata transaksi kontrak berjangka sesuai dengan volume transaksi. Jika tidak ada harga transaksi pada saat itu, perhitungan harga transaksi sebelumnya akan menjadi perhitungan harga saat itu.

Kontrak utama: Mengacu pada kontrak berjangka dengan volume dan posisi terbesar dari semua kontrak yang terdaftar.

Open position: Tindakan pedagang berjangka untuk jual beli kontrak berjangka.

Close position: Mengacu pada perilaku pedagang berjangka melakukan jual beli kontrak berjangka dengan variasi, jumlah, dan tanggal pengiriman yang sama dengan kontrak berjangka, tetapi berlawanan arah dengan transaksi.

Margin: Dana yang dibayarkan oleh pedagang sesuai dengan standar yang ditentukan untuk penyelesaian dan jaminan kinerja.

Margin trading: Mengacu pada dana dimana anggotanya memastikan kontrak kinerja dalam akun penyelesaian spesifik-pertukaran, dan merupakan margin yang telah ditempati oleh kontrak. Ketika pembeli dan penjual menyelesaikan transaksi, pertukaran menerima margin perdagangan berdasarkan persentase tertentu dari nilai kontrak posisi.

Margin call: Ketika margin yang dibutuhkan pelanggan kurang dari jumlah tertentu, perusahaan pialang akan meminta pelanggan untuk menebusnya yang disebut margin call.

Settlement: Mengacu pada kegiatan bisnis untuk menghitung dan mengalokasikan margin perdagangan nasabah, laba rugi, biaya penanganan, pembayaran pengiriman dan dana terkait lainnya sesuai dengan hasil transaksi dan peraturan pertukaran yang relevan. Algoritma simpul saat ini memiliki pendekatan pasar satu-per-satu dan pendekatan pasar harian. Metode pendekatan pasar satu-per-satu didasarkan pada harga penutupan, dan metode pendekatan pasar harian digunakan sebagai standar penyelesaian.

Open Interest: Mengacu pada jumlah open position yang dimiliki semua investor dalam kontrak berjangka. Ketika volume posisi meningkat, itu berarti bahwa investor lebih menyukai varietas dan dana terus mengalir.

Jenis investasi

 

Perdagangan spekulatif

 Perdagangan spekulatif: mengacu pada perilaku perdagangan berjangka dengan tujuan mendapatkan spread di masa depan. Karena tujuan spekulasi adalah untuk mendapatkan spread, spekulan umumnya hanya menutup kontrak berjangka yang dimiliki oleh saham dan tidak melakukan pengiriman fisik. Saat ini, transaksi spekulatif dibagi menjadi dua kategori: spekulasi spread dan spekulasi arbitrase.

Spekulasi spread disebut mengacu pada aktivitas spekulan untuk mendapatkan keuntungan melalui ekspektasi harga, beli ketika harga naik dan jual ketika harga turun dan terus menjual atau membeli kontrak berjangka di waktu yang menguntungkan. Kunci untuk melakukan spekulasi perbedaan harga adalah akurasi analisis dan perkiraan tren harga pasar berjangka, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi pergerakan harga pasar, termasuk faktor psikologi spekulatif yang sulit diprediksi, sehingga sulit untuk menilainya dengan benar dan risikonya lebih besar.

Perdagangan arbitrase adalah cara khusus untuk perdagangan spekulatif di masa depan dan menggunakan perbedaan harga antara bulan yang berbeda, pasar yang berbeda dan komoditas yang berbeda di pasar berjangka dengan membeli dan menjual berbagai jenis kontrak berjangka untuk mendapatkan keuntungan. Harga spot dan harga produk berjangka suatu komoditas sering berbeda, demikian juga perbedaan dalam perubahan harga kontrak komoditas yang sama dalam bulan pengiriman yang berbeda, terdapat perbedaan perubahan harga komoditas yang sama di bursa berjangka yang berbeda. Karena adanya perbedaan harga ini, perdagangan arbitrase di pasar berjangka sangat dimungkinkan.

Lindung nilai

Salah satu fungsi ekonomi dasar dari pasar berjangka adalah untuk menyediakan mekanisme manajemen risiko harga bagi perusahaan spot. Untuk menghindari risiko harga, cara yang paling umum adalah lindung nilai. Tujuan utama perdagangan berjangka adalah memindahkan risiko harga produsen dan pengguna ke spekulan. Ketika perusahaan spot menggunakan pasar berjangka untuk mengimbangi pergerakan balik harga di pasar spot, prosesnya disebut lindung nilai.

Dalam proses perdagangan berjangka, harga berjangka dan harga spot tidak akan sepenuhnya konsisten, tetapi tren perubahan pada dasarnya sama. Yaitu, ketika harga spot komoditas tertentu naik, harga berjangka juga naik, dan sebaliknya. Ini karena walaupun pasar berjangka dan pasar spot adalah dua pasar yang terpisah, faktor utama yang mempengaruhi harga berjangka dan harga spot adalah sama. Dengan cara ini, faktor-faktor yang menyebabkan harga pasar spot naik dan turun juga akan mempengaruhi naik dan turunnya harga pasar berjangka. Hedger dapat mencapai fungsi lindung nilai dengan melakukan transaksi yang berlawanan dengan pasar spot di pasar berjangka, sehingga harga stabil di level target.

Harga spot dan harga berjangka tidak hanya berubah dalam tren yang sama,tetapi, pada akhir kontrak, keduanya akan hampir sama atau digabungkan menjadi satu. Dikarenakan harga berjangka mencakup semua biaya untuk menyimpan barang sampai tanggal pengiriman, sehingga harga berjangka berjangka panjang lebih tinggi daripada harga berjangka pendek. Ketika kontrak berjangka mendekati tanggal pengiriman, biaya penyimpanan secara bertahap akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Pada saat ini, penentu kedua harga hampir sama, dan harga berjangka pada bulan pengiriman cenderung konsisten dengan harga spot. Ini adalah prinsip konvergensi pasar di pasar berjangka dan pasar spot.

Tentunya, pasar berjangka tidak sama dengan pasar spot, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, waktu volatilitas dan tingkat volatilitas harga berjangka tidak selalu sama dengan harga spot, di samping itu terdapat unit perdagangan yang ditentukan di pasar berjangka. Jumlah operasi pasar seringkali tidak sama, artinya lindung nilai dapat memperoleh keuntungan tambahan ketika mereka menghapus laba dan rugi dan juga dapat memperoleh kerugian kecil. Oleh karena itu, ketika kita melakukan transaksi lindung nilai, kita juga harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efek lindung nilai, seperti perbedaan dasar, perbedaan dalam standar kualitas, dan perbedaan dalam jumlah transaksi, sehingga transaksi lindung nilai dapat mencapai hasil yang memuaskan dan dapat memberikan layanan yang efektif untuk produksi dan operasi perusahaan.

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288