Home Tips Investasi Keuangan Umum Tidak Sulit! Ini Dia 5 Cara Investasi Emas Agar Untung

Tidak Sulit! Ini Dia 5 Cara Investasi Emas Agar Untung

by HSB
0 comment

Emas merupakan salah satu aset investasi dalam bentuk fisik yang tidak pernah tergantikan. Mengetahui cara investasi emas agar untung akan sangat membantu. Apalagi logam mulia ini menawarkan opsi bagi investor untuk mendiversifikasi portofolionya di luar dari saham dan obligasi.

Peranan emas juga tidak lekang oleh waktu. Jika dahulu dipergunakan sebagai alat tukar, kini emas juga berguna dalam banyak industri. Selain sebagai aset investasi, emas juga menjadi salah satu komponen penting untuk peralatan elektronik. 

Bagi para investor, emas merupakan pilihan terbaik sebagai aset yang aman. Jika kamu sudah tertarik untuk berinvestasi dalam emas, simak beberapa informasi berikut ini agar dapat memahami cara investasi emas secara efektif.

Mengenal Investasi Emas

Peran emas sebagai alat tukar perlahan digantikan oleh uang koin logam hingga uang kertas. Kejadian ini tidak membuat emas menjadi sesuatu yang tak berguna. Emas masih menjadi sebuah barang dengan fungsi menyimpan kekayaan.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan emas untuk bertahan terhadap inflasi. Ketika suku bunga diubah dalam upaya menstimulasi ekonomi, terkadang inflasi akan terjadi. Uang kertas mulai kehilangan nilainya, sedangkan itu emas mampu bertahan bahkan meningkat.

Kestabilan harga serta kemampuan untuk bertahan dalam inflasi menjadikan emas pilihan investasi paling aman dalam jangka waktu yang panjang sehingga menjadi sebuah “asuransi” jika keadaan tidak mendukung.

Berinvestasi dalam emas artinya kamu akan membeli logam mulia ini dalam beberapa bentuk. Seperti dalam bentuk bullion (emas murni), perhiasan, atau tabungan emas.

Berbeda dari aset investasi seperti saham dan obligasi, emas tidak mampu menghasilkan cash flow. Emas menjadi sangat cocok sebagai opsi investasi jangka panjang, sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips Investasi Emas Mudah Bagi Investor Pemula

cara investasi emas agar untung

Berapa Modal untuk Investasi Emas?

Menentukan jumlah pasti mengenai modal yang harus dikeluarkan untuk investasi emas tidak bisa dilakukan begitu saja. Perlu pertimbangan dan analisis. Emas juga sebuah aset investasi yang sangat bergantung pada kondisi di luar sana.

Walaupun begitu, emas merupakan opsi dalam strategi diversifikasi portofolio. Jika kamu memiliki modal lebih untuk digunakan dalam investasi emas, maka jadikan ini sebagai sebuah opsi untuk memperbanyak portofolio.

Kapan Momen yang Baik untuk Investasi Emas?

Bila berbicara mengenai waktu yang paling tepat untuk menjalankan investasi emas, maka jawabannya sederhana. Investasi emas sangat baik dilakukan ketika kamu ingin mendiversifikasi portofolio.

Melalui hal ini, kamu bisa mengelola risiko dari investasi yang dilakukan. Prinsip dasarnya, ketika harga untuk satu jenis investasi turun, maka harga untuk jenis investasi lainnya akan naik.

Berapa Lama Investasi Emas?

Emas bukanlah aset yang punya leverage tinggi jika dilikuidasi dalam jangka waktu yang pendek. Lebih baik melakukan investasi ini dalam jangka waktu yang panjang, sekitar 5-10 tahun.

Baca juga: Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

Keunggulan Investasi Emas

Apa Saja Keunggulan Investasi Emas?

Apakah berinvestasi dengan emas saat ini masih berguna? Jawabannya tentu saja iya. Logam mulia ini memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya selalu dilirik sebagai aset investasi berharga.

Berikut ini beberapa keunggulan dari emas yang membuatnya masih dihargai sebagai salah satu opsi investasi teraman.

1. Perlindungan Terhadap Inflasi

Inflasi mampu memberikan dampak yang begitu luar biasa terhadap keadaan ekonomi suatu negara.Termasuk nilai tukar saham dan instrumen investasi lainnya. Perubahan harga secara drastis bisa merugikan bahkan menghancurkan para investor.

Namun, seperti yang disampaikan di atas, emas memiliki kemampuan untuk bertahan dalam inflasi. Bahkan harganya bisa semakin naik. Hal ini terjadi karena emas tidak memiliki risiko sebesar aset lainnya.

Secara historis harga emas tidak pernah mengalami penurunan yang jauh. Bahkan selalu stabil menanjak.

2. Sebagai Opsi Diversifikasi Portofolio yang Bagus

Karena kemampuannya untuk dapat bertahan terhadap inflasi, maka emas bisa menjadi opsi yang bagus sebagai diversifikasi portofolio investasi.

Pada saat harga saham atau investasi lainnya mengalami perubahan karena kondisi eksternal dan internal, emas mampu bertahan dengan sendirinya. Artinya kerugian yang kamu alami tidak besar karena nilai emas selalu stabil menyeimbangkan portofolio.

3. Likuiditas yang Mudah

Apa pun bentuk emas yang kamu investasikan, menjual kembali emas tidaklah sulit. Kegiatan ini sangat mudah karena sekarang sudah ada banyak platform yang bisa membantu kamu melikuidasi aset ini.

Baca juga: Ketahui Keuntungan Dan Kerugian Investasi Emas

Cara Investasi Emas Agar Untung

5 Cara Investasi Emas Agar Untung

Siapa yang tidak ingin merasakan keuntungan dari investasinya. Berikut ini beberapa cara investasi emas agar tidak buntung dan bisa meraih hasil terbaik yang diinginkan. 

1. Pahami Tujuan Investasimu

Tentukan tujuanmu dari menginvestasikan emas ini. Apakah sebagai cara melindungi diri dari inflasi atau sebagai persiapan dana pada masa depan?

2. Alokasikan Dana Pembelian Emas

Ketika ingin memiliki emas sebagai aset investasi, kamu memerlukan dana. Alokasikan sebagian modal investasi untuk membeli berbagai macam aset emas.

3. Pantau Pergerakan Harga Emas

Jika ingin mendapatkan keuntungan, maka kamu harus selalu waspada terhadap perubahan harga emas. Melikuidasi aset ini di waktu yang tepat bisa memberikan keuntungan sepadan.

4. Jangan Sembarangan Membeli Emas

Komoditi ini rawan terhadap berbagai tindak kejahatan. Pastikan kamu membeli emas di tempat yang tepercaya

5. Simpan Emas Dengan Aman

Jika memilih berinvestasi dengan membeli emas, maka kamu harus punya tempat penyimpanan yang aman. Safety deposit box merupakan salah satu solusi terbaik untuk persoalan ini.  

Baca juga: Strategi Setting Menggunakan Moving Average Terbaik

Bermacam-Macam Bentuk Investasi Emas

Kamu bisa menjalani investasi emas dalam berbagai macam bentuk. Berikut beberapa bentuknya.

1. Membeli Emas Murni (Bullion)

Membeli dan memiliki emas merupakan salah satu cara terbaik untuk berinvestasi menggunakan logam mulia ini. Emas yang murni atau hampir murni memiliki sertifikasi untuk berat dan kemurniannya.

Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk apa pun. Ada yang berbentuk koin, emas batangan, dan lain-lain. PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) merupakan dua penghasil emas yang paling dikenal di Indonesia.

2. Emas Berbentuk Perhiasan

Cara investasi emas dengan membeli perhiasan sangat digemari karena fungsi lainnya sebagai barang untuk menghias penampilan. Bentuknya yang beragam menarik minat banyak individu, mayoritas kaum hawa. Namun satu hal untuk diperhatikan, nilai jual kembali dari emas ini tidak setinggi bentuk investasi lainnya. 

Masa pakai, berat yang menurun, model, hingga jasa pembuatan sangat memengaruhi harganya. Namun jika dilakukan dengan benar, investasi emas ini bisa membawa keuntungan.

3. Investasi Emas Berjangka

Jenis investasi ini berbentuk kontrak untuk membeli atau menjual sejumlah barang seperti emas, pada tanggal tertentu pada masa depan. Bentuk perdagangan dilakukan dalam kontrak, bukan saham. Kontrak ini juga mewakili jumlah emas yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Membeli Saham Perusahaan Emas

Cara ini tidak melibatkan emas secara langsung. Karena kamu akan langsung membeli saham dari perusahaan penambang emas itu sendiri. 

Perusahaan yang menjalankan kegiatan penambangan emas pasti mengalami keuntungan saat harga emas naik. Berinvestasi pada jenis perusahaan ini dapat menjadi cara efektif mendapatkan keuntungan dari emas. Membawa risiko yang lebih rendah daripada metode lainnya.

5. Melakukan Trading Emas Menggunakan Platform Tepercaya

Trading komoditas dalam bentuk emas dapat membawa keuntungan yang besar jika dijalankan dengan baik. Apalagi jika memanfaatkan platform tepercaya seperti HSB. Semua proses dijalankan secara transparan dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Kamu tidak perlu ragu lagi. Kunjungi website HSB sekarang!

Semoga informasi ini membantu kamu menjadi trader profesional yang berhasil meraih keuntungan! Mulailah perjalanan investasimu bersama HSB! Download aplikasinya dan daftarkan akun tradingmu, gratis!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288