Home Tips Investasi Keuangan Umum Apa Itu Capital Gain dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Apa Itu Capital Gain dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

by HSB
0 comment

Kamu tentu sering mendengar istilah capital gain di dalam dunia investasi. Tetapi, tahukah kamu apa itu capital gain dan contohnya? Bagaimana cara menghitung capital gain?

Sebagai seorang investor, kamu perlu benar-benar memahami segala hal mengenai capital gain. Oleh karena itu, kamu dapat langsung menyimak pembahasan yang akan HSB sajikan di bawah ini.

Pada pembahasan kali ini, kamu akan mempelajari pengertian dan cara menghitung capital gain. Selain itu, kamu juga perlu memahami perbedaan antara capital gain dan dividen.

Apa Itu Capital Gain?

apa itu capital gain

Sebagai seorang investor, kamu melakukan pembelian aset investasi karena ingin mendapatkan return atau keuntungan. Istilah return ini disebut juga sebagai capital gain.

Singkatnya, capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh ketika kamu menjual aset investasi yang dimiliki. Selisih antara harga jual dengan harga beli yang menjadi total dari capital gain yang kamu dapatkan.

Capital gain memiliki hasil selisih yang positif. Artinya, harga penjualan berada di atas harga pembelian. Contohnya, kamu membeli saham seharga Rp5.000 per lembar. Kemudian saham tersebut dijual di angka Rp10.000 per lembar.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Dividen Saham yang Selalu Ditunggu Investor

Capital gain yang kamu dapatkan dari selisih di atas adalah Rp5.000. Lalu, bagaimana jika harga jual dan harga beli berada di posisi sebaliknya yaitu harga jual lebih rendah dari harga belinya?

Kondisi seperti itu disebut dengan capital loss. Capital loss dapat terjadi di segala jenis instrumen investasi dan hal ini sangat wajar dialami oleh para investor. Namun, tentu saja sebisa mungkin kamu perlu meminimalisir terjadinya loss.

Capital gain memiliki dua jenis yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Kedua jenis tersebut ialah capital gain jangka pendek dan capital gain jangka panjang.

Jangka waktu yang menentukan perbedaan antara capital gain jangka pendek dan panjang adalah 36 bulan. Apabila aset investasi yang kamu miliki dijual dalam waktu kurang dari 36 bulan, maka capital gain yang didapatkan masuk ke dalam jenis capital gain jangka pendek.

Capital gain jangka panjang memiliki waktu penjualan aset lebih dari 36 bulan. Jadi, kamu akan menahan aset investasi yang dimiliki selama lebih dari 36 bulan.

Dari jenisnya, kamu dapat menyesuaikan dengan tujuan investasi yang dibutuhkan. Apakah kamu membutuhkan investasi jangka panjang atau jangka pendek? Capital gain yang kamu dapatkan ingin digunakan untuk hal apa nantinya?

Sebelum menentukan capital gain yang ingin didapatkan, maka kamu perlu menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi yang ingin dilakukan. Baru setelahnya kamu dapat menentukan besaran capital gain yang akan diperoleh.

Baca juga: Penting! Ini Dia Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Cara Menghitung Capital Gain

Cara Menghitung Capital Gain

Proses perhitungan capital gain sangatlah mudah, selama kamu mengetahui rumusnya. Kamu dapat menggunakan rumus berikut ini, yaitu:

Capital Gain = (Harga Jual x Jumlah Aset) – (Harga Beli x Jumlah Aset)

 

Contoh penerapan rumusnya seperti ini:

Kamu membeli 200 lembar saham dengan harga Rp1.000 per lembarnya. Selang beberapa waktu kemudian, kamu menjual saham tersebut dengan harga Rp2.000 per lembar. Dari contoh soal ini, kamu dapat langsung menggunakan rumus di atas.

  • Capital Gain = (Harga Jual x Jumlah Aset) – (Harga Beli x Jumlah Aset)
  • Capital Gain = (2.000 x 200) – (1.000 x 200)
  • Capital Gain = 400.000 – 200.000
  • Capital Gain = 200.000

 

Hasil dari perhitungan di atas menyatakan bahwa kamu mendapatkan capital gain sebesar Rp200.000. Mudah sekali bukan cara untuk menghitung capital gain?

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Dividen dengan Benar

3. Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Banyak yang beranggapan bahwa capital gain dan dividen merupakan dua hal yang sama. Memang keduanya sama-sama memberikan keuntungan bagi investor, namun keuntungan yang didapat berbeda.

Apa yang dimaksud dengan capital gain dan dividen? Berikut ini 3 perbedaannya:

  • Investor mendapatkan keuntungan capital gain melalui penjualan aset investasi. Sedangkan dividen merupakan keuntungan dalam bentuk emiten yang diberikan oleh perusahaan kepada investor.
  • Besaran pajak capital gain tidak menentu karena dilihat dari besarnya keuntungan yang kamu peroleh. Sebaliknya, dividen sudah memiliki tarif pajak khusus sebesar 10%.
  • Keuntungan capital gain yang diterima investor tidak pasti karena mengikuti pergerakan harga pasar. Di sisi lain, dividen memberikan emiten sesuai dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan dan besarnya kepemilikan aset yang dimiliki investor.

 

Sekian informasi yang perlu kamu pahami mengenai apa itu capital gain dan juga cara menghitungnya. Kamu juga sudah memahami perbedaan antara capital gain dan dividen.

Untuk mencegah terjadinya loss saat berinvestasi, kamu perlu mempelajari pola pergerakan pasar. Melalui pola tersebut, kamu dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan aset atau pembelian aset.

Ketika harga pasar berada di posisi bawah, kamu dapat melakukan pembelian aset agar bisa mendapatkan return ketika harganya mengalami peningkatan. Sebaliknya, kamu dapat melakukan penjualan aset saat harganya mencapai titik yang lebih tinggi dibandingkan harga beli.

Kamu perlu memantau pergerakan pasar secara realtime. Maka itu, kamu bisa menggunakan aplikasi HSB yang menyajikan data pergerakan pasar investasi dan trading secara up-to-date.

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI sehingga kami dapat menyajikan data dengan cepat dan akurat. Kamu tentu dapat memercayai informasi yang kami sediakan untuk seluruh pengguna aplikasi HSB.

Aplikasi HSB juga menyediakan layanan informasi trading saham bagi kamu yang tertarik untuk melakukan trading. Silakan download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288