Home Pengetahuan Keuangan 4 Fungsi Pengelolaan Keuangan Bagi Individu

4 Fungsi Pengelolaan Keuangan Bagi Individu

by HSB
0 comment

Semakin dewasa seseorang, kebutuhan finansial akan semakin meningkat pula. Namun, bagaimana apabila menjalani hidup mandiri dengan kondisi keuangan yang stabil dan arus pemasukan dan pengeluaran seimbang? Kamu pasti merasa lebih tenang dalam menjalani hidup bukan? Itulah fungsi pengelolaan keuangan. 

Segala pengeluaran saat ini mulai menjadi tanggung jawab pribadi yang mengharuskan kamu membayar seluruh tagihan. Belum lagi saat kamu harus merantau dan hidup sendiri jauh dari rumah, pengeluaran untuk kebutuhan pokok pasti akan semakin meningkat. 

Jika kamu tetap menerapkan pengelolaan keuangan menggunakan cara yang sama dengan sebelumnya, hal ini akan membawa kamu pada arus pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang. Sebab, sebelumnya kamu pasti lebih banyak mengalokasikan dana pemasukan pada keinginan dan gaya hidup. 

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik? Dalam artikel kali ini, HSB akan memberikan informasi seputar pengertian, cara, dan fungsi pengelolaan untuk kamu. 

Apa itu Pengelolaan Keuangan?

Apa itu Pengelolaan Keuangan

Besaran nilai yang diterima sebenarnya tidak memengaruhi kestabilan finansial setiap orang. Pada dasarnya, kondisi keuangan dapat dikatakan baik ketika terdapat pengelolaan keuangan yang baik pula. 

Pengelolaan keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, pemantauan, dan perlindungan terhadap risiko keuangan yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tertentu. Salah satu tujuan dari pengelolaan keuangan adalah meminimalisir stres akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi dan kondisi keuangan yang berantakan. 

Pengelolaan keuangan adalah salah satu hal penting karena dapat digunakan sebagai bentuk evaluasi terhadap arus kas keuangan pribadi dengan menyesuaikan rencana anggaran dan kebutuhan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tanpa pengelolaan keuangan, kamu mungkin akan mengalami banyak defisit dan banyak pengeluaran tidak penting. 

Mengabaikan pengelolaan keuangan juga akan berdampak pada tidak tersedianya dana darurat maupun dana pensiun yang dibutuhkan mengingat manusia tidak dapat memprediksi hal yang akan terjadi pada masa mendatang.  

Baca juga: Wajib Tahu! Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi Anda

4 Fungsi Pengelolaan Keuangan

Setelah mengetahui pengertian pengelolaan keuangan, kamu juga perlu tahu fungsi pengelolaan keuangan yang membuatnya menjadi hal yang harus dilakukan dalam kehidupan seseorang. Setidaknya terdapat 5 fungsi pengelolaan keuangan yang harus kamu ketahui. Berikut merupakan informasi lengkapnya:

1. Perencanaan

Fungsi pengelolaan yang pertama adalah perencanaan. Fungsi perencanaan berarti pengelolaan keuangan akan membantu kamu dalam memberikan gambaran terkait kebutuhan, keinginan, dan disesuaikan dengan jumlah pemasukan yang diterima. 

Dalam merencanakan keuangan, kamu harus membuat seluruhnya secara terperinci dan teliti. Belakangan ini, para anak muda mulai menyadari pentingnya perencanaan keuangan. Sehingga, mulai bermunculan cara mengalokasikan dana pemasukan yang berbagai macam.

2. Budgeting 

Melalui rencana anggaran yang telah dibuat sebelumnya, kamu dapat mulai menghitung besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Pastikan untuk menghitung keseluruhan biaya yang dibutuhkan dengan teliti. Sebab, seluruh hal yang berkaitan dengan uang akan berpengaruh besar meskipun kesalahan yang dilakukan sangat kecil. 

3. Pengawasan

Perhatikan bagaimana pengeluaran selama satu bulan. Melakukan pengawasan pada pengeluaran dan kegunaannya serta kesesuaian terhadap rencana anggaran yang telah dibuat sebelumnya akan membantu kamu menemukan pengeluaran di luar dana yang telah direncanakan menggunakan strategi tertentu. 

Baca juga: Penjelasan Lengkap Manajemen Risiko Investasi dan Manfaatnya

4. Evaluasi

Fungsi evaluasi merupakan salah bagian penting dalam sebuah pengelolaan keuangan. Jika dalam perusahaan menggunakan laporan kinerja untuk mengevaluasi, perorangan juga dapat melakukan evaluasi dengan membuat laporan yang lebih simpel mengenai untuk apa dana digunakan dan besaran nominal yang dikeluarkan.

Jika ditemukan banyak pengeluaran tidak bermanfaat, kamu dapat menghentikan kegiatan tersebut dan mengalihkan dana ke hal yang jauh lebih berguna seperti dana pensiun atau investasi. 

3 Cara Mengelola Uang yang Penting Diketahui

Cara Mengelola Uang yang Penting Diketahui

Mengelola uang bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu harus memastikan bahwa uang tersebut dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan, terutama kebutuhan pokok. Bagi kamu yang masih belajar dalam mengelola keuangan, cara mengelola uang di bawah ini mungkin dapat membantu untuk menciptakan kestabilan finansial kamu:

1. Catat Seluruh Pengeluaran

Hal pertama yang paling penting dalam mengelola keuangan adalah mencatat seluruh pengeluaran. Catatan pengeluaran akan membantu kamu menemukan sumber pengeluaran terbesar. Jika pengeluaran tersebut tidak penting, sebaiknya kurangi dan alihkan pada tabungan atau investasi yang lebih bermanfaat.

2. Membagi Pendapatan dengan Tepat

Sudahkah kamu mengetahui bahwa cara mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik adalah dengan membagi alokasi dana pendapatan dengan tepat. Salah satu pembagian persentase alokasi dana pemasukan individu adalah 50:30:20. 

Maksudnya 50% akan dialokasikan pada seluruh kebutuhan pokok, kemudian 30% merupakan dana keinginan, dan 20% merupakan uang tabungan atau investasi. Pembagian yang tepat akan membuat pembagian keuangan menjadi lebih jelas dan rapi. 

3. Berinvestasi

Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah berinvestasi. Cara ini merupakan salah satu langkah paling efektif untuk mengelola keuangan. Kamu bisa menempatkan aset pada salah satu instrumen investasi jangka panjang atau menengah dan mengembangkan nilainya menjadi lebih besar melalui keuntungan yang diterima dari investasi. 

Itu tadi penjelasan mengenai fungsi pengelolaan keuangan bagi individu. Tidak hanya perusahaan, kamu juga perlu mengelola keuangan agar terhindar dari boncos dan nilai pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan yang diterima. 

Baca juga: Aman dan Menguntungkan! 5 Jenis Investasi Untuk Pemula

Jika memilih melakukan investasi, pastikan kamu telah mempelajari instrumen yang dipilih dengan saksama termasuk risiko yang mungkin terjadi. Meski investasi jangka panjang akan membutuhkan waktu untuk memberikan hasil yang maksimal, melakukan investasi secara rutin setiap bulannya akan memberikan keuntungan yang cukup untuk masa tua nantinya. 

Membutuhkan pengetahuan lebih mengenai trading? Jangan khawatir! HSB menghadirkan trading seminar untuk kamu yang berkeinginan untuk menjadi trader profesional. Tidak perlu cemas, sebab HSB adalah aplikasi yang teregulasi BAPPEBTI dan tergabung dalam ICDX sehingga aman dan tepercaya. Kunjungi HSB sekarang juga untuk bergabung menjadi trader ahli dengan berbagai pilihan jenis trading yang mudah untuk digunakan.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288