Apakah Anda sedang trading namun menghadapi ketakutan dan kecemasan? Jangan merasa malu, karena bukan Anda satu-satunya yang mengalami perasaan tersebut.

Trading dapat membuat Anda lelah jika Anda tidak dapat menguasai mental Anda. Oleh karena itu artikel ini dibuat agar Anda dapat mengenali ketakutan Anda dan mencoba melepas rasa takut tersebut.

Baik day trader, swing trader, dan long-term trader perlu menjaga emosi agar tidak mengganggu keputusan saat trading.

Ketika seseorang mencoba melindungi diri dari ketakutan, ia justru memilih mundur dan kembali ke zona nyaman. Ia berhenti bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi dan mencoba menyalahkan orang lain atau sesuatu hal. Pada akhirnya kita mencoba untuk mencari cara termudah untuk mengatasinya.

Banyak trader yang mengalami situasi dimana mereka terus mengubah strategi mereka agar mendapat hasil yang diinginkan. Namun meskipun menggunakan semua indikator atau sistem lainnya, biasanya mereka mengalami kegagalan. Namun kegagalan tersebut terkadang bukan dari penggunaan indikator yang tidak tepat, tetapi justru datang dari dalam diri mereka sendiri.

Mereka terjebak dalam pemikiran bahwa apa yang mereka rancang sebelumnya haruslah sempurna. Mereka berpikir bahwa strategi mereka sudah benar sehingga mereka tidak dapat menerima bila posisi yang mereka buka akan berakhir loss sehingga mereka terus menunggu perubahan arah yang pada akhirnya tidak terjadi sehingga justru memperbesar loss tersebut.

Ketika trading, perlu untuk membuat keputusan dalam waktu singkat sehingga tidak banyak waktu untuk menganalisa terlebih dahulu. Selain itu juga perlu mengendalikan stress ketika trading. Setiap trader memiliki kekuatan mental yang berbeda-beda dalam menghadapi situasi tersebut. Karena pergerakan dan perubahan arah harga yang sangat cepat terjadi di trading, banyak trader yang mengalami kepanikan, pusing dan bahkan ada yang mengalami depresi. Bahkan pikiran tersebut akhirnya berpengaruh pada kesehatan tubuh. 

Semakin lama menghadapi situasi stress tersebut dengan perasaan negatif, maka lama kelamaan muncul keraguan dan rasa gugup ketika akan membuka posisi. Maka lakukan aktivitas yang mampu mengatasi stress dan melatih pikiran Anda menjadi tenang seperti yoga, meditasi, berolahraga, berdoa, dan sebagainya. Anda perlu melepaskan stress tersebut dari pikiran Anda. Jangan terlalu terobsesi pada setiap transaksi yang Anda lakukan. Itu hanya akan mendatangkan kelelahan pada emosi dan fisik. Dengan menurunkan tingkat stress Anda maka membuat Anda kembali berpikir jernih dan meningkatkan rasa percaya diri ketika membuat keputusan. Oleh karena itu harus bersabar untuk melatih pikiran agar menjadi tenang.

Respon emosi lainnya adalah kemarahan. Analisa emosi Anda apakah muncul kemarahan meskipun itu sedikit dan bagaimana cara meredakan kemarahan itu sebelum menjadi besar dan tidak terkendali.

Kemarahan Anda mengakibatkan Anda membuat keputusan yang salah. Anda berharap untuk memperoleh hasil yang diharapkan secepatnya. Perlunya meluapkan kemarahan dengan cara lain sehingga Anda kembali tenang. Karena kemarahan yang ditahan tersebut dapat berujung kepada depresi, panik dan khawatir berlebihan.

Semakin Anda menguasai emosi Anda, semakin Anda lebih baik ketika trading. Anda juga akan menghadapi perlawanan dari diri Anda sendiri. Sehingga Anda harus meninggalkan kebiasaan lama yang buruk dan berjuang untuk mencapai impian Anda. Banyak trader yang memilih mundur perlahan ketika menghadapi situasi dimana terjadi hal yang tidak mereka harapkan. Sehingga mereka menurunkan harapan mereka. Bahkan ada yang kembali ke kebiasaan lama.

Banyak cara untuk memotivasi diri kembali dengan berpikir positif, bekerja lebih keras dan sebagainya. Namun cara yang tepat adalah dengan menghadapi langsung dan mengatasi permasalahan tersebut hingga selesai.

Setiap kali membuat perubahan, Anda akan mengalami ketakutan, kelelahan, dan perlawanan lainnya. Sehingga Anda memperoleh pikiran negatif. Perubahan tidak terjadi dalam waktu singkat. Oleh karena itu harus tetap gigih berjuang melawan keraguan. Tetap bersabar, dan berikan waktu pada diri Anda untuk mencapai tujuan Anda. Jangan jatuh dalam pikiran negatif. Hal itu akan mengganggu konsentrasi Anda. Stop fokus pada pikiran negatif. Fokus pada masa depan dan impian yang ingin Anda capai. 

Untuk mengelola risiko dan emosi, Anda harus menyadari dan menerima fakta bahwa ada perasaan negatif yang muncul pada diri Anda. Bukan menyangkalnya, tetapi justru hadapi untuk menghilangkan perasaan tersebut. Fokus pada pikiran positif.

Anda dapat bertanya pada diri sendiri untuk mengerti pemikiran Anda: 

  • Apakah Anda selalu memerlukan bantuan orang lain?
  • Apakah Anda ragu untuk berbicara di depan umum karena takut malu?
  • Apakah Anda perlu persetujuan dari orang lain sebelum Anda melakukan sesuatu?
  • Apakah Anda sering berbicara mengenai pencapaian masa lalu?
  • Apakah Anda memerlukan saran dari orang lain sebelum membuat keputusan?

Bila jawaban Anda untuk sebagian besar pertanyaan di atas adalah ya, maka Anda adalah tipe yang takut untuk membuat keputusan sendiri. Sifat ini akan sangat berpengaruh ketika Anda trading.

Selain itu bagi trader tidak semua bursa cocok bagi mereka. Mereka perlu melihat bursa atau pasangan mata uang mana yang cocok dengan karakter mereka. Karena terkadang bila tidak cocok dengan sesuatu dan Anda sudah berjuang terlalu lama untuk mengatasinya namun tidak berhasil maka cara yang perlu dilakukan adalah mencari bursa atau pasangan mata uang atau komoditas lain yang lebih cocok untuk Anda.

Kenali diri Anda sendiri terlebih dahulu agar dapat mengatasi ketakutan. Berikut ini adalah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi ketakutan atau emosi negatif lainnya pada diri Anda:

  1. Tulis semua hal yang membuat Anda takut atau perasaan negatif lainnya.
  2. Kemudian analisa sumber yang menyebabkan perasaan negatif itu. 
  3. Langkah berikutnya adalah tulis cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan negatif itu.
  4. Langkah terakhir adalah tes cara-cara tersebut dan lihat hasilnya apakah sesuai atau tidak. Bila ada yang tidak sesuai maka lakukan perubahan.

Percaya pada diri Anda sendiri dan dengan kemauan dan kerja keras, maka Anda dapat mengatasi ketakutan dan mendapat hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan anda dapat kehilangan pembayaran margin awal anda. Pastikan anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat sebelum memulai di aplikasi trading forex HSB.