Home Tips Investasi Keuangan Umum Cara Mengontrol Kerugian Trading

Cara Mengontrol Kerugian Trading

by HSB
0 comment

Hal yang tidak menyenangkan dalam trading adalah menyaksikan kerugian berkelanjutan yang menguras energi dan motivasi. Dimana dalam situasi seperti ini akan menggiring Anda mempertaruhkan sejumlah dana dengan strategi yang semakin keliru. Dan ini bertentangan dengan niat awal untuk berinvestasi.

Jika dibiarkan, situasi akan semakin memburuk. Jika salah menempatkan prinsip leverage, menambah posisi order justru akan menghasilkan kerugian besar. Karena dalam lingkungan market 24 jam terbuka, nilai tukar dapat menyimpang dari harapan, menyebabkan kehilangan yang tidak dapat diperbaiki.

Hindari strategi transaksi yang keliru.

  1. Atur kerugian yang bisa ditanggung sebelum menetapkan order.

Sedia payung sebelum hujan adalah cara jitu mencegah masalah sebelum terjadi. Trader harus melakukan upaya terbaik untuk terhindar dari transaksi yang tidak dapat dipahami atau menghadapi lingkungan yang terlalu berisiko.

Ini seperti seorang trader yang menambah posisi tanpa menetapkan stop loss. Ketika arah pasar bertentangan dari perkiraan, trader harus siap menarik diri setelah kehilangan uang atau hanya bisa menyaksikan kerugian yang lebih besar.

Hasil survei menunjukkan fenomena ini sangat luas, trader telah menderita banyak kerugian, tetapi mendapat keuntungan kecil. Data statisik di bawah ini menunjukkan rata-rata kerugian yang paling menonjol dari beberapa pasangan mata uang:

Disini terlihat kesalahan umum yang sering terjadi adalah proporsi pedagang yang pernah menang 60% masih dibawah proporsi kerugian secara keseluruhan.

Sebagian orang berpikir bahwa kerugian yang begitu besar disebabkan oleh pengalaman yang belum matang ketika melakukan entri pasar. Ini bukan masalah utamanya, tetapi semangat yang berlebihan adalah penyebabnya.

Trader mungkin berpikir dapat mengelola transaksi dengan baik, sehingga terus mencari peluang untuk membenarkan perasaan sendiri. Mereka lupa bahwa tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Berpikir bahwa trading memiliki jalan pintas. Tetapi kita sering salah, tanpa disadari harapan menjadi putus asa. Karena terlalu percaya diri, bahkan trader berpengalaman kadang-kadang seperti pendatang baru, kurang perencanaan memasuki pasar dan akhirnya menderita kerugian.

Tetapi jika nasi sudah menjadi bubur, maka tidak perlu merasa rendah diri karena siapa saja bisa mengalami. Yang harus dilakukan adalah belajar dari kesalahan, mengingat pengalaman ini dan tidak membuat kesalahan lagi.

Ingatlah kalimat ini: Transaksi selalu menetapkan stop loss.

Pikirkan tentang limit kerugian yang siap ditanggung sebelum bertrading, sehingga ketika menderita kerugian Anda tidak kewalahan.

  1. Terima fakta

Beberapa trader tidak akan menganggap kerugian yang belum terealisasi dari posisi terbuka sebagai kerugian nyata sampai akhir transaksi. Jangan salah paham, kerugian ini justru adalah kerugian nyata.

 

  1. Tetapkan limit loss.

Ketika Anda melihat ekuitas akun, perhatikan apakah itu untung atau rugi, kemudian putuskan berapa banyak uang yang diinvestasikan, dan tidak melakukan entri pasar secara membabi buta. Batasi kerugian hingga kurang dari 5% dari ekuitas akun. Dengan kata lain, jika ekuitas akun adalah $ 10.000, harus berhati-hati atas kehilangan semua transaksi di bawah $ 500.

 

Tipikal manajemen risiko rencana trading ( ekuitas margin $ 10.000)
Kontrol kerugian tidak melebihi 5% Kontrol kerugian kurang dari $ 500
Melakukan 4 transaksi berbeda
Kontrol perkiraan profit-loss setiap transaksi, yaitu 1,25% dari ekuitas akun (5%/4=1,25%) Kontrol kerugian tiap transaksi kurang dari $125

Hitung jumlah investasikan dalam transaksi berdasarkan ekuitas akun. Setelah jumlah ditentukan, tidak lupa tetapkan stoploss. Dengan cara ini, ketika harga bertentangan dengan harapan, dana Anda masih bisa dilindungi.

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288