Home Tips Investasi Keuangan Umum Cara Menganalisa Saham Paling Mudah Bagi Pemula

Cara Menganalisa Saham Paling Mudah Bagi Pemula

by HSB
0 comment

Bagaimana cara menganalisa saham yang tepat bagi pemula? Kamu tentu saja harus memahami cara melakukan analisis saham agar dapat memilih aset saham yang tepat. Apalagi jika kamu benar-benar baru di dunia investasi.

Analisis saham perlu dilakukan agar kamu dapat mengetahui bagaimana pergerakan pasar saat ini. Melalui pergerakan tersebut, kamu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli aset saham atau menjualnya.

Dalam menganalisa saham, ada 3 cara yang dapat kamu lakukan yaitu secara teknikal, sentimen, dan fundamental. Apa maksud dari ketiga cara menganalisa saham tersebut?

Kamu dapat langsung menyimak pembahasan lengkapnya melalui informasi yang akan HSB sampaikan di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Analisa Forex: Teknik Dan Analisisnya

3 Cara Menganalisa Saham Bagi Pemula

Berikut ini, kamu akan mempelajari secara lebih mendalam tentang 3 cara yang perlu dilakukan oleh investor pemula dalam melakukan analisis saham, yaitu:

1. Analisa Teknikal Saham

Cara dasar yang dapat dilakukan oleh seorang investor untuk menganalisa saham adalah dengan menggunakan cara teknikal. Apa yang dimaksud dengan analisis teknikal saham?

Singkatnya, analisis teknikal saham merupakan cara menganalisa yang dilakukan dengan mengamati pola pergerakan harga dan volume pasar. Kamu dapat memahami pola pergerakan pasar dengan membaca grafik saham.

Melalui grafik saham, kamu dapat mengetahui tanda untuk melakukan pembelian atau penjualan aset saham. Untuk dapat memahami tanda tersebut, kamu harus mempelajari banyak hal mengenai pola-pola dasar yang ada di dalam dunia investasi.

Cara Menganalisa Saham Bagi Pemula

Baca juga: 10 Pola Candlestick Paling Lengkap & Akurat Bagi Pemula

Salah satu contoh pola yang sering digunakan dalam membaca grafik saham adalah double top atau double bottom. Kedua pola ini dapat menunjukkan apakah akan ada pembalikan tren atau mungkin tren akan bergerak terus ke atas/bawah.

Sekilas informasi bagi kamu yang belum mengetahui apa itu tren. Tren merupakan istilah atau sebutan untuk pergerakan market saham. Istilah ini juga tentu saja sering digunakan dalam dunia trading.

Lalu, apakah setiap investor harus melakukan analisis teknikal saham? Apakah metode ini hanya perlu digunakan pada saat-saat tertentu saja?

Biasanya, investor yang menggunakan analisis teknikal saham adalah mereka yang aktif melakukan investasi jangka pendek. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi jangka pendek, kamu perlu mengamati pergerakan pasar hampir setiap hari.

2. Analisa Sentimen Saham

Pergerakan tren dapat dilihat melalui sentimennya. Cara ini disebut dengan analisis sentimen saham. Apa yang dimaksud membaca pergerakan tren melalui sentimen?

Pergerakan tren dapat dipengaruhi oleh sentimen atau perasaan investor. Opini investor memainkan peranan yang sangat besar terhadap perubahan harga saham.

Investor dapat memberikan sentimen yang bersifat positif atau bahkan negatif. Ketika suatu saham mendapatkan reaksi positif dari investor, maka dapat dipastikan akan terjadi pergerakan harga saham ke arah atas. Sebaliknya, reaksi negatif akan membawa harga saham ke bawah.

Analisa Sentimen Saham

Baca juga: 7 Tips Investasi Emas Mudah Bagi Investor Pemula

Tentu saja, ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi sentimen investor. Faktor-faktor tersebut ialah kondisi ekonomi, politik, pemberitaan terbaru, dan lain sebagainya.

Contohnya seperti ini, perusahaan penyedia saham A yang bergerak di bidang produsen makanan cepat saji diterpa isu buruk bahwa makanan yang diproduksi menggunakan bahan pengawet yang tidak sehat. Berita seperti itu akan membuat investor buru-buru menjual aset yang mereka miliki sehingga harga saham jatuh.

Metode analisis ini sebenarnya jarang digunakan. Namun, kamu bisa menggunakan analisis sentimen saham untuk memperkuat alasan mengapa harus melakukan pembelian terhadap saham tertentu.

3. Analisa Fundamental Saham

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan dalam menganalisa saham adalah dengan menggunakan analisis fundamental saham. Bagaimana seorang investor pemula melakukan analisis fundamental? 

Analisis fundamental saham digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keamanan dari nilai saham yang akan kamu beli. Kamu harus melakukan berbagai research untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan.

Informasi apa saja yang perlu kamu cari untuk dapat melakukan analisis fundamental saham? Kamu perlu mencari tahu mengenai kondisi ekonomi perusahaan selama 1 hingga 5 tahun terakhir, lalu memeriksa faktor yang memengaruhi keuangan perusahaan tersebut, dan lainnya.

Jenis analisis ini memiliki tujuan untuk membandingkan harga saham yang ditawarkan dengan harga sekuritas terbaru. Dari hasil perbandingan tersebut, kamu dapat mengetahui apakah saham yang akan dibeli memiliki keamanan yang baik atau tidak.

Analisa Fundamental Saham

Baca juga: 4 Tips Investasi Saham Paling Untung Bagi Pemula

Jadi, itulah ketiga cara yang dapat kamu lakukan untuk menganalisa saham bagi pemula. Kamu dapat mempelajari secara bertahap ketiga metode analisis saham di atas.

Mungkin kamu memiliki pertanyaan, apakah ketiga cara tersebut harus digunakan semua atau boleh menggunakan satu cara analisis saja. Kamu tentu bisa menggunakan satu macam analisis saham saja, namun tentu akan lebih baik jika kamu dapat menggunakan dua hingga tiga macam analisis.

Tujuan dari menganalisa saham adalah untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pembelian atau penjualan. Maka dari itu, semakin banyak informasi yang didapatkan dari ketiga macam analisis yang sudah kamu baca di atas, maka keputusan yang diambil akan lebih tepat.

Selain cara menganalisa saham, masih ada banyak hal lagi yang perlu kamu pelajari sebagai investor pemula. Oleh karena itu, HSB menyediakan layanan belajar trading pemula yang dapat kamu ikuti kapan pun dan di mana pun. Kamu dapat mempelajari segala hal mengenai investasi dan trading bersama dengan HSB.

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Kamu dapat menggunakan aplikasi HSB untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar pembelajaran trading hingga pergerakan harga pasar secara realtime.

Informasi yang kami sajikan sudah dapat dipastikan akurat. Maka itu, download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

You may also like

Leave a Comment