Home Tips Investasi Keuangan Umum Simak 6 Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula Ini!

Simak 6 Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula Ini!

by HSB
0 comment

Investasi bisa membuat keuangan masa depanmu lebih terjamin. Banyak sekali aset yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi bagi investor pemula, salah satunya emas.

Komoditas ini memiliki banyak kelebihan, termasuk kemudahan cara berinvestasi emas bagi pemula. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai seluk-beluk investasi emas. Simak sampai selesai sebagai panduanmu sebelum mulai berinvestasi di instrumen ini.

Memulai Investasi Emas Sebagai Pemula

Kamu perlu mengenali emas sebelum mulai berinvestasi. Emas merupakan salah satu jenis investasi berisiko rendah, tetapi mampu memberikan imbal balik dalam jangka panjang.

Alasannya, harga emas terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Emas termasuk salah satu komoditas untuk diperjualbelikan, jadi harganya juga meningkat saat terjadi inflasi.

Baca juga: Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

Pergerakan harga emas domestik sejatinya dipengaruhi oleh harga emas secara global. Jadi, harga emas dalam negeri bergerak naik apabila nilai komoditas ini meningkat di pasar internasional, begitu pula sebaliknya. 

Kamu mungkin sudah memilih emas sebagai instrumen investasi pertamamu, tetapi masih ada keraguan mengenai emas.

Keraguan tersebut tidak jauh dari pertanyaan tentang kecocokan, kemudahan, dan keamanan instrumen ini. Bacalah penjelasan di bawah ini untuk menjawab keraguan tersebut.

Investasi emas yang cocok bagi pemula

Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kamu?

Instrumen ini cocok dijalankan apabila kamu memiliki profil risiko konservatif. Artinya, kamu lebih menyukai jenis investasi yang stabil dan harganya tidak terlalu fluktuatif.

Sesuai penjelasan di atas, harga emas pun cenderung stabil dan terus mengalami kenaikan. Meski terjadi penurunan, kondisi tersebut tidak bertahan lama karena harga emas akan kembali naik pada waktunya.

Baca juga: 6 Cara Trading yang Simple Tapi Untung Bagi Pemula

Apakah Investasi Emas Saat Ini Menguntungkan?

Harga emas yang stabil membuat komoditas ini cocok dijadikan sebagai diversifikasi investasi. Kamu bisa mengandalkan emas saat harga instrumen lainnya sedang anjlok.

Langkah diversifikasi ini menjaga portofolio investasimu tetap aman meski kondisi perekonomian sedang tidak baik.

Apakah Mulai Investasi Emas itu Rumit?

Investasi emas sangat mudah dilakukan. Orang tua usia lanjut dan pelajar pun bisa mulai berinvestasi sejak dini berbekal instrumen ini. Kamu cukup membeli emas di lokasi tepercaya,

kemudian menyimpannya selama beberapa waktu. Likuiditas emas juga sangat besar sehingga tidak sulit dicairkan ketika kamu membutuhkan uang tunai. Kendati kondisi perekonomian negara sedang sulit, kamu tetap bisa mencairkan emas dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Ketahui Keuntungan Dan Kerugian Investasi Emas

Investasi Emas Aman

Apakah Investasi Emas Aman?

Reputasi emas di dunia investasi sudah terbukti, bahkan digelari safe haven oleh para investornya. Alasannya tentu berkaitan dengan harga emas yang cenderung stabil dan jarang mengalami fluktuasi.

Keamanan investasi emas juga terbukti kalau kamu memiliki sertifikat keasliannya. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh tempat pembelian emas tepercaya.

 

6 Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Apakah kamu sudah yakin berinvestasi di komoditas ini? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi pertamamu.

1. Pahami Tujuan Investasimu

Layaknya instrumen lainnya, kamu harus memahami tujuan investasimu secara spesifik. Kamu bisa berinvestasi emas sebagai tabungan liburan, dana pensiun, pendidikan, pernikahan, dan sebagainya.

Tujuan ini bisa menentukan besaran emas untuk ditabung atau diinvestasikan serta jangka waktu penyimpanannya.

2. Alokasikan Dana Pembelian Emas

Ketika berinvestasi, kamu perlu menyediakan sejumlah dana untuk memperoleh instrumennya.

Dana ini tidak boleh digunakan untuk kebutuhan pokok atau mendesak. Kamu harus merencanakan alokasi pembelian emas sejak awal, seperti menabung hingga mencapai harga beli yang diincar.

Ada pula cara lain dalam membeli emas, yaitu program cicilan. Kamu bisa menabung emas di beberapa lembaga tertentu sehingga tidak perlu menunda berinvestasi.

Kehadiran program ini mendorong masyarakat agar mulai berinvestasi emas tanpa harus memiliki dana besar.

3. Pantau Pergerakan Harga Emas

Informasi harga emas kini tersedia di berbagai platform. Kamu harus memerhatikan harga emas terkini dulu sebelum membelinya. Jika terjadi penurunan pada grafiknya, kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan emas dengan harga lebih murah.

Baca juga: 7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

4. Beli Emas di Tempat Tepercaya

Jangan sembarangan memilih tempat pembelian emas lantaran keasliannya tidak terjamin. Carilah informasi mengenai lokasi tepercaya supaya kamu memperoleh sertifikat keasliannya saat membelinya.

Selain itu, pastikan tempat tersebut diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Perkembangan teknologi juga memungkinkan kamu untuk membeli emas secara online. Kamu bisa membeli emas langsung di situs jual beli resmi dan tepercaya demi menjaga keamanannya.

Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan fitur chat atau pesan untuk berkomunikasi secara online dengan administrator website-nya.

5. Simpan Emas di Tempat Aman

Salah satu risiko investasi emas yang tidak boleh diabaikan adalah mudah hilang. Kamu harus memiliki tempat penyimpanan yang cukup aman berupa brankas pribadi di rumah. 

Pilihan lainnya, gunakan layanan safe deposit box (SDB) dari bank atau lembaga pembelian emas tepercaya tersebut. Kamu pun bisa memilih layanan tabungan emas digital di aplikasi jika tidak ingin pusing memikirkan penyimpanannya. 

6. Fokus Investasi untuk Tujuan Masa Depan

Konsep investasi emas adalah meningkatkan nilai asetnya pada masa depan. Jangan langsung dijual untuk keperluan saat ini apabila tidak terlalu mendesak. Kamu pun sudah menetapkan tujuan investasi, jadi berkomitmenlah pada target tersebut.

Hasil investasi emas terlihat dalam jangka waktu tahunan, minimal lima tahun. Kamu pun bisa menambah jumlah asetnya secara rutin setiap bulan atau tahunnya. Meskipun begitu, jangan lupa untuk melakukan diversifikasi ke instrumen lainnya, seperti reksa dana atau saham.

 

Kamu siap mempraktikkan cara berinvestasi emas bagi pemula di atas? Gunakan aplikasi HSB supaya kamu bisa mendapatkan notifikasi harga emas setiap saatnya. Selain emas, kamu juga bisa melakukan trading saham di aplikasi ini.

Langkah ini tentu memudahkanmu dalam melakukan diversifikasi portofolio bukan? Download aplikasi trading saham terbaik ini dan mulailah perjalanan investasimu bersama HSB.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288