Home Pengetahuan Keuangan Mari Mengenal Fungsi IHSG dalam Investasi dan Trading

Mari Mengenal Fungsi IHSG dalam Investasi dan Trading

by HSB
0 comment

Sebelum memulai segala bentuk trading atau investasi, sudahkah kamu memahami apa itu IHSG dan fungsinya? Mengenal pengertian, cara kerja, dan fungsi IHSG adalah hal yang penting dalam dunia investasi sebab berguna untuk mengidentifikasi pergerakan harga saham pada pasar modal. 

Informasi yang disiarkan di berbagai media baik digital maupun konvensional mengenai IHSG tentu bukan tanpa alasan. Dalam artikel kali ini, kamu akan mengenal IHSG secara lebih mendalam dan apa dampaknya dalam investasi saham. Oleh karena itu, simak artikel berikut hingga akhir untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

Apa Itu IHSG?

Indeks Harga Saham Gabungan atau kerap disebut dengan IHSG adalah grafik yang digunakan untuk menunjukkan pergerakan harga saham dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada dasarnya, IHSG menjadi gambaran singkat yang memudahkan para investor mengetahui kondisi pasar modal pada bursa efek tanpa perlu menganalisa saham satu per satu. 

Dalam situs resminya, BEI mengatakan bahwa IHSG merupakan informasi pergerakan yang diperbarui secara real time dan menjadi indeks yang mengukur kinerja saham tercatat. Umumnya, setiap saham memiliki pergerakan grafik yang berbeda setiap harinya dan jumlahnya pun sangat banyak. 

Sehingga akan lebih sulit jika kamu harus mengidentifikasinya satu-satu. Dalam kondisi ini, IHSG memudahkan investor menentukan apa yang terjadi dalam pasar saham. Kamu bisa menentukan saham sedang bergerak naik atau turun melalui IHSG. Saat IHSG naik, maka saham juga sedang bergerak naik. Ketika IHSG turun, maka saham juga turun. 

Baca juga: Apa Itu IHSG Candlestick?

Cara Kerja IHSG

Cara Kerja IHSG

Pergerakan IHSG ditentukan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi ekonomi negara beserta seluruh berita yang berkaitan dengan ekonomi. Sebagai contoh, suatu hari terdapat berita yang menginformasikan perekonomian negara sedang menurun. Apabila di hari yang sama kamu melihat IHSG, dapat dipastikan bahwa nilainya sedang bergerak turun. 

Mungkin kamu akan bertanya mengapa hal tersebut dapat berdampak besar pada pergerakan saham. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena investor tidak berminat untuk menanamkan modalnya di kondisi ekonomi negara yang tidak stabil. Begitulah cara kerja IHSG. 

Nanti ketika perekonomian membaik dan banyak berita yang mendukung, IHSG akan kembali bergerak naik sebab investor mulai menanamkan modalnya kembali pada beragam saham perusahaan yang terdaftar pada BEI. Pada dasarnya, IHSG adalah ringkasan dari pergerakan saham secara keseluruhan. 

Meski demikian, ada kemungkinan bahwa terdapat saham di dalamnya yang harganya justru berkebalikan dengan IHSG. Seperti saat IHSG menurun, mungkin saja ada saham yang harganya justru menguat, begitu juga sebaliknya. 

Baca juga: Bagaimana IHSG Dapat Berfluktuasi? Apa Saja Hal yang Mempengaruhinya?

3 Fungsi IHSG untuk Investasi Saham

Sampai di sini, apakah kamu sudah cukup memahami apa itu IHSG? Selain dua poin di atas, kamu juga harus mengetahui fungsi IHSG. Berdasarkan cara kerjanya, berbagai fungsi IHSG adalah:

1. Menandakan Pergerakan Pasar

Seperti yang telah diketahui bersama, IHSG merupakan indeks harga saham yang merangkum seluruh pergerakan yang tercatat pada BEI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa IHSG menjadi penanda bagaimana pergerakan pasar dalam waktu tertentu. 

2. Mengukur Tingkat Keuntungan

Selanjutnya, fungsi IHSG adalah sebagai indikator untuk mengukur rata-rata tingkat keuntungan yang mungkin diterima dari hasil penjualan saham. Caranya, kamu dapat memperhatikan tingkat pertumbuhan indeks dari beberapa tahun sebelumnya hingga beberapa tahun ke depan. 

Misalnya, IHSG 2008 berada di level 1.400 dan lima tahun kemudian meningkat ke level 4.400. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap tahunnya, indeks harga saham menunjukkan peningkatan sebesar 42,8 persen. 

3. Dasar untuk Membeli Saham

Melalui data pergerakan saham yang ada pada IHSG, kamu dapat menentukan pembelian saham yang tepat. IHSG menjadi dasar dalam setiap investasi saham sebab grafik yang ditunjukkan dapat merepresentasikan kondisi di dalam pasar modal. Dengan begitu, kamu akan memperkecil tingkat risiko kerugian akibat pembelian saham yang salah. 

Baca juga: 8 Tips Trading Saham Harian

2 Dampak IHSG Terhadap Investasi Saham

Dampak IHSG Terhadap Investasi Saham

Faktanya, IHSG memiliki dampak yang besar terhadap investasi saham. Setidaknya ada 2 kondisi IHSG yang berdampak pada investasi saham. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Dampak Peningkatan IHSG 

Peningkatan IHSG yang ditampilkan dalam bentuk grafik yang terus naik ke atas tentu membawa dampak baik dalam dunia investasi saham. Saat perekonomian sedang dalam kondisi stabil, investor juga akan memiliki kepercayaan penuh untuk menanamkan modalnya pada berbagai perusahaan terbuka. 

Kondisi ini akan menguntungkan banyak pihak. Negara menerima keuntungan berupa peningkatan perekonomian, sedangkan perusahaan diuntungkan dengan banyaknya modal yang masuk dan bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan perusahaan. Investor pun mendapatkan keuntungan sebab harga saham bergerak naik dan modal yang ditanamkan berkembang menjadi profit. 

2. Dampak Penurunan IHSG

Saat IHSG menunjukkan penurunan, dampaknya juga dapat dirasakan oleh seluruh pihak. Dilihat dari perekonomian negara, penurunan IHSG dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai kondisi ekonomi negara tersebut. Akan muncul banyak permasalahan ekonomi secara keseluruhan ketika IHSG pada pasar modal juga menurun, salah satunya adalah inflasi.

Sebenarnya, perusahaan tidak secara langsung terdampak penurunan IHSG. Dalam jangka pendek, penurunan IHSG tidak akan menurunkan laba perusahaan, tetapi dalam jangka panjang penurunan IHSG dapat memengaruhi dana operasional dan pengembangan perusahaan. Kemungkinan terburuknya adalah perusahaan mencapai titik bangkrut. 

Bagi investor, penurunan IHSG tentu akan sangat merugikan dan berdampak, karena hal tersebut berkaitan dengan harga saham pada pasar modal. Kamu tidak akan menerima keuntungan apa pun dari kegiatan investasi saham yang telah dilakukan, justru modal yang ditanamkan berkurang nilainya. 

Baca juga: Seperti Apa Peluang Saham Energi Terbarukan?

Jadi, dapat dikatakan bahwa IHSG sangat berpengaruh pada banyak aspek. Kesimpulannya, fungsi IHSG adalah gambaran dari pergerakan harga saham secara keseluruhan. Untuk itu, sebaiknya kamu selalu mengecek kondisi IHSG sebelum melakukan investasi saham agar  hasil dari investasi adalah keuntungan, bukan kerugian. 

Investasi saham memang menjadi salah satu cara yang baik mengembangkan nilai modal menjadi lebih besar. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya adalah pemilihan broker investasi yang tepat seperti HSB. Belakangan ini, marak kasus penipuan investasi yang membuat modal investor lenyap.

Pastikan kamu melakukan investasi di platform tepercaya dan teregulasi BAPPEBTI seperti HSB. Tidak perlu khawatir, sistem trading di dalam aplikasi HSB telah dijamin tidak ada kecurangan di dalamnya. Jadi kamu bisa trading saham dengan tenang dan menerima keuntungan yang besar.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi HSB, download aplikasinya, dan mulai akun trading kamu untuk meraih keuntungan dengan platform trading terbaik sekarang juga.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288