Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
DUH! Izin Asuransi Kresna Life Resmi Dicabut OJK!

Aksi panggungnya telah selesai, tabir pun tertutup – PT Asuransi Jiwa Kresna atau yang akrab disapa Kresna Life harus mengakhiri petualangan bisnisnya di kancah industri asuransi jiwa. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tegas mencabut izin usaha perusahaan ini. Pintu gerbang keberlangsungan bisnis pun terkunci rapat. Lalu apa saja alasan OJK resmi mencabut izin Kresna Life dan dampaknya bagi nasabah?

Alasan Pencabutan Izin Kresna Life

Alasan Pencabutan Izin Kresna Life

Ogi Prastomiyono, sang Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, berujar bahwa pihaknya bukanlah tukang gusar yang seenaknya mencabut izin. Ada segudang pertimbangan yang merenggut izin usaha Kresna Life akibat kasus gagal bayarnya. Dia menyatakan, "Kresna Life menyerupai kapal yang sedang tenggelam, rasio solvabilitasnya tidak memenuhi batas minimum yang disyaratkan. Mereka juga gagal menambal lubang defisit keuangan mereka."

OJK sebelumnya telah memberikan jangkar keselamatan berupa waktu kepada Kresna Life untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan. Namun, sayangnya, upaya Kresna Life seperti mencoba menambal bocor di kapal dengan selotip. Ternyata, mereka tak mampu menunjukkan komitmen penambahan modal dari pemegang saham.

Ogi menyatakan, "Kami telah melaksanakan tugas kami sebagai pelindung konsumen. OJK telah beberapa kali memfasilitasi pengaduan konsumen dan memberikan edukasi kepada pemegang polis tentang konversi kewajiban menjadi pinjaman subordinasi. Tindakan ini kami lakukan demi melindungi kepentingan masyarakat.”

Ogi menggarisbawahi pentingnya langkah ini, dan menegaskan bahwa Kresna Life harus berhenti beroperasi serta segera menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham untuk membubarkan badan hukum dan membentuk Tim Likuidasi dalam kurun waktu 30 hari.

OJK mencabut izin usaha Kresna Life berdasarkan beberapa alasan:

1. Rasio Solvabilitas Tidak Memenuhi Ketentuan 

Kresna Life gagal memenuhi batas minimum rasio solvabilitas atau risk-based capital yang ditetapkan oleh regulasi yang berlaku. Rasio Solvabilitas, yang juga dikenal sebagai Risk-Based Capital (RBC) ratio dalam industri asuransi, adalah ukuran yang digunakan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya jangka panjang. Dengan kata lain, rasio ini menunjukkan sejauh mana aset perusahaan mencukupi untuk menutupi semua kewajibannya.

Dalam konteks perusahaan asuransi, Rasio Solvabilitas sangat penting karena menunjukkan apakah perusahaan memiliki cukup modal untuk menutupi risiko yang diasumsikan melalui polis asuransi yang dikeluarkan. Perusahaan asuransi harus memiliki Rasio Solvabilitas yang cukup tinggi untuk memastikan bahwa mereka bisa memenuhi klaim dari nasabah jika terjadi peristiwa yang diasuransikan.

2. Kegagalan Menutup Defisit Keuangan

Kresna Life tidak mampu menutup defisit keuangan, yakni selisih antara kewajiban dan aset, melalui setoran modal oleh pemegang saham pengendali atau dengan mengundang investor. Defisit keuangan terjadi ketika nilai total kewajiban perusahaan melebihi nilai total asetnya. 

Dalam konteks perusahaan asuransi, kewajiban bisa berupa klaim yang harus dibayar kepada pemegang polis, sedangkan aset bisa berupa investasi, uang tunai, dan aset lainnya yang dimiliki oleh perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki cukup aset untuk memenuhi kewajibannya, ini bisa menjadi isyarat bahwa perusahaan tersebut berada dalam masalah keuangan.

3. Kurangnya Komitmen Pemegang Saham

Meskipun OJK telah memberikan waktu yang cukup kepada Kresna Life untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan, Kresna Life tidak mampu menunjukkan komitmen yang cukup dari pemegang saham dalam bentuk penambahan modal.

OJK memiliki kewajiban untuk melindungi kepentingan konsumen, pemegang polis, dan tertanggung

4. Perlindungan Kepentingan Konsumen

Sebagai lembaga pengawas, OJK memiliki kewajiban untuk melindungi kepentingan konsumen, pemegang polis, dan tertanggung. Dengan kondisi keuangan Kresna Life yang tidak stabil, OJK mengambil langkah ini untuk melindungi kepentingan para pemegang polis dan masyarakat luas.

Dalam proses ini, OJK bertindak berdasarkan hukum dan regulasi yang berlaku, dan mencabut izin usaha sebagai langkah yang dianggap perlu untuk melindungi pemegang polis dan masyarakat.

Dampak Pencabutan Izin bagi Nasabah Kresna Life

Pencabutan izin usaha Kresna Life bisa membawa dampak buruk bagi nasabah asuransinya, antara lain:

1. Ketidakpastian Klaim Asuransi

Nasabah yang memiliki polis asuransi mungkin akan menghadapi ketidakpastian dalam proses klaim asuransi. Proses klaim mungkin terhambat atau bahkan tidak dapat diproses sama sekali karena perusahaan tidak lagi beroperasi.

2. Kehilangan Investasi

Bagi nasabah yang membeli produk asuransi sebagai bentuk investasi, pencabutan izin ini dapat menyebabkan kehilangan dana yang telah diinvestasikan.

3. Kesulitan dalam Komunikasi dan Layanan Pelanggan

Nasabah mungkin mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan Kresna Life setelah pencabutan izin, yang berarti mereka mungkin tidak akan mendapatkan informasi yang jelas tentang status polis dan cara mengambil langkah selanjutnya.

Dampak Pencabutan Izin bagi Nasabah Kresna Life

4. Proses Hukum yang Panjang dan Mahal

Dalam beberapa kasus, nasabah mungkin perlu mengambil jalur hukum untuk menuntut hak mereka. Namun, proses hukum bisa menjadi panjang, rumit, dan mahal, yang bisa menjadi beban tambahan bagi nasabah.

5. Kehilangan Kepercayaan Terhadap Industri Asuransi

Pencabutan izin usaha Kresna Life juga dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan publik terhadap industri asuransi secara keseluruhan. Nasabah mungkin akan lebih berhati-hati dan skeptis terhadap perusahaan asuransi lainnya.

6. Kesulitan Dalam Merencanakan Perlindungan Finansial

Bagi nasabah yang mengandalkan asuransi sebagai bagian dari perencanaan keuangan dan perlindungan, pencabutan izin ini bisa menyebabkan kesulitan dalam merencanakan dan mengelola keuangan mereka dengan efektif.

Meskipun ada dampak buruk ini, penting juga untuk mencatat bahwa OJK biasanya akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi kepentingan nasabah dalam kasus pencabutan izin usaha perusahaan asuransi. Ini mungkin termasuk pembentukan tim likuidasi yang bertugas melakukan pemberesan harta dan penyelesaian kewajiban, termasuk kewajiban terhadap pemegang polis.

banner blog bertuliskan buka akun demo, dana virtual $100.000

 

Bagi para pemegang polis yang merasa seperti ditelan bumi, ada kabar baik. Kamu masih bisa menghubungi manajemen Kresna Life untuk pelayanan konsumen sampai Tim Likuidasi terbentuk. Tim ini akan bertugas mengurus pemberesan harta dan penyelesaian kewajiban, termasuk kepada para pemegang polis.

Kasus gagal bayar yang menimpa kresna life dapat menjadi pembelajaran bagi kamu Sobat Trader yang memilih berinvestasi dengan instrumen saham. Penting bagimu untuk mengenal lebih dalam tentang laporan keruangan Year Over Year perusahaan emiten dan memperhitungkan risiko jangka pendek, menengah, hingga jangka panjangnya sebelum memutuskan untuk melakukn trading dengan instrumen saham tersebut.

Akan tetapi, jJika kamu sudah memahami potensi profit, potensi risiko, dan mantap ingin segera meraih peluang profit trading saham, Indeks, forex, atau trading komoditas, kamu para trader pemula bisa mendownload aplikasi HSB Investasi dengan tampilan yang ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik