Home Tips Investasi Keuangan Umum Investasi Emas Digital, Tabungan Aman untuk Masa Depan

Investasi Emas Digital, Tabungan Aman untuk Masa Depan

by HSB
0 comment

Apa yang kamu pikirkan tentang investasi emas? Pastinya, kamu akan berpikir membeli emas batangan sebagai investasi. Di era digital dan teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa dengan mudah melakukan semua jenis transaksi termasuk berinvestasi emas.

Investasi emas digital sudah digandrungi oleh banyak orang sehingga kamu tidak perlu repot datang ke toko emas untuk melakukan investasi emas dalam bentuk fisik seperti perhiasan. Era teknologi terkini, memungkinkan semua orang bisa membeli emas secara online dan mudah. Hanya dengan klik dari smartphone, kamu bisa melakukan investasi emas. Sebuah kemudahan dalam satu genggaman.

Lantas, apa itu emas digital serta manfaat yang diberikan dalam berinvestasi emas? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Review Komoditi Berharga Emas Atau XAU

Apa itu Emas Digital?

Emas digital adalah emas yang diperdagangkan secara online atau digital melalui platform daring seperti HSB Investasi. Dengan cara ini, kamu dapat berinvestasi emas dengan mudah lantaran kamu tidak perlu lagi menyimpan emas fisik di lemari atau brankasmu.

Berinvestasi dalam logam mulia merupakan salah satu investasi jangka panjang yang paling dapat diandalkan karena nilainya yang cenderung terus meningkat setiap tahun. Selain itu, orang-orang dari berbagai kalangan telah mulai menabung emas digital melalui aplikasi.

Aset logam mulia sekarang tersedia untuk semua orang karena minimum pembeliannya yang terjangkau. Mulai dari Rp 10.000 kamu sudah bisa menabung logam mulia emas digital.

Baca Juga : Tidak Sulit! Ini Dia 5 Cara Investasi Emas Agar Untung

3 Perbedaan Emas Digital dan Emas Batangan

Emas digital merupakan produk investasi yang disukai banyak orang. Banyak pula peminat emas batangan yang beralih memilih berinvestasi emas digital karena memiliki banyak kelebihan, seperti:

1. Waktu Pembelian

Sebelumnya, pembelian logam mulia fisik hanya dapat dilakukan di toko. Kini kamu dapat berbelanja dengan mudah, cepat, dan aman hanya dengan satu aplikasi.

Setelah mengunduh aplikasi dan mendaftar, kamu dapat berinvestasi dalam waktu singkat. Proses verifikasinya juga cepat. Selain itu, pembelian dapat dilakukan secara online. Jadi kamu dapat berinvestasi dengan waktu yang fleksibel.

2. Nilai Jual-Beli Emas

Jika, kamu menginginkan aset fisik emas 24 karat sebaiknya beli dengan ukuran mulai dari 0,1 gram; 0,5 gram; dan 100 gram. Berbeda dengan membeli emas digital, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram. Setiap perusahaan menawarkan jumlah minimum order yang berbeda. Namun, kamu bisa membeli emas digital mulai dari Rp 10.000 saja.

3. Biaya Penyimpanan

Umumnya, investor menyimpan aset mereka di brankas pribadi. Namun, brankas memiliki risiko kehilangan, kerusakan, dan kebakaran. Untuk alasan ini, membeli emas digital adalah alternatif yang aman untuk berinvestasi emas selain dalam bentuk fisik batangan atau perhiasan jadi.

Sobat Trader  tidak perlu khawatir tentang penyimpanan emas digital yang aman. Saat ini ada banyak broker investasi emas yang menawarkan layanan investasi emas digital dengan harga  terjangkau dan  tanpa biaya penyimpanan.

Baca Juga : 7 Tips Investasi Emas Mudah Bagi Investor Pemula

9 Keuntungan Investasi Emas Digital

Setelah kita memahami perbedaan dari emas digital dengan tabungan emas fisik, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi menggunakan emas digital :

1. Modal Terjangkau

Perbedaan yang paling mencolok saat berinvestasi emas fisik atau emas digital adalah nilai pembeliannya. Ketika kamu membeli emas fisik, emas dibentuk menjadi berat tertentu yang telah ditentukan.

Kamu dapat memilih berat emas yang mendekati modal yang kamu punya. Tetapi, Investasi emas digital berbeda. Kamu dapat membeli dengan modal minim. Jadi sesuaikan berat emas kamu dengan modal yang kamu miliki.

2. Harga Stabil

Memiliki logam mulia dapat diibaratkan sebagai melindungi nilai aset. Hal ini karena harga emas cenderung lebih stabil dibandingkan produk investasi lainnya. Kenaikan dan penurunan harga emas tidak sedrastis harga saham. Risikonya sangat rendah dan pengembalian investasinya optimal. Sangat menarik, bukan?

3. Waktu Pembelian

Keuntungan ketiga dari emas digital adalah waktu pembelian. Emas digital bisa dibeli secara online. Tentu saja, selama dana dan akses internet tersedia. Kamu bisa melakukan investasi emas kapan pun dibandingkan dengan membeli emas fisik, kamu harus membuang waktumu hanya pergi ke toko emas. 

4. Mudah Dicairkan

Investasi emas digital juga memungkinkan kamu melacak harga emas secara real-time. Platform investasi emas digital biasanya menyediakan grafik harga yang dapat digunakan pengguna untuk memantau harga. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah melakukan penjualan emas kapan pun dengan proses sangat mudah dan cepat.

Baca Juga : 25 Istilah Trading yang Wajib Diketahui Trader Pemula

5. Bebas Pajak

Jika, kamu menaruh uang di deposito kamu akan dikenakan pajak sebesar 20% untuk deposito di atas Rp 7,5 juta. Investasi di obligasi pemerintah juga dikenakan pajak 15%, tapi ini berbeda dengan investasi emas digital.

Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 mengenakan denda kepada perusahaan yang menjual emas dan tidak dibebankan kepada pembeli, hal ini terkait dengan SP39 yang berlaku efektif mulai 1 April 2022 mengenai Penetapan Penyesuaian Tarif PPN 11 persen.

6. Bebas Biaya Administrasi

Saat melakukan investasi offline biasanya terdapat biaya-biaya yang harus dibayar oleh investor, hal ini tidak berlaku dengan menabung emas digital. Investasi emas digital tidak mengeluarkan biaya administrasi, karena biaya tersebut free! sangat menguntungkan bukan?

7. Sangat Praktis

Kamu tidak perlu membuang tenaga dan waktu untuk datang ke gerai hanya membeli emas fisik cukup dengan internet dan smartphone yang kamu miliki, kamu bisa selesai melakukan investasi emas dalam hitungan menit. Kamu tidak perlu lagi menyediakan kantong atau tidak perlu merasa was was  setelah membeli emas dari toko.

8. Aman

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam berinvestasi yaitu keamanan. Bayangkan jika kamu memiliki emas fisik dalam kuantitas yang banyak, kemungkinan pencurian atau hilang bisa saja terjadi. Dengan adanya investasi emas digital, kamu tidak perlu pusing memikirkan penyimpanan emas karena platform investasi sudah menyediakan brankas khusus dan keamanan sangat terjamin.

9. Bebas Biaya Perawatan

Kamu tidak perlu khawatir memikirkan biaya perawatan emas fisik. Sebab, emas yang kamu miliki merupakan emas digital. Emas digital memiliki banyak keuntungan sebagai investasi. Mulailah beralih menggunakan emas digital lebih praktis, aman dan free biaya administrasi!  

Baca Juga : Lebih Untung Yang Mana, Investasi Emas atau Reksadana?

Kerugian Investasi Emas Digital

Dengan keuntungan yang tercantum di atas, membeli instrumen emas secara digital juga memiliki kerugian, salah satunya risiko investasi digital adalah adanya ancaman di dunia digital berupa peretasan dan penyusupan. 

Bagaimana cara kita mencegah kejadian tersebut? Kamu harus memilih platform dengan keamanan kualitas tertinggi, hindari menggunakan Wi-Fi publik untuk transaksi keuangan, dan lindungi data digitalmu.

Seperti halnya emas fisik, berinvestasi emas digital memiliki perbedaan antara harga jual dan harga pembelian kembali (produsen emas membeli kembali emas milikmu). Perhatikan perbedaan antara harga jual dan harga beli untuk melakukan investasi yang menguntungkan.

Dengan memilih aplikasi HSB Investasi sebagai platform investasi emas digital, kamu tidak perlu cemas dengan keamanannya.

HSB Investasi sangat kredibel karena sudah  memiliki izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan keamanan dana nasabah dijamin oleh sistem akun trading terpisah dari akun perusahaan. Informasi selengkapnya kunjungi Website dan Download aplikasi HSB Investasi sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288