Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Indeks Harga Saham Gabungan

Apa itu IHSG? Pengertian sederhana dari IHSG adalah daftar berisi informasi semua saham yang dijual di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk dapat melakukan investasi atau trading saham, maka kamu membutuhkan data mengenai hal tersebut.

Berbekal informasi dari IHSG, maka kamu bisa melihat fluktuasi harga yang naik dan turun dari suatu saham. Bagi kamu yang sedang belajar mengenai investasi atau trading, mengetahui berbagai macam informasi mengenai IHSG menjadi sebuah kewajiban.

Mari simak informasi-informasi berguna berikut ini untuk memahami salah satu elemen penting dalam dunia investasi.

Apa itu IHSG?

IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG sendiri merupakan sebuah indeks yang mengukur pergerakan harga saham di pasar modal.

IHSG digunakan oleh BEI untuk mengamati pergerakan pasar saham di Indonesia. Secara internasional hal tersebut dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

Mengapa IHSG Diperlukan?

Dalam berbagai macam kegiatan jual beli diperlukan data atau informasi mengenai harga dari barang yang diperjualbelikan, termasuk saham. Mengetahui harga terkini atau harga terdahulu dari suatu saham membantu investor meneliti performanya.

Informasi di atas juga bermanfaat dalam membuat sebuah prediksi apakah performa harga saham dapat meningkat atau menurun. Berbagai macam data mengenai saham tersebut dikumpulkan menjadi index saham.

Data tersebut didapatkan dari berbagai macam perusahaan dan industri. Di Indonesia index saham disebut sebagai IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Secara internasional hal tersebut dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

Selain mempermudah para investor dalam mencari tahu kinerja dari instrumen investasi, IHSG juga menjadi sebuah cara menilai bagaimana iklim dari pasar modal Indonesia. Berbagai investor yang berasal dari luar negeri akan menggunakan informasi tersebut sebelum memilih untuk mulai berinvestasi di Indonesia.

Ketahui 4 Fungsi IHSG

Fungsi IHSG

IHSG memiliki beberapa fungsi penting untuk mendukung kegiatan investasi, beberapa di antaranya:

1. Memberikan Informasi Mengenai Pergerakan Pasar

IHSG memiliki fungsi untuk menunjukkan bagaimana pergerakan saham-saham sedang melantai di pasar modal. Mengetahui informasi tentang pergerakan saham membantu berbagai pihak yang terlibat bisa menganalisa bagaimana kondisi jual beli instrumen investasi yang terjadi di negara secara real-time.

Kemudian para pengamat, pemerintah, dan berbagai pihak eksternal lainnya mampu mendapat gambaran tentang tingkat ketertarikan investor pada pasar modal negaranya.

Dengan data dari IHSG, pemerintah bisa melakukan beberapa upaya seperti mempermudah regulasi, menaikkan suku bunga, dan sebagainya untuk menumbuhkan minat investasi masyarakat.

2. Tolak Ukur Kinerja dari Portofolio Saham

IHSG juga mampu menjadi dasar tolak ukur analisis sebuah saham bagi calon investor sebelum mereka masuk ke pasar modal. Grafik IHSG berfungsi untuk membuat keputusan pembelian atau penjualan saham.

Investor dapat membandingkan harga saham per lot dengan harga IHSG, lewat perbandingan ini kamu sebagai investor bisa menentukan apakah saham tersebut berharga untuk dipegang atau harus dilepas.

3. Memberikan Estimasi Profit

Estimasi profit dari instrumen investasi bisa kamu dapatkan dengan melihat grafik IHSG. Contohnya apabila harga saham IHSG rata-rata naik sebesar 5% selama 3 bulan, maka dalam 3 bulan selanjutnya harga saham yang kamu beli dapat naik sebesar 5%.

Kamu bisa menambahkan data dari IHSG sebagai salah satu bentuk analisis sebelum membeli saham di bursa efek. Semakin dalam analisis dan data yang dimiliki, semakin besar juga peluang untuk meraup keuntungan.

4. Sebagai Produk Investasi Pasif

IHSG dapat kamu gunakan sebagai produk investasi pasif atau underlying assets. Investor bisa membeli beberapa lot saham berbeda dan menjualnya secara kolektif kepada investor lain.

Untuk menjual saham kolektif, harga yang digunakan merupakan harga saham IHSG. Peningkatan atau penurunan harga IHSG memengaruhi performa dari harga saham kolektif milik kamu.

3 Faktor Penyebab IHSG Naik Turun

Faktor Penyebab IHSG Naik Turun

Harga IHSG pasti akan mengalami fluktuasi mengikuti berbagai macam faktor. Perubahan ini mampu mencerminkan kondisi harga di bursa efek. Faktor-faktor yang bisa memberikan dampak terhadap fluktuasi harga IHSG berupa:

1. Kondisi Fundamental Perusahaan

Performa dan berbagai macam kondisi dari fundamental perusahaan memberikan dampak langsung bagaimana perubahan harga saham mereka. Salah satu contohnya kondisi keuangan perusahaan.

Jika aliran pendapatan atau cash flow berjalan dengan baik, maka harga saham perusahaan tersebut juga ikut naik. Begitu pula sebaliknya, performa menurun ditunjukkan dengan harga saham yang rendah.

2. Kondisi Politik

Baik politik dalam atau luar negeri mampu menciptakan dampak pada fluktuasi harga saham di IHSG. Perubahan kebijakan dalam negeri bisa membantu atau menghalangi perusahaan berkembang.

Kebijakan luar negeri seperti ekspor-impor akan menciptakan perubahan pada pertukaran nilai mata uang yang pada akhirnya juga memberikan dampak baik positif atau negatif terhadap perusahaan.

3. Faktor Manipulasi

Para investor besar dengan modal yang banyak memiliki kemampuan untuk memanfaatkan media untuk menciptakan perubahan harga pada IHSG. Hal ini biasanya dilakukan demi kepentingan pribadi saja dan tidak bertahan lama.

Saham Penggerak IHSG

Terdapat beberapa saham dengan kontribusi besar untuk menopang IHSG. Saham-saham tersebut memiliki kapitalisasi besar. Beberapa contoh saham dalam IHSG yaitu:

Kode Emiten
BBCA Bank Central Asia, Tbk.
BBRI Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
TLKM Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
BMRI Bank Mandiri, Tbk.
UNVR Unilever Indonesia, Tbk.

Itulah beragam informasi mengenai IHSG, mulai dari pengertian, fungsi, dan dampaknya untuk perubahan harga saham di bursa efek. Semoga informasi ini bisa membantu kamu memahami dunia investasi serta trading lebih baik lagi.

Kamu bisa download aplikasi HSB, tempat belajar trading pemula dengan berbagai macam kelas menarik penuh dengan ilmu dan mentor ahli di dunia investasi.

Tunggu apalagi? Mari tingkatkan pengetahuan dan ilmu kamu mengenai dunia trading di sini! Daftar sekarang***

Pertanyaan Umum Apa  Itu IHSG

Apa Itu IHSG?

IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan, yang merupakan indeks yang mengukur performa pasar saham Indonesia. IHSG terdiri dari saham-saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan merupakan indikator penting dalam menentukan arah pasar saham Indonesia.

Bagaimana IHSG Dihitung?

IHSG dihitung berdasarkan harga saham dari 30 perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti likuiditas dan kapitalisasi pasar. Harga saham dari 30 perusahaan ini kemudian dihitung secara rata-rata tertimbang, yang menghasilkan nilai IHSG. Perubahan harga saham dari perusahaan-perusahaan ini juga mempengaruhi nilai IHSG.

Apa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai IHSG?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai IHSG, di antaranya adalah kondisi ekonomi global, suku bunga, inflasi, kebijakan moneter bank sentral, kinerja perusahaan, dan sentimen pasar. Faktor-faktor ini dapat berdampak positif atau negatif terhadap nilai IHSG.

 

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik