Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Joe Granville: Legenda Analisis Teknikal dan Warisannya bagi Trader Modern

Dalam dunia trading dan analisis teknikal, beberapa nama muncul sebagai legenda karena kontribusi mereka yang signifikan terhadap cara kita memahami dan merespons pasar. Salah satu tokoh tersebut adalah Joe Granville. 

Dikenal karena kecerdasan dan pendekatannya yang inovatif dalam analisis pasar saham, Granville telah meninggalkan jejak yang tidak terhapuskan. Mari kita jelajahi kehidupan awal dan karir, serta asal usul metode analisis teknikal yang dia kembangkan.

Asal-usul metode Joe Granville

Siapa Joe Granville?

Joe Granville lahir pada awal abad ke-20 dan memulai kariernya di dunia keuangan sebagai seorang broker saham. Namun, ia cepat menyadari bahwa minat sejatinya terletak pada analisis pasar. Dengan latar belakang yang kuat dalam matematika dan statistik, Granville mulai mengembangkan teori dan tekniknya sendiri untuk menganalisis pasar saham, yang pada akhirnya membuahkan hasil signifikan baik bagi dirinya maupun bagi pengikut metodenya.

Granville dikenal karena kemampuannya untuk memprediksi pergerakan pasar dengan akurasi yang tinggi, berkat pendekatan analitis yang dia terapkan. Salah satu momen paling terkenal dalam karirnya adalah ketika dia memprediksi crash pasar saham pada awal tahun 1970-an, yang memperkuat reputasinya sebagai analis pasar yang tajam.

Asal Usul Metode Granville

Metode Granville dikembangkan melalui tahun-tahun penelitian dan pengamatan pasar yang ekstensif. Granville memfokuskan perhatiannya pada volume perdagangan sebagai indikator utama pergerakan harga saham. Dia adalah salah satu analis pertama yang menekankan pentingnya volume dalam menentukan kekuatan atau kelemahan tren pasar.

Salah satu konsep utama yang dia perkenalkan adalah teori "On-Balance Volume" (OBV). OBV adalah sebuah metode yang menggunakan volume perdagangan untuk memprediksi pergerakan harga saham. Menurut Granville, jika volume meningkat saat harga saham naik, itu menunjukkan akumulasi, sedangkan peningkatan volume saat harga saham turun menunjukkan distribusi. 

OBV menjadi sangat populer di kalangan trader dan analis karena kemudahannya dalam membantu memahami momentum pasar dan mendukung pengambilan keputusan dalam trading.

Joe Granville juga dikenal karena surat berita keuangannya, yang menjadi salah satu publikasi paling berpengaruh di dunia keuangan. Melalui surat berita ini, dia tidak hanya membagikan prediksi dan analisis pasar tetapi juga mengembangkan berbagai indikator teknikal lainnya yang masih digunakan hingga hari ini.

Joe Granville dan analisa teknikal

Prinsip Dasar Analisis Granville

Joe Granville adalah seorang pionir dalam penggunaan volume perdagangan sebagai alat analisis utama dalam prediksi pergerakan pasar. Dengan mengembangkan Indikator On-Balance Volume (OBV) dan merumuskan serangkaian aturan trading, Granville membantu para trader dan investor untuk memahami lebih dalam tentang kekuatan di balik pergerakan harga saham. Mari kita telusuri konsep OBV dan aturan trading Granville lebih lanjut.

Indikator On-Balance Volume (OBV)

On-Balance Volume (OBV) adalah indikator yang dirancang untuk menunjukkan momentum pasar dengan mengukur volume perdagangan untuk menganalisis hubungan antara harga saham dan volume. Konsep dasar di balik OBV adalah bahwa perubahan volume perdagangan dapat menjadi pendahulu perubahan harga saham. Cara kerjanya cukup sederhana:

  • Jika harga saham ditutup lebih tinggi dari hari sebelumnya, maka volume hari tersebut ditambahkan ke OBV total.
  • Jika harga saham ditutup lebih rendah dari hari sebelumnya, maka volume hari tersebut dikurangi dari OBV total.
  • Jika harga saham tidak berubah, volume tidak dihitung dalam OBV.

Granville menggunakannya untuk memprediksi pergerakan pasar dengan memperhatikan divergensi antara OBV dan harga saham. Misalnya, jika OBV naik sementara harga saham tetap stabil atau turun, ini dapat diinterpretasikan sebagai sinyal bahwa tekanan beli meningkat dan harga saham kemungkinan akan naik. 

Sebaliknya, jika OBV menurun sementara harga saham stabil atau naik, ini bisa menunjukkan tekanan jual yang meningkat, yang bisa menjadi sinyal penurunan harga saham yang akan datang.

Aturan-aturan Trading Granville

Granville juga mengembangkan serangkaian aturan trading berdasarkan pengamatan dan analisisnya terhadap pasar. Beberapa aturan utama yang dia kemukakan termasuk:

  1. Mengikuti OBV: Jika OBV naik, itu dianggap sebagai konfirmasi dari tren naik pada harga saham dan sebaliknya. Trader disarankan untuk "membeli pada OBV naik" dan "menjual pada OBV turun."
  2. Menggunakan MA (Moving Average) OBV: Sebuah moving average dari OBV dapat digunakan untuk menghaluskan fluktuasi jangka pendek dan membantu mengidentifikasi tren OBV yang lebih besar.
  3. Mencari Divergensi: Divergensi antara OBV dan harga saham dapat menjadi indikator awal dari pembalikan tren. Sebagai contoh, sebuah divergensi bullish terjadi ketika OBV membuat higher lows sementara harga saham membuat lower lows.
  4. Volume Puncak: Volume yang sangat tinggi tanpa perubahan signifikan dalam harga saham dapat menunjukkan titik balik pasar.

Sobat Trader, penerapan aturan-aturan trading Granville dalam trading modern dapat memberikan wawasan tambahan dan membantu dalam mengidentifikasi potensi peluang dan risiko. Mengintegrasikan OBV dan prinsip-prinsip analisis Granville dengan alat dan metode analisis lainnya dapat meningkatkan kemampuan prediksi dan pengambilan keputusan trading kita. Namun, seperti semua alat analisis, penting untuk menggunakan OBV dan aturan Granville sebagai bagian dari pendekatan trading yang lebih luas, yang juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti tren pasar, analisis fundamental, dan manajemen risiko.

Kontroversi Joe Granville

Kepopuleran dan Kontroversi

Joe Granville merupakan sosok yang polarisasi dalam dunia keuangan, dikenal baik karena keakuratan prediksinya maupun kesalahan prediksi yang spektakuler. Namanya menjadi sinonim dengan analisis teknikal dan dia memiliki pengikut setia serta kritikus yang skeptis. Mari kita telusuri beberapa prediksi pasar saham yang paling terkenal dari Granville, mencakup momen ketika dia benar-benar mengubah pandangan pasar dan saat dia salah.

Prediksi Crash 1973-1974

Salah satu momen paling terkenal dalam karir Granville terjadi ketika dia memprediksi crash pasar saham pada tahun 1973-1974. Dia memperingatkan pelanggannya untuk menjual saham mereka sebelum pasar benar-benar jatuh, berdasarkan analisis volumenya yang menunjukkan bahwa pasar kehilangan momentum. Prediksi ini sangat akurat dan mengkonsolidasikan reputasinya sebagai seorang analis pasar yang tajam. Banyak yang mengikuti nasihatnya berhasil menghindari kerugian besar, dan ini membantu mempopulerkan metode analisisnya.

Prediksi Bull Market 1982

Granville juga dikenal karena memprediksi awal dari bull market pada awal 1980-an. Prediksinya yang optimis tentang pasar pada saat itu bertentangan dengan sentimen umum di kalangan analis dan investor. Namun, pasar memang bergerak sesuai dengan prediksinya, memberikan kredibilitas lebih kepada metodologinya dan memperkuat posisinya sebagai guru investasi bagi banyak orang.

Kesalahan Prediksi

Meskipun Joe Granville membuat beberapa prediksi pasar yang sangat akurat, dia juga membuat kesalahan prediksi yang signifikan. Misalnya, pada awal 1980-an, dia memprediksi bahwa Dow Jones Industrial Average akan jatuh ke 500 poin, sebuah prediksi yang tidak pernah terwujud. Kesalahan prediksi ini menimbulkan kritik dan kontroversi, menunjukkan bahwa metodenya tidak sempurna.

Pengaruh Pasar

Uniknya, Granville terkadang memiliki pengaruh yang cukup besar sehingga prediksinya sendiri bisa memicu pergerakan pasar, sebuah fenomena yang menunjukkan betapa dihargainya pendapatnya di kalangan investor pada masa itu. Namun, hal ini juga menimbulkan debat tentang pengaruh analis pasar pada dinamika pasar itu sendiri.

Sobat Trader, karir Joe Granville mengajarkan kita bahwa meskipun analisis teknikal dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku pasar, tidak ada metode yang bisa secara akurat memprediksi pergerakan pasar setiap waktu. 

Penting bagi trader untuk menggunakan berbagai alat dan pendekatan dalam analisis mereka, serta mempertahankan disiplin manajemen risiko yang ketat. Kisah Granville menegaskan pentingnya kerendahan hati dalam trading, mengingatkan kita bahwa pasar selalu memiliki potensi untuk mengejutkan, bahkan analis paling terkenal sekalipun.

Trading secara gratis dan tanpa deposit bersama hsb investasi

Trading Instrumen Keuangan Tanpa Risiko

Terinspirasi oleh Joe Granville, legenda analisis teknikal yang karyanya masih berdampak pada trader modern? Sekarang giliranmu untuk memulai atau meningkatkan perjalanan tradingmu. Awali dengan membuka akun demo trading di HSB, di mana kamu akan diberi kesempatan langka dengan dana virtual gratis hingga $100.000. 

Ini memberimu ruang untuk belajar trading di pasar keuangan nyata tanpa menghadapi risiko finansial, memungkinkanmu untuk mengasah kemampuan dan menyusun strategi tradingmu berdasarkan analisis teknikal.

Setelah Sobat Trader merasa siap untuk tantangan yang lebih besar, lanjutkan ke tahap berikutnya dengan membuka akun live trading di HSB hanya melalui tiga langkah mudah:

  1. Mulailah dengan mengisi dan melengkapi informasi pribadimu saat mendaftar,
  2. Lanjutkan dengan menyelesaikan verifikasi identitas kamu melalui proses KYC, dan
  3. Akhiri dengan melakukan deposit trading pada akun resmi HSB.

Sobat Trader, biarkan warisan Joe Granville menginspirasimu dalam setiap transaksi trading. Bersama HSB, kamu tidak hanya mendapatkan akses ke peralatan trading yang canggih, tetapi juga dukungan lengkap untuk membantu kamu mencapai target tradingmu. Jadi, tunggu apa lagi? Buka akunmu sekarang dan mulailah membangun cerita sukses tradingmu dengan penuh keyakinan dan dukungan terbaik dari kami.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik