Home Pengetahuan Keuangan 4 Cara Menabung Untuk Umrah

4 Cara Menabung Untuk Umrah

by HSB
0 comment

Apakah kamu memiliki rencana untuk umrah? Jika jawabannya adalah ya, maka kamu harus mengetahui cara menabung untuk umrah yang efektif. Sebagai umat muslim, berkunjung ke tanah suci Makkah dan Madinah untuk beribadah adalah dambaan seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. 

Tujuan utama umat Islam mengunjungi tempat suci ini adalah untuk beribadah dan berdoa. Itulah mengapa, umrah atau haji merupakan hal yang sangat diinginkan semua kalangan mulai dari yang muda hingga tua. 

Sampai saat ini, besaran biaya untuk umrah adalah salah satu hambatan terbesar sebab membutuhkan nominal yang tidak sedikit. Selain memiliki niat yang besar, mengoptimalkan pendapatan untuk menabung adalah hal yang tak kalah penting. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk seluruh akomodasi juga tidak sedikit.

Namun munculnya kesulitan bukan berarti tidak ada peluang untuk memenuhi biaya perjalanan spiritual yang satu ini. Pada kesempatan kali ini, HSB akan berbagi cara menabung untuk umrah. Simak penjelasannya berikut ini.

Berapa Biaya Umrah?

Berapa Biaya Umrah

Besaran biaya umrah sebenarnya tersedia dengan banyak pilihan. Hal ini bergantung dengan travel agen yang digunakan sebab setiap travel agen memiliki kebijakan, fasilitas, dan destinasi yang berbeda. Tetapi dilihat dari banyak penyedia jasa, biaya umrah berkisar pada Rp28 juta hingga Rp40 juta. 

Meski rata-rata berada pada kisaran Rp40 juta, tidak menutup kemungkinan ada biaya umrah yang lebih besar. Perbedaan biaya umrah ini paling besar dipengaruhi oleh destinasi wisata dan akomodasi. Beberapa travel agen memiliki paket umrah dengan wisata ke negara lain seperti Turki, Dubai, dan masih banyak lagi. 

Sehingga kamu membutuhkan biaya lebih untuk melakukan perjalanan tersebut. Selain itu, tipe hotel dan penerbangan yang digunakan juga memengaruhi besar kecilnya biaya umrah. Pada umumnya, kamar tidur saat umrah digunakan untuk 4 orang. Jika memiliki permintaan khusus seperti penggunaan kamar hanya 2 orang, maka harga yang dibayarkan juga lebih tinggi. 

Baca juga: 5 Investasi Syariah di Bulan Ramadhan

4 Cara Menabung Untuk Umrah

Menabung Untuk Umrah

Besarnya biaya umrah tidak dapat tercapai begitu saja. kamu harus bijak dalam mengelola keuangan agar impian tersebut dapat terpenuhi tanpa memengaruhi dan memberikan beban baru dalam bagian keuangan. Terapkan cara menabung untuk umrah berikut ini agar tujuan nominal yang diinginkan tercapai:

1. Menentukan Target

Dalam menabung untuk tujuan apapun, dibutuhkan target nominal yang jelas sehingga lebih mudah untuk menentukan besaran uang yang harus disisihkan dan waktu menabung. Aturan tersebut juga berlaku dalam menabung untuk umrah. 

Kamu dapat melakukan beberapa riset terlebih dahulu tentang travel agen yang cocok dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih paket umrah dari travel agen tertentu dengan melihat kemampuan finansial agar proses menabung tidak terlalu berat dan tidak terlalu lama. 

2. Persentase Penyisihan Dana dan Rekening Terpisah

Cara menabung untuk umrah yang cukup mudah untuk diterapkan pada awal masa menabung adalah menyisihkan pendapatan sebesar 10% hingga 20% untuk menabung. Saat sudah terbiasa, kamu dapat mencoba untuk menaikkan persentase penyisihan dana sedikit demi sedikit agar nilai tabungan terus berkembang.

Menabung untuk umrah sebaiknya dilakukan pada rekening yang berbeda. Kamu dapat memanfaatkan program tabungan pada bank syariah sebab beberapa di antaranya memiliki diskon khusus atau program menarik untuk kegiatan keagamaan seperti umrah. 

Baca juga: Memahami 5 Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

3. Menentukan Travel Agen yang Tepat dan Tepercaya

Mengingat banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan biro perjalanan, kamu harus sangat berhati-hati dalam memilih travel agen. Saat melakukan riset harga, lakukan juga riset informasi mengenai travel agen yang masuk dalam daftar pilihan. Jika memungkinkan, cari tahu berbagai testimoni yang diberikan oleh peserta umrah sebelumnya. 

Selain itu, cek juga ketersediaan travel agen tersebut dalam daftar travel umrah dan haji resmi di Kementerian Agama. Memilih jasa dengan harga murah yang tidak wajar dapat berpotensi terjadinya penipuan. Jadi, temukan travel agen yang tepat dan tepercaya dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

4. Berinvestasi

Siapa bilang investasi tidak dapat digunakan untuk menabung umrah? Kegiatan investasi dapat dimanfaatkan untuk segala jenis rencana jangka pendek, menengah, maupun panjang. Jika menabung dengan cara konvensional banyak terhambat dan bernilai tetap, melakukan investasi sebagai instrumen tabungan dapat memberikan berbagai keuntungan. 

Untuk umrah, kamu dapat memilih jenis investasi jangka menengah seperti deposito, reksa dana, emas, saham, dan lain-lain. Beberapa produk investasi tersebut juga memiliki versi syariah apabila kamu mengkhawatirkan sumber dana yang tidak halal. 

Baca juga: Bagaimana Cara Berinvestasi yang Baik dan Aman?

Tidak perlu khawatir, sebab menabung sejak dini dapat membantu kamu mencapai target nominal yang diinginkan tanpa beban pembayaran yang berat setiap bulannya.

Jadi itulah informasi mengenai cara menabung untuk umrah yang efektif, aman, dan mudah untuk diterapkan. Sekarang, sudah saatnya kamu menyadari pentingnya menabung untuk mencapai berbagai tujuan seperti umrah, pernikahan, membangun rumah, dan lain sebagainya. Apapun instrumennya, menabung adalah hal yang penting untuk diterapkan siapa pun. 

Apalagi, saat ini sudah banyak instrumen tabungan yang bisa kamu temukan seperti menabung dengan investasi. Salah satu yang terbaik dibidangnya adalah HSB. selain mudah digunakan, HSB juga merupakan broker dengan komisi rendah dan memiliki pilihan jenis trading yang lengkap. 

Tidak perlu ragu, investasi di HSB terjamin aman karena memiliki transparansi terhadap sistem investasi. Download HSB sekarang juga dan pelajari berbagai hal penting untuk menunjang kemampuan trading agar menjadi trader profesional.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288