Home Pengetahuan Keuangan 4 Cara Menganalisis Keputusan Investasi dengan Tepat

4 Cara Menganalisis Keputusan Investasi dengan Tepat

by HSB
0 comment

Dalam dunia investasi, kamu harus memutuskan berbagai hal sebelum melakukan tindakan. Supaya kamu tidak merugi dan mendapat keuntungan maksimal. Proses pengambilan keputusan ini bukan hal yang mudah. Sebab itu, penting bagi kamu mengetahui cara menganalisis keputusan investasi dengan tepat. 

Lalu bagaimana caranya agar dapat mengambil keputusan dengan tepat ketika berinvestasi? Tenang, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut seberapa penting melakukan analisis investasi. Yuk simak terus uraian lengkap di bawah ini.

Pentingnya Menganalisis Keputusan Investasi

Keputusan investasi merupakan sebuah tindakan dalam mengalokasikan sejumlah dana ke dalam bentuk investasi. Dari keputusan tersebut, kamu pasti mengharapkan adanya return dalam jangka waktu pendek maupun panjang

Pengambilan keputusan untuk investasi ini juga berkaitan dengan proses pemilihan atau lebih alternatif investasi yang dinilai menguntungkan. Aktivitas ini disebut juga dengan diversifikasi investasi. Menganalisis keputusan investasi ini tidak hanya untuk mendapatkan return, tetapi juga mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi kedepannya.

Dasar keputusan investasi ini berkaitan dengan pemahaman antara return dan risiko dalam suatu investasi. Ketika kamu menginginkan return yang besar, maka makin besar pula tingkat risiko yang perlu kamu pertimbangkan. 

Untuk itu, sebelum mengambil keputusan dari hasil analisis investasi, kamu perlu mempertimbangkan keseluruhan aspek dengan baik dan matang, terutama pada bagian dasar keputusan investasi yakni return dan risiko. Pasalnya, jika kamu melakukan kesalahan dalam proses analisis, bisa jadi kamu mengalami kerugian.

Jadi, mengapa analisis keputusan investasi itu penting dilakukan? Pada dasarnya, supaya kamu bisa mempertimbangkan return dan risiko investasi yang akan didapatkan pada masa depan. Mengingat makin besar return yang didapatkan, risikonya juga makin tinggi. 

Bagaimana Cara Pengambilan Keputusan Investasi yang Tepat?

Cara Menganalisis Keputusan Investasi dengan Tepat

Untuk mengambil keputusan investasi yang tepat, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan guna mendapatkan solusi terbaik dan investasi paling menguntungkan. Proses pengambilan investasi ini terdiri dari 5 tahap keputusan yang berjalan terus-menerus hingga mencapai keputusan investasi terbaik. Berikut ini tahapan proses keputusan investasi tersebut.

1. Penentuan Tujuan Investasi

Pada tahapan ini, kamu harus tahu tujuan dan rencana investasi, apakah untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Contoh investasi jangka panjang yaitu dana pendidikan anak, dana darurat, dan dana pensiun. Kamu juga harus memilih antara jenis investasi yang memberi risiko tinggi tetapi keuntungannya maksimal atau keuntungan dan risikonya rendah. 

2. Penentuan Kebijakan Investasi

Sebagai investor, penting untuk mengetahui risiko profil masing-masing. Ada 3 jenis investor berdasarkan penentuan kebijakan investasi, yaitu moderat, agresif, dan konservatif. Kamu termasuk investor yang mana? 

Kebijakan lain yang perlu kamu perhatikan adalah dana yang hendak kamu gunakan untuk berinvestasi. Selain itu, penting juga untuk kamu meluangkan waktu untuk memantau investasi. Pengetahuan akan pasar modal juga perlu kamu dalami secara lebih lanjut.

3. Pemilihan Strategi Portofolio

Ada dua strategi portofolio yang bisa kamu pilih, yaitu strategi aktif dan pasif. Untuk strategi portofolio aktif meliputi penggunaan informasi yang tersedia dan teknik-teknik analisis fundamental yang baik. Sementara itu, strategi portofolio pasif berkaitan dengan kinerja indeks di pasar modal.

4. Pemilihan Aset

Selanjutnya, kamu perlu menetapkan pemilihan aset yang hendak dimasukkan ke dalam portofolio. Pada tahapan ini, kamu perlu mengevaluasi setiap saham yang ingin kamu beli. Tujuan dari tahapan ini untuk mencari kombinasi portofolio yang efisien dan menawarkan return tinggi serta tingkat risiko yang rendah. Bisa juga pemilihan aset ini dilakukan sebaliknya, yakni mencari aset dengan risiko dan return yang rendah.

5. Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Portofolio

Tahapan ini bisa dikatakan merupakan tahapan final atau penentuan. Pengukuran dan evaluasi dilakukan untuk menganalisis kelayakan saham. Jika hasilnya kurang baik, maka proses keputusan investasi harus dimulai lagi dari tahap awal. Demikian seterusnya hingga kamu menemukan keputusan investasi paling matang dan optimal.

4 Cara Menganalisis Keputusan Investasi dengan Tepat

Cara Menganalisis Keputusan Investasi dengan Tepat

Cara menganalisis keputusan investasi juga memerlukan strategi tertentu supaya tidak salah langkah dalam proses menanamkan modal. Untuk kamu yang baru saja terjun dalam dunia investasi, berikut ini tips cara pengambilan keputusan investasi yang tepat yang bisa kamu lakukan. 

1. Kenali Terlebih Dahulu Jenis Investasinya

Penting untuk kamu mengetahui berbagai jenis investasi yang menguntungkan dan tidak menimbulkan risiko. Kamu juga harus menentukan mana jenis investasi yang baik dan tidak untuk kebutuhan finansial pada masa depan. Jika sudah mengenali berbagai jenis investasi, kamu akan lebih mudah dalam menentukan tujuan dan rencana investasi.

2. Tentukan Tujuan dan Kebijakan Investasi

Menetapkan tujuan investasi dapat memaksimalkan hasil dari kegiatan investasi yang kamu lakukan. Hal ini karena tujuan investasi dapat menjadi salah satu motivasi kamu dalam menyusun perencanaan keuangan masa depan. 

Setelah menentukan tujuan investasi, langkah selanjutnya yaitu menetapkan kebijakan investasi. Kebijakan yang dimaksud seperti menentukan pendistribusian dana yang dimiliki pada berbagai aset investasi. 

3. Melakukan Diversifikasi

Diversifikasi termasuk strategi dalam meminimalisir risiko kerugian investasi pada aset yang kamu miliki. Sebagai contoh, ketika salah satu aset investasi kamu mengalami kerugian, maka kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dari aset investasi yang lain. Diversifikasi ini cocok dilakukan untuk kamu yang ingin berinvestasi pada reksa dana atau saham.

4. Menghitung Tingkat Keuntungan dan Risiko

Sebagai investor, kamu harus bisa menghitung dengan cermat keuntungan dan risiko investasi. Jika menginginkan keuntungan yang lebih besar, maka kamu harus siap juga dengan risiko yang besar juga. Namun sebaliknya, jika risikonya rendah, maka keuntungan yang didapatkan juga rendah. Pada tahapan terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi investasi. 

Supaya mendapatkan keputusan investasi yang tepat, maka kamu perlu melakukan berbagai tahapan di atas. Pasalnya, cara menganalisis keputusan investasi itu sangat penting demi perencanaan keuangan yang matang pada masa depan. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas bagaimana cara menganalisis keputusan investasi yang tepat, kamu bisa melakukan simulasi trading terlebih dahulu dengan membuat akun demo di aplikasi HSB. Sebuah aplikasi trading saham yang aman dan tepercaya karena sudah terdaftar secara resmi di Bappebti. Yuk download aplikasi HSB sekarang juga dan rasakan proses transaksi jual-beli investasi yang cepat dan transparan.***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288