Home Tips Investasi Keuangan Umum Indeks Saham: Definisi, Fungsi dan Daftarnya di Indonesia

Indeks Saham: Definisi, Fungsi dan Daftarnya di Indonesia

by Beladdina Annisa
0 comment

Pada dasarnya investor memiliki banyak opsi indeks yang bisa digunakan sebagai acuan perdagangan. Lantas, indeks saham seperti apa yang cocok digunakan dalam berinvestasi? Sebelum memilihnya, pahami lebih dulu pengertian, fungsi dan daftar indeks saham.

Indeks saham adalah suatu ukuran statistik dengan melihat perubahan gerak harga dari kumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dan digunakan sebagai sarana tujuan investasi.

Mengapa indeks saham ini sangat penting bagi investor? Karena indeks saham yang dibuat oleh perusahaan digunakan untuk memantau kinerja dari bursa secara umum dan sebagai sarana investasi bagi investor reksadana.

Keberadaan indeks saham sangat membantu para investor untuk menentukan apakah mereka akan menjual, menahan atau membeli suatu saham, karena banyak jenis indeks saham telah melakukan seleksi ketat terhadap saham-saham berdasarkan ukuran kapitalisasi pasar dan likuiditasnya. 

Apa itu Indeks Saham?

indeks saham adalah

 

Indeks saham adalah ukuran nilai pada pasar saham yang dihitung dari pergerakan harga saham tertentu dan umumnya menggunakan rata-rata tertimbang. Parameter tersebut digunakan oleh investor untuk menjelaskan kondisi suatu pasar yang terjadi dan ekspektasi tingkat pengembalian pada investasi tertentu. 

Apabila pergerakan harga dari tingkat IHSG menunjukan penguatan, maka investor memiliki kepercayaan tinggi pada pasar saham sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi. 

Adapun, pergerakan dari indeks saham bersifat rentan terhadap kondisi perekonomian maupun politik suatu negara. Indeks saham kerap menjadi cerminan dari kondisi makro ekonomi suatu negara.

Cara mengukur performa harga saham adalah dengan menghitung rata-rata pergerakan dari saham yang ada dalam suatu indeks. Perlu diingatkan kembali bahwa indeks harga saham merupakan hal yang sangat esensial untuk diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi melalui instrumen saham.

Hal ini dikarenakan indeks saham berguna untuk investor dalam memprediksi bagaimana pergerakan saham-saham dalam indeks tersebut di masa mendatang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan investasi, Sobat Trader harus memperhatikan terlebih dahulu indeks saham secara luas.

Fungsi Indeks Saham

indeks saham adalah

Fungsi indeks saham adalah sebagai indikator yang mendeskripsikan keadaan pasar pada periode tententu. Dengan adanya indeks saham, Sobat Trader dapat mengenali tren analisa pergerakan harga saham.

Misalnya, jika suatu indeks harga saham bergerak naik, maka sebagian besar saham yang terikat di dalamnya juga akan ikut naik. Begitupula dengan sebaliknya.

Berikut fungsi indeks saham adalah:

  • Digunakan untuk mengukur kinerja sentimen pasar.
  • Dijadikan sebagai investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunannya.
  • Sebagai Gambaran bagi portofolio aktif.
  • Alat untuk menguji dan membuat model pengembalian investasi (ROI), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko.
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi.

Daftar Indeks Saham Indonesia

Berikut merupakan daftar indeks saham Indonesia yang bisa membantu Sobat Trader untuk memilih indeks dalam berinvestasi:

1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah indeks yang mengukur performa harga saham tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Di pasar global, IHSG juga dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

IHSG dapat dihitung menggunakan rata-rata berimbang berdasarkan jumlah saham di bursa atau Market Value Weighted Average Index. Data ini diperbarui setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 09.00-16.00 WIB, sehingga menghasilkan data secara real.

Kegunaan dari indeks saham IHSG yang perlu Sobat Trader ketahui, yaitu:

1.Digunakan untuk mengukur kinerja portofolio saham yang dimiliki oleh perorangan atau perusahaan.

2. Sebagai parameter pergerakan pasar modal.  Jika tren IHSG sedang mengalami penguatan, maka dipastikan indeks saham dalam pasar modal juga kian meningkat. Sebaliknya, jika indeks harga sedang melemah, maka harga saham juga ikut menurun. Namun, perlu diingatkan bahwa nilai ini merupakan nilai rata-rata, sehingga adanya kemungkinan terdapat saham yang harganya outlier atau berbeda jauh dari IHSG.

3. Memantau perkembangan keadaan ekonomi negara seperti aliran modal, pertumbuhan ekonomi, dan penerimaan pajak pemerintah.

Sobat Trader, IHSG memiliki peran yang besar karena semakin tinggi investasi yang ada dalam negara, maka aliran modal juga akan semakin besar. Dengan jumlah modal besar tersebut, roda perekonomian akan bergerak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi maupun pendapatan pemerintah melalui pajak yang dibayar oleh perusahaan.

2. IDX80

indeks saham adalah

IDX80 adalah indeks yang mengukur kinerja pergerakan 80 saham dengan memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung elementer perusahaan yang baik. Indeks saham ini diperbarui setiap enam bulan sekali oleh Bursa Efek Indonesia.

3. LQ45

Indeks harga saham ini berisikan 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, serta memiliki elementer yang baik. Saham dalam indeks ini akan diperbarui setiap 6 bulan sekali sehingga tercatat saham yang masuk maupun keluar dari indeks ini.

4. IDX30

Indeks yang mengukur performa harga 30 saham yang diambil dari LQ45 saham terbaik dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar dan didukung oleh fundamental perusahaan.

5. IDX Quality30

Jenis indeks yang mengukur performa harga dari 30 saham secara monumental terhadap perusahaan memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas normal, dan pertumbuhan laba stabil serta likuiditas transaksi dengan kinerja finansial teratur.

6. IDX BUMN20

Jenis indeks saham ini menghasilkan 20 saham perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta hubungan dari perusahaan tersebut. Apabila Sobat Trader tertarik berinvestasi ke dalam perusahaan jenis BUMN, indeks ini dapat dijadikan sebagai referensi.

7. Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang mengukur performa harga dari 30 saham syariah dengan memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi tinggi.

Apabila Sobat Trader tertarik untuk berinvestasi saham syariah, maka Jakarta Islamic Index (JII), Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70) ini bisa menjadi acuan keputusan investasi sesuai dengan Daftar Efek Syariah (DES) yang ditetapkan oleh otoritas jasa keuangan (OJK)

8. KOMPAS100

Indeks KOMPAS100 berfokus untuk mengukur kinerja 100 saham yang memiliki likuiditas dan kapitalisasi pasar yang besar dan efektif. Indeks KOMPAS100 dikeluarkan dan dikelola bersama dengan perusahaan media penerbit surat kabar harian yaitu Kompas Gramedia Group.

9. IDX High Dividend 20

indeks saham adalah

Indeks IDX High Dividend 20 digunakan untuk mengukur performa harga saham serta dijadikan produk investasi pasif guna membagikan dividen tunai dan dividend yield tinggi dalam tiga tahun terakhir.

10. Indeks PEFINDO I-Grade

Indeks yang mengukur performa harga dari 30 emiten memiliki peringkat investment grade dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan berkapitalisasi pasar paling besar, likuiditas tinggi dan didukung oleh fundamental perusahaan.

11. IDX SMC Composite

Indeks saham yang mengukur performa harga saham dengan kapitalisasi pasar menengah dan likuiditas kecil dapat dimanfaatkan oleh investor untuk meraih peluang keuntungan dari harga yang mengalami fluktuasi terjadi dalam waktu yang cepat.

IDX SMC Composite digunakan sebagai benchmark untuk mengetahui mengenai kriteria indeks saham sudah tersegmen atau tidaknya dan dijadikan sebagai alat membantu melakukan penyaringan saham-saham yang tercatat.

HSB Investasi Solusinya!

Sebagai investor, Sobat Trader diharapkan dapat memiliki pandangan yang jelas mengenai pergerakan harga di bursa saham secara keseluruhan maupun pembagian dan diharapkan kamu dapat memanfaatkan informasi ini sebaik mungkin guna meraih profit dari investasi saham.

HSB Investasi merupakan platform yang bisa membantu kamu dalam berinvestasi dengan adanya kelas edukasi dan talkshow dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna menambah pengetahuan.

Pilihlah HSB sebagai sarana investasi mudah dengan mengunduh aplikasi HSB dan registrasikan akun. HSB senantiasa akan mendampingimu dalam berinvestasi di pasar modal! Donwload sekarang juga!***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288