Home Tips Investasi Keuangan Umum Begini Cara Analisa Pergerakan Harga Emas dan Prediksinya!

Begini Cara Analisa Pergerakan Harga Emas dan Prediksinya!

by HSB
0 comment

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat digemari oleh investor dan trader karena dapat menjadi investasi jangka panjang yang aman dari pergolakan harga di pasar. Pelajari cara analisa pergerakan harga emas agar trading yang Sobat Trader lakukan dapat memberikan peluang keuntungan. Cek selengkapnya agar kamu bisa prediksi harga emas di bawah ini.

Cara Analisa Pergerakan Harga Emas

Terdapat dua cara yang bisa Sobat Trader lakukan untuk menganalisis harga emas, yaitu menggunakan analisa teknikal dan analisa fundamental. Berikut penjelasannya:

1. Analisa Teknikal

Analisis teknikal adalah analisis yang melihat pola pergerakan grafik dan menggunakan berbagai jenis chart. Misalnya pola candlestick, chart pattern, trend line dan lainnya. Analisis ini akan melihat pergerakan harga emas melalui chart pada platform trading dan mencoba membentuk pola untuk membantu Sobat Trader prediksi harga emas.

2. Analisa Fundamental

Jika ingin menggunakan analisis fundamental, Sobat Trader harus rajin membaca berita dan informasi yang berkaitan dengan emas. Misalnya, berita tentang kenaikan tingkat suku bunga nilai tukar mata uang tinggi dan terpuruknya ekonomi di negara tertentu yang akan memengaruhi pergerakan harga emas.

Baca Juga: Memahami 5 Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

6 Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

cara analisa pergerakan harga

Setidaknya ada lima faktor yang dapat memengaruhi pergerakan harga emas di pasar. Sobat Trader dapat menjadikan lima faktor berikut ini untuk melihat potensi peningkatan atau penurunan harga beli emas. 

1. Kondisi Global

Fenomena kondisi ekonomi dan geopolitik yang terjadi seringkali memengaruhi harga emas di seluruh dunia. Misalnya, pemilihan presiden AS. Terpilihnya Biden membuat pasar bullish terhadap pemerintah AS dan mendorong nilai tukar Dolar Amerika Serikat.

Ketika nilai tukar Dolar AS mengalami kenaikan, maka memprediksi pasar cenderung memilih emas sebagai aset yang aman. Sehingga, penurunan permintaan ini menyebabkan harga emas turun.

2. Penawaran dan Permintaan Emas

Mirip dengan hukum penawaran dan permintaan emas pada umumnya, ketika permintaan emas lebih tinggi daripada penawaran, maka harganya cenderung naik. Sebaliknya, jika penawarannya lebih tinggi daripada permintaannya, maka harganya cenderung turun.

3. Kebijakan Bank Sentral

Ketidakstabilan pada perekonomian membuat bank sentral akan berpikir dua kali untuk memengaruhi harga emas, karena peran penting bank sentral dibutuhkan untuk menyimpan aset berharga seperti emas.

Baca Juga: Memahami Rumus Price To Earning Ratio untuk Menghitung Saham

4. Nilai Tukar Dolar AS

cara analisa pergerakan harga

Salah satunya penyebab pergerakan harga emas dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar Dolar AS. Sehingga hubungan keduanya berkebalikan. Jika Dolar AS menguat, maka harga emas cenderung turun yang sudah dijelaskan pada poin pertama.

5. Inflasi

Penyebab pergerakan harga emas disebabkan oleh tingginya tingkat inflasi, sehingga mempengaruhi harga emas menjadi semakin mahal. Hal tersebut dikarenakan ketika terjadi inflasi, maka nilai mata uang asing akan melemah. Dengan begitu, Investor atau trader mencari alternatif alat tukar lain yang lebih berharga seperti emas.

6. Tingkat Suku Bunga

Penyebab pergerakan harga emas dapat dilihat dari kenaikan tingkat suku bunga untuk membeli atau menjual emas fisik. Ketika tingkat suku bunga berpotensi naik maka harga emas cenderung turun. Sedangkan, jika tingkat suku bunga nilai melemah, maka harga emas cenderung naik sehingga banyak investor atau trader tertarik untuk menyimpan uang mereka di bank.

Baca Juga: 4 Tips Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah yang Kunjung Meningkat

Waktu Terbaik Membeli Emas 

Pertanyaan ini tentu saja menjadi tanda tanya yang besar untuk para investor maupun trader. Faktanya, setiap investor bisa membeli emas kapan saja. Sehingga mereka akan mempertimbangkan waktu keputusan yang tepat untuk membeli emas.

Sobat Trader dapat melihat bahwa rata-rata emas melonjak selama beberapa bulan pada awal tahun. Artinya, waktu terbaik untuk membeli emas adalah awal Januari, Maret, dan awal April, atau dari pertengahan Juni hingga awal Juli.

Jika Sobat Trader melakukan investasi emas untuk jangka panjang, jangan terlalu terburu-buru menjual emasmu.Tahanlah minimal 5 tahun kedepan, karena nilai emas akan cenderung naik dalam jangka panjang dan mendapatkan peluang untung yang maksimal.

Baca Juga: Ingin Memulai Investasi Saham? Pelajari Dahulu Seluk Beluknya!

5 Tips Investasi Emas

cara analisa pergerakan harga emas

Cobalah terapkan enam tips sederhana berikut untuk mulai melakukan investasi emas:

1. Jangka Waktu

Saat melakukan berinvestasi emas, Hal yang perlu Sobat Trader ingat adalah tujuan dan berapa lama akan berinvestasi emas. Misalnya kamu ingin berinvestasi emas untuk modal membuka bisnis dalam jangka waktu 10 tahun mendatang, maka kamu bisa menjual emasmu dalam waktu yang sudah ditentukan.

2. Gunakan Dana Cadangan

Gunakan dana cadangan yang Sobat Trader miliki. Penggunaan dana cadangan dapat membantu menghindari risiko yang akan terjadi sehingga kamu akan merasa nyaman melakukan investasi emas. Manfaat menggunakan dana cadangan sangat penting dilakukan, jika saat harga emas akan turun Sobat Trader sudah mengantisipasi risiko yang terjadi.

3. Pilih Platform Tepercaya

Sebagai pemula, sebaiknya jangan sembarangan memilih platform yang memberikan iming-iming hal mustahil apalagi tidak memiliki izin resmi dari pemerintah atau BAPPEBTI. Banyaknya broker trading emas online yang beredar tentu menjadi pertimbangan dan perbandingan tersendiri bagimu, dengan cara membandingkan keunggulan masing-masing broker mulai dari harga emas, latar belakang dan reputasi broker, hingga layanan customer service-nya. Pastikan kamu hanya menggunakan jasa broker yang aman, nyaman, dan transparan ya Sobat Trader. 

4. Konsisten

Kunci sukses agar investasi emas berjalan sesuai rencana atau target adalah selalu konsisten dengan apa yang kamu lakukan. Jika kamu tidak konsisten, maka investasi tidak berjalan dengan maksimal. kunci sukses melakukan investasi emas adalah rajin untuk mencari informasi tentang emas dan membuat rencana yang tepat.

5. Simpan Sertifikat Emas

Simpanlah sertifikat atau bukti nota transaksi kamu saat memilih berinvestasi dengan membeli emas fisik, hal ini bertujuan untuk mencegah para investor memanipulasi berat dan harga emas saat dijual kembali. Nota tersebut akan digunakan kembali saat kamu akan menjual emas sehingga simpan bukti di tempat yang aman.

Baca Juga: Menguntungkan! Yuk, Pelajari Peluang Investasi Emas Bagi Pemula

Bagaimana Prediksi Harga Emas?

Prediksi harga emas yang terus naik turun setiap harinya, tentunya berdampak terhadap investor. Karena mengetahui pergerakan emas sangat penting agar dapat memilih waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas. Sobat Trader dapat prediksi harga emas dengan rajin membaca berita di internet.

Q&A 

1. Bagaimana Cara Mengetahui Harga Emas Naik?

Kamu bisa mencari informasi dan memantau pergerakan harga emas di internet tiap harinya. Bahkan jika kamu menggunakan platform trading emas online seperti HSB Investasi, kamu akan mendapatkan fitur notifikasi harga emas terupdate setiap harinya.

2. Harga Emas Di Pengaruhi Apa?

Pergerakan harga emas sangat tergantung dari kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve atau secara informal disebut The Fed). Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Kalau The Fed menurunkan suku bunga, maka harga emas berpotensi akan naik.

3. Mengapa Harga Emas Terus Turun?

Penurunan harga emas selama beberapa bulan terakhir bisa jadi karena kenaikan indeks dollar as, yang melonjak ke level tertinggi selama 20 tahun terakhir. Federal Reserve AS (The Fed) dapat menaikkan suku bunga dalam menanggapi ancaman resesi AS.

Bagaimana Sobat Trader? Apakah kamu sudah paham bagaimana cara menganalisa pergerakan harga emas? Sekarang sudah siap dong untuk melakukan investasi emas sendiri. Pastikan kamu menganalisa lebih dalam dan mengetahui seluk beluk investasi emas sebelum mengambil keputusan.

Jangan sampai Sobat Trader mengalami kerugian akibat kurang teliti melihat situasi pasar baik di lingkup lokal maupun global. Sobat trader bisa mencoba menggunakan HSB Investasi untuk mulai berinvestasi emas online.

HSB Investasi merupakan platform trading tepercaya dan aman digunakan karena sudah mengantongi izin resmi dari BAPPEBTI. Sehingga membuat trading emas online jadi lebih aman. Yuk, investasikan emas-mu dengan mendownload aplikasinya dan segera buat akun trading secara gratis sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288