Home Tips Investasi Keuangan Umum Hidden Bearish Divergence: Arti, Tips Identifikasi, dan Strategi Menggunakannya

Hidden Bearish Divergence: Arti, Tips Identifikasi, dan Strategi Menggunakannya

by HSB
0 comment

Hidden bearish divergence adalah salah satu analisis teknikal dalam grafik saham yang perlu diketahui oleh trader. Divergence sendiri merupakan salah satu metode yang dapat memberikan sinyal untuk melakukan trading favorit di kalangan para trader yang dinilai cukup akurat.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan hidden bearish divergence? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Hidden Bearish Divergence?

Divergence, atau divergensi, di dalam trading merupakan kejadian saat harga suatu aset atau saham bergerak berlawanan arah dengan indikator teknis, seperti osilator, atau bergerak berlawanan dengan data lain. Divergence merupakan sebuah pengingat bahwa tren harga saat ini mungkin sedang melemah, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan perubahan arah harga.

Ada divergence yang positif dan juga yang negatif. Divergence yang positif menunjukkan bahwa pergerakan harga aset yang lebih tinggi itu memungkinkan. Di lain sisi, divergence yang negatif menandakan ada kemungkinan pergerakan aset yang lebih rendah terjadi.

Baca juga: 6 Cara Trading yang Simple Tapi Untung Bagi Pemula

Pada umumnya, divergence digunakan untuk melihat indikasi awal perubahan arah tren pergerakan harga. Meski terlihat sederhana, masih banyak trader yang bingung membaca divergence dalam trading.

Divergence sendiri biasanya terbagi menjadi dua, yaitu regular divergence dan hidden divergence. Ada dua pola berbeda yang digunakan untuk mengidentifikasi kedua jenis divergence tersebut.

Lantas, apa itu hidden bearish divergence? Hidden bearish divergence adalah jenis dari divergence yang terjadi ketika harga pada grafik berada pada posisi lower high, sedangkan indikator berada pada posisi higher high. Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa tren bearish yang sedang berlangsung memiliki potensi untuk berlanjut.

Hidden Bearish Divergence

2 Tips Mengidentifikasi Hidden Bearish Divergence

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada dua jenis pola yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi divergence, yaitu regular divergence dan hidden divergence. Sebelum memulai langkah-langkah trading menggunakan divergence, Anda harus memahami analisis teknikal agar lebih mudah memahami langkah-langkah dalam berlatih divergence.

Berikut ini ada dua tips mengidentifikasi hidden bearish divergence yang perlu kamu ketahui:

  • Regular Divergence

Regular divergence, atau divergensi reguler, bisa menjadi tanda yang menunjukkan bahwa pembalikan tren harga akan terjadi. Regular divergence sendiri dibagi lagi menjadi dua, yaitu regular bullish divergence dan regular bearish divergence.

Regular bullish divergence merupakan jenis divergence yang terjadi ketika harga pada chart berada pada posisi lower low, sedangkan indikator berada pada posisi higher low. Tanda-tanda tersebut menunjukkan indikasi terjadinya pembalikan arah atau reversal trend, yaitu pembalikan arah dari tren turun menjadi tren naik (bullish).

Regular bearish divergence merupakan jenis divergence yang terjadi ketika harga pada chart berada pada posisi higher high, sedangkan indikator berada pada posisi lower high. Tanda-tanda tersebut menunjukkan indikasi terjadinya pembalikan atau reversal trend yaitu dari uptrend ke downtrend (bearish).

Baca juga: Chart Pattern Lengkap Akurat: Pengertian, Jenis, Dan Cara Bacanya

  • Hidden Divergence

Hidden divergence, atau divergensi tersembunyi merupakan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sebuah tren akan berlanjut. Sama halnya seperti regular divergence, hidden divergence ini terbagi menjadi dua, yaitu hidden bullish divergence dan hidden bearish divergence.

Hidden bullish divergence terjadi ketika harga pada chart berada pada posisi higher low, sedangkan indikator berada pada posisi lower low. Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa tren bullish yang sedang berlangsung memiliki potensi untuk berlanjut.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hidden bearish divergence akan terjadi ketika harga pada grafik berada pada posisi lower high, sedangkan indikator berada pada posisi higher high. Artinya, hal ini menunjukkan bahwa tren bearish yang sedang berlangsung memiliki potensi untuk berlanjut.

4 Cara Trading Menggunakan Sinyal Hidden Bearish Divergence

Sebenarnya, divergence ini hanya cocok digunakan untuk mengonfirmasi sebuah sinyal saja, bukan untuk mencari posisi entry. Untuk melakukan trading, kamu tidak hanya perlu berfokus pada sinyal yang ada, tetapi juga pada banyak hal lainnya.

Berikut ini tips cara trading yang harus diperhatikan, terutama bagi seorang trader pemula:

1. Pelajari Semua Istilah dan Pola yang Ada

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebagai trader adalah terus belajar dalam banyak hal, baik itu mempelajari semua istilah-istilah yang ada maupun pola-pola pada grafik. Selain itu, kamu juga perlu rutin melihat kondisi pasar aset investasi. Kemudian, lakukan analisis terhadap perubahan tren yang terjadi.

2. Selalu Memiliki Perhitungan yang Tepat

Pastikan kamu mengambil langkah yang tepat pada waktu yang tepat juga. Salah satu kegagalan terbesar seorang trader bisa terjadi ketika terburu-buru dalam bertindak. Memang akan ada waktu saat kamu perlu mengambil langkah besar meski harus mengambil risiko, tetapi hal tersebut juga hanya boleh dilakukan ketika sudah melakukan perhitungan yang matang.

Baca juga: 7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

3. Tahu Kapan Harus Stop-Loss

Ada kalanya nilai aset atau saham terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Saat itu terjadi, kamu perlu mengetahui dengan pasti kapan nilai batas bawah suatu aset untuk segera melakukan stop loss. Jika kamu merasa akan ‘kalah’, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa menghindari kerugian yang terlalu besar.

4. Menetapkan Profit yang Wajar

Hal penting lainnya untuk ditanamkan dalam diri seorang trader adalah menetapkan target profit secara wajar. Keserakahan hanya akan membawa seorang trader ke dalam kerugian. Jika kamu mendapatkan keuntungan lebih dari cukup, segera jual aset yang dimiliki dan pindah fokus kepada aset baru.

 

Jika kamu tertarik untuk mulai menjadi seorang trader, jangan pernah berhenti untuk belajar. Selain itu, kamu juga harus bisa memilih broker yang tepat, misalnya memilih broker dengan komisi rendah seperti HSB.

Tingkatkan kemampuan trading dan keuntunganmu dengan menggali informasi pasar terupdate dan real-time di aplikasi HSB. Gak cuma bisa trading dengan mudah, kamu juga bisa membuat janji trading coaching 1 on 1 dengan tim profesional HSB yang selalu siap menemani petualangan tradingmu 24 jam. Download aplikasinya sekarang dan daftarkan akun tradingmu, gratis!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288