Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Sat set-nya Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) baru saja mencatatkan prestasi luar biasa dengan memecahkan Rekor MURI, setelah berhasil mencapai kecepatan 350 kilometer per jam dalam uji coba. Kecepatan ini jauh melampaui kecepatan kereta api reguler di Indonesia yang biasanya mencapai 120 kilometer per jam. KCJB akan beroperasi di lintasan sepanjang 142,3 kilometer, dan kecepatan ini merupakan puncak yang akan dioperasikan nantinya.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, menyatakan bahwa kecepatan ini menunjukkan adanya kemajuan teknologi transportasi di Indonesia, terutama dalam sektor pekeretaapian. Ia berharap dengan adanya KCJB, masyarakat akan lebih tertarik untuk beralih ke transportasi publik, khususnya di wilayah Jakarta dan Bandung.

Uji Kelayakan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Uji Kelayakan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Selama pengujian, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung terbukti beroperasi dengan lancar, aman, dan terkendali. Dwiyana mengatakan bahwa ini menunjukkan persiapan operasi KCJB berada di jalur yang tepat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyatakan bahwa pengujian berjalan baik, dan merasa terkesan dengan kualitas kereta, termasuk kekedapan suaranya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menekankan pentingnya aspek keselamatan dalam operasi kereta cepat ini. Menhub juga menyatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan izin operasi paling lambat pada 1 Oktober 2023, tetapi berpotensi lebih cepat pada 18 Agustus. Selain itu, ia juga menyebut bahwa pihaknya sedang menyiapkan regulasi terkait kereta cepat.

Dalam uji coba tersebut, kereta cepat mampu menempuh jarak dari Stasiun Halim ke Padalarang dalam waktu 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali ke Halim dalam 44 menit dengan kecepatan 350 km/jam.

Menariknya, Luhut juga menyebut bahwa pemerintah akan melakukan studi untuk perpanjangan jalur Kereta Api Cepat dari Bandung hingga Surabaya. Pengalaman yang didapat dalam pembangunan KCJB diharapkan akan menghasilkan efisiensi dan inovasi baru, terutama melalui penggunaan material lokal.

banner blog 17 pasang forex dan tombol download app

GRATIS Kereta Cepat Jakarta Bandung Selama 3 Bulan

Sebagai bentuk apresiasi dan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Pemerintah akan menyediakan layanan KCJB secara gratis selama tiga bulan pertama operasionalnya. Hal ini diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui akun Instagramnya. Periode gratis ini akan dimulai pada tanggal 18 Agustus hingga Oktober 2023.

Ridwan Kamil juga menyebut bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah menyetujui gagasan ini. Dalam unggahannya, Ridwan Kamil menjelaskan pengalamannya ketika mencoba KCJB, di mana kecepatan kereta mencapai 354 kilometer per jam dalam perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, menuju Stasiun Tegalluar, Bandung. Ia menyebut perjalanan dari Halim ke Padalarang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Selain itu, Gubernur Ridwan Kamil juga menyampaikan harapannya agar proses pengujian berjalan lancar sehingga infrastruktur transportasi ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat. Ia juga mengungkapkan bahwa tahap kedua dari proyek ini akan mencakup jalur Bandung-Kertajati-Yogyakarta-Solo-Surabaya dan studi kelayakan untuk ekspansi ini telah disepakati untuk segera dilakukan.

Manfaat KCJB bagi Perekonomian dan Investasi

Manfaat KCJB bagi Perekonomian dan Investasi

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sebagai salah satu infrastruktur transportasi modern di Indonesia, memiliki berbagai manfaat dari segi ekonomi dan investasi:

1. Peningkatan Efisiensi Waktu Perjalanan

Dengan kecepatan yang signifikan lebih tinggi dibandingkan kereta konvensional, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memungkinkan perjalanan antara dua kota ini menjadi lebih cepat. Ini dapat meningkatkan produktivitas bagi individu dan bisnis karena waktu yang dihemat dapat digunakan untuk aktivitas ekonomi lainnya.

2. Stimulasi Perekonomian Lokal

Pembangunan dan operasi Kereta Cepat akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar stasiun. Hal ini mencakup peningkatan peluang kerja, pertumbuhan bisnis lokal, dan peningkatan pendapatan masyarakat.

3. Peningkatan Investasi

Adanya infrastruktur transportasi yang cepat dan modern seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa menarik minat investor untuk menanamkan modal di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta dan Bandung. Ini juga dapat meningkatkan investasi di sektor properti, pariwisata, dan industri lainnya yang terkait.

Pembangunan kereta cepat mungkin melibatkan investasi langsung dari entitas swasta atau asing. Dengan terlibat dalam proyek tersebut, mereka mungkin juga terlibat dalam proyek-proyek infrastruktur lainnya di wilayah tersebut. Ketersediaan transportasi yang cepat dan efisien dapat meningkatkan nilai properti di sekitar stasiun kereta dan jalur kereta. Hal ini dapat menarik pengembang properti dan investor untuk berinvestasi dalam proyek-proyek real estat seperti perumahan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

4. Meningkatkan Mobilitas Tenaga Kerja

Dengan akses yang lebih cepat antar kota, mobilitas tenaga kerja akan meningkat. Hal ini memungkinkan pekerja untuk bekerja di satu kota sambil tinggal di kota lain, sehingga memperluas cakupan pasar tenaga kerja.

5. Perluasan Pasar dan Peluang Bisnis

Untuk bisnis yang beroperasi di Jakarta dan Bandung, kereta cepat ini akan memudahkan ekspansi pasar dan memperluas jangkauan konsumen. Perusahaan juga dapat memanfaatkan kereta cepat ini untuk mengoptimalkan rantai pasokan mereka.

Proyek kereta cepat ini juga akan menyebabkan pembangunan infrastruktur pendukung

6. Pembangunan Infrastruktur Terkait 

Proyek kereta cepat ini juga akan menyebabkan pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan, dan fasilitas lainnya yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

7. Peningkatan Pariwisata

Dengan adanya Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pariwisata di kedua kota ini dan sekitarnya akan mendapat manfaat. Perjalanan yang lebih cepat dan nyaman dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kedua kota.

8. Transfer Teknologi dan Peningkatan Keterampilan

Proyek ini juga menyertakan transfer teknologi dari negara-negara yang sudah maju dalam teknologi kereta cepat. Ini akan meningkatkan kapabilitas teknis lokal dan mendorong pengembangan keterampilan di antara angkatan kerja.

9. Pengurangan Kemacetan Lalu Lintas

Dengan mengalihkan sebagian perjalanan dari jalan raya ke kereta cepat, ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya antara Jakarta dan Bandung, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya ekonomi akibat kemacetan.

10. Dampak Lingkungan yang Positif

Meskipun ini bukan secara langsung terkait dengan ekonomi, pengurangan emisi gas rumah kaca dari penggunaan kendaraan pribadi akan memiliki dampak jangka panjang pada kualitas hidup dan dapat mendukung keberlanjutan ekonomi.

Secara keseluruhan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki potensi untuk memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap perekonomian dan investasi di wilayah tersebut.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kereta cepat dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di sekitar Jakarta dan Bandung. Peningkatan ini mungkin tercermin dalam kinerja perusahaan lokal, yang kemudian dapat menyebabkan harga saham perusahaan tersebut naik. Sebagai trader saham, ini adalah peluang untuk meraih profit dengan membeli saham dari perusahaan yang diharapkan akan mendapatkan keuntungan dari infrastruktur baru ini.

Jika kamu adalah seorang trader saham pemula, kamu bisa mulai terjuk ke dunia trading dengan mendownload aplikasi HSB Investasi yang memiliki tampilan ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik