Home Tips Investasi Keuangan Umum 4 Investasi yang Menguntungkan Saat ini

4 Investasi yang Menguntungkan Saat ini

by HSB
0 comment

Seperti yang diketahui, beberapa tahun terakhir investasi menjadi salah satu kegiatan yang menarik minat masyarakat luas. Pada dasarnya, investasi digunakan sebagai sumber pendapatan tambahan. Namun, beberapa orang melakukan investasi untuk mengisi waktu luang. Saat memilih instrumen, kamu tentu akan memilih investasi yang menguntungkan saat ini. 

Sebab semua orang pasti berharap mendapatkan keuntungan atau keamanan aset. Memilih jenis investasi yang memiliki risiko kerugian tinggi tentu akan membahayakan nilai aset. Mengenal investasi sejak dini menjadi langkah yang baik sebab peluang keuntungan yang diterima juga akan lebih besar. 

Agar menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih investasi, artikel ini akan memberikan informasi mengenai jenis investasi yang menguntungkan saat ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah. 

4 Investasi yang Menguntungkan Saat ini

Investasi yang Menguntungkan

Dalam memilih instrumen investasi, kamu perlu mengenal cara investasi dan profil risiko yang diberikan.  Setidaknya terdapat 4 investasi yang menguntungkan saat ini untuk bisa kamu coba, yaitu saham, emas, obligasi, dan properti. 

Selain jenis instrumen, skema waktu yang dipilih juga penting untuk ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya:

1. Saham

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, saham masih memiliki eksistensi sebagai instrumen investasi yang tinggi. Bahkan saat kamu menyebutkan investasi, saham adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran sebagian besar orang. Saham memiliki keuntungan yang cukup besar, tetapi diikuti dengan profil risiko yang besar pula. 

Itu sebabnya investasi saham sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli di bidang tersebut dan memiliki ilmu yang cukup untuk menjalankan investasi saham. Bila ingin mencoba, kamu dapat melakukan investasi saham dengan mudah dan nominal investasi yang kecil melalui aplikasi HSB. 

Saat membeli saham perusahaan, kamu tidak hanya membutuhkan informasi investasi. Tetapi, informasi perusahaan seperti laporan keuangan, kondisi keuangan, dan lain sebagainya juga harus dipertimbangkan.

Baca juga: Yuk, Pelajari Pentingnya Investasi Sejak Dini

2. Emas

Semua orang pasti mengenal investasi emas sebagai salah satu jenis investasi yang mudah dan tidak asing dalam kehidupan banyak orang. Saat ini, investasi emas memiliki 2 pilihan yaitu dalam bentuk fisik atau digital. Emas fisik bisa didapatkan pada toko emas dengan bentuk batangan atau perhiasan. Sedangkan investasi emas digital dapat dilakukan pula di HSB dengan mudah.

Sebagai instrumen investasi yang telah dikenal dan mudah dilakukan, emas mampu memberikan kenyamanan sesuai kebutuhan sebab jangka waktu yang dimiliki dapat dikatakan fleksibel.  Dibandingkan dengan jenis instrumen lainnya, emas juga memiliki harga yang cenderung stabil dan memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. 

3. Obligasi

Berbicara mengenai investasi, kamu tidak dapat melewatkan obligasi yang masih populer hingga saat ini. Singkatnya, obligasi adalah surat utang berharga yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan. Meski tidak bernilai besar, keuntungan yang ditawarkan oleh obligasi bersifat stabil. Sehingga, obligasi menjadi pilihan investasi yang menguntungkan saat ini. 

Profil risiko dalam obligasi pun masih dapat diterima dan tidak terlalu besar, jadi investor tidak perlu terlalu khawatir saat memilih obligasi sebagai instrumen investasi. Jenis investasi ini cocok digunakan untuk jangka menengah, karena nilai aset dalam obligasi juga tidak akan turun atau berkurang besar.

Baca juga: Aman dan Menguntungkan! 5 Jenis Investasi Untuk Pemula

4. Properti

Investasi yang menguntungkan saat ini salah satunya adalah properti atau tanah. Sejak dahulu, berinvestasi pada tanah dan tempat tinggal tidak akan memberikan penurunan harga aset, justru akan meningkat seiring dengan tingkat inflasi pada waktu tertentu. Selain itu, setiap orang pasti membutuhkan tempat tinggal atau tempat usaha. 

Sehingga menjual atau menyewakan properti termasuk jenis investasi minim risiko dan mudah untuk dikelola yang bisa kamu coba. Sebaiknya, coba untuk membuat bangunan yang berfungsi dan memiliki usia usaha yang masih dibutuhkan dalam jangka waktu panjang seperti kos, kontrakan, kios, dan lain sebagainya.

3 Tips Sukses Berinvestasi

Tips Sukses Berinvestasi

Kamu sekarang sudah mengenal investasi apa saja yang menguntungkan saat ini. Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya untuk menerapkan tips sukses di bawah ini agar kegiatan investasi menjadi lebih lancar. Apa saja tips sukses berinvestasi? Simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Mengenal Instrumen Investasi dan Memahami Risikonya

Instrumen investasi pasti memiliki cara investasi tersendiri, begitu pula dengan tingkat risikonya. Oleh karena itu, penting untuk belajar lebih dalam terlebih dahulu mengenai instrumen yang dipilih agar modal yang ditanamkan tidak hilang akibat kerugian. Perlu diingat bahwa instrumen investasi yang memberikan keuntungan besar juga memiliki profil risiko yang tinggi pula.

2. Menentukan Tujuan Investasi

Menentukan tujuan investasi sebelum memulai juga merupakan hal penting. Sebab, kamu juga bisa menentukan jangka waktu investasi yang tepat melalui tujuan yang dimiliki. Sebagai contoh, apabila kamu berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun, maka pilih jenis investasi yang memiliki jangka waktu panjang. 

3. Mulai dengan Uang Dingin

Hal ini yang banyak dilupakan oleh sebagian besar orang dan berakhir pada kekecewaan saat nilai aset turun. Investasi sebaiknya dimulai dengan menggunakan uang dingin terlebih dahulu, apalagi saat kamu memilih jenis investasi yang tinggi risiko. Saat stabil, kamu dapat mulai meningkatkan nilai yang dibayarkan setiap bulannya untuk meningkatkan nilai aset. 

Hindari menggunakan uang dari kebutuhan pokok, yang saat hilang dapat memengaruhi biaya hidup dalam jumlah kecil maupun besar. Hal tersebut akan menghambat jalannya kehidupan saat risiko terjadi karena uang pokok menghilang dan kamu terancam tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Baca juga: Wajib Tahu! Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi Anda

Nah, itu dia investasi yang menguntungkan saat ini yang masih menarik minat banyak orang. Agar investasi berjalan dengan lancar, kamu juga harus teliti dalam memilih platform investasi yang aman, teregulasi, dan diawasi oleh badan yang berwenang. Seperti HSB yang merupakan aplikasi trading online yang aman dan telah teregulasi BAPPEBTI serta tergabung dalam ICDX. 

Mulai investasi sejak dini akan memberikan peluang keuntungan yang lebih besar. Jadi, segera buka akun demo kamu di HSB dan dapatkan skema komisi yang kompetitif dengan pembayaran real time. Download HSB sekarang juga untuk menikmati banyak keuntungan trading.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288