Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Keputusan Penting Howard Schultz dalam Ekspansi Starbucks

Dalam lanskap bisnis franchise yang penuh tantangan, Howard Schultz muncul sebagai tokoh kunci yang mengubah wajah industri kopi global. Schultz memainkan peran utama dalam memimpin Starbucks, merek kopi ternama, melalui serangkaian transformasi yang mengagumkan. 

Sebagai seorang pemimpin, Schultz tidak hanya fokus pada bisnis franchise sukses, tetapi juga memahami nilai-nilai budaya dan pentingnya keterlibatan dengan karyawan dan pelanggan. Artikel ini akan merinci peran Schultz dalam pertumbuhan Starbucks, inovasinya yang mencengangkan, serta pandangannya tentang kepemimpinan yang holistik.

Biografi Howard Schultz

Howard Schultz adalah seorang pengusaha Amerika yang lahir pada 19 Juli 1953 di Brooklyn, New York. Dia dikenal sebagai pemimpin perusahaan kopi terkenal, Starbucks, yang berhasil diubahnya menjadi jaringan kedai kopi global. Schultz memulai kariernya di Starbucks pada tahun 1982 dan memiliki visi untuk mengubah operasi regional kecil menjadi jaringan kedai kopi nasional. 

Pada tahun 1985, dia mendirikan Il Giornale, sebuah perusahaan kopi, dan kemudian membeli Starbucks pada tahun 1987. Di bawah kepemimpinan Schultz, Starbucks berkembang pesat, mengalami ekspansi global, dan menjadi salah satu merek kopi paling terkenal di dunia. Meskipun dia beberapa kali mengundurkan diri dari jabatan CEO, Schultz tetap aktif di perusahaan dan pada tahun 2022, kembali sebagai CEO sementara.

Howard Schultz juga terlibat dalam kepemilikan mayoritas tim NBA, Seattle SuperSonics, dari tahun 2001 hingga 2006. Pada tahun 2019, dia menarik perhatian media dengan mengumumkan potensi pencalonan sebagai presiden Amerika Serikat sebagai calon independen, meskipun kemudian memutuskan untuk tidak ikut dalam perlombaan tersebut. 

Selain bisnis dan karir politik yang singkat, Schultz juga dikenal sebagai penulis dengan buku berjudul "Onward: Bagaimana Starbucks Berjuang untuk Hidupnya Tanpa Kehilangan Jiwanya," yang ia tulis bersama Joanne Gordon, membagikan pengalaman kepemimpinannya dan perjalanan Starbucks melalui masa-masa sulit.

peran schultz dalam transformasi starbucks

Peran Schultz Dalam Transformasi Pertumbuhan Starbucks

Peran Howard Schultz dalam Transformasi Pertumbuhan Starbucks:

1. Visi Global

Schultz membawa visi global ke Starbucks dengan menginginkan transformasi dari prinsip ekonomi operasi regional kecil menjadi jaringan kedai kopi nasional dan internasional.

Baca Juga:  5 Langkah Sukses Trading Menurut Balaji Srinivasan

2. Pendirian Il Giornale

Pada tahun 1985, Schultz mendirikan Il Giornale setelah meninggalkan Starbucks, memulai perjalanannya sendiri yang sukses dalam industri kopi.

3. Akuisisi Kembali Starbucks

Dengan cepat membeli kembali Starbucks pada tahun 1987, Schultz membawa visinya ke perusahaan, memperkenalkan konsep kedai kopi sebagai tempat sosial yang nyaman.

4. Ekspansi Global yang Cepat

Schultz memimpin ekspansi Starbucks dari kurang dari 20 toko menjadi lebih dari 100 dalam empat tahun, membawa Starbucks menjadi jaringan kedai kopi terbesar di dunia.

5. Merek Budaya Kopi

Dengan memosisikan Starbucks sebagai merek budaya kopi, Schultz menciptakan keunggulan strategis yang mengubah persepsi masyarakat terhadap kopi.

6. Inovasi dan Kreativitas

Schultz terus mendorong inovasi di dalam perusahaan, membawa perubahan penawaran menu, dan memperkenalkan konsep toko kopi sebagai "tempat ketiga" di luar rumah dan tempat kerja.

7. Pemimpin saat Bangkrut

Meskipun mengundurkan diri sebagai CEO beberapa kali, Schultz tetap menjadi sosok kunci dalam menghadapi tantangan perusahaan, terutama pada periode kebangkrutan tahun 2007-2008.

8. Peran Kepemimpinan Berkelanjutan

Schultz terus memainkan peran vital dalam perusahaan meskipun mengundurkan diri, memberikan arahan strategis dan kreativitas untuk mengatasi tantangan dan memimpin Starbucks menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.

pandangan tentang kepempipinan ala howard schultz

Pandangan Tentang Kepemimpinan Howard Schultz

Pandangan tentang kepemimpinan Howard Schultz dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Inovatif dan Visioner

Schultz dikenal sebagai pemimpin yang inovatif dan visioner. Visinya untuk mengubah Starbucks dari operasi lokal menjadi jaringan kedai kopi global menunjukkan ketajamannya dalam melihat peluang dan menggambarkan tujuannya yang besar untuk perusahaan.

2. Pentingnya Merek dan Budaya

Salah satu aspek utama pandangan kepemimpinan Schultz adalah penekanannya pada pentingnya merek dan budaya perusahaan. Ia berhasil menjadikan Starbucks bukan hanya tempat untuk membeli kopi, tetapi juga sebagai pengalaman budaya yang melibatkan pelanggan.

Baca Juga:  Kepemimpinan Kuat Lloyd Blankenfein di Goldman Sachs

3. Keberanian untuk Mengambil Risiko

Schultz tidak ragu-ragu untuk mengambil risiko. Mendirikan Il Giornale dan kemudian membeli kembali Starbucks adalah bukti nyata dari keberaniannya untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko besar untuk meraih sukses.

4. Kemampuan untuk Bangkit dari Kegagalan

Meskipun mengalami kebangkrutan pada tahun 2007, Schultz menunjukkan kepemimpinan yang kuat dengan kembali ke perusahaan dan mengimplementasikan perubahan yang berhasil memulihkan Starbucks secara finansial, menunjukkan kemampuannya untuk bangkit dari kegagalan.

5. Engagement dengan Karyawan

Schultz dikenal sebagai pemimpin yang terlibat secara langsung dengan karyawan. Ia memahami pentingnya motivasi dan keterlibatan karyawan dalam mencapai kesuksesan perusahaan.

6. Fokus pada Pelanggan dan Pengalaman

Schultz selalu menekankan pentingnya memberikan pengalaman positif kepada pelanggan. Strateginya untuk menciptakan "tempat ketiga" di luar rumah dan tempat kerja menunjukkan fokusnya pada kepuasan pelanggan.

7. Pemimpin dengan Daya Tarik Pribadi

Schultz memiliki daya tarik pribadi yang kuat, baik terhadap karyawan maupun pelanggan. Keberhasilannya dalam membangun hubungan personal dan memahami kebutuhan konsumen telah menjadi faktor penting dalam kesuksesan Starbucks.

Pandangan ini mencerminkan kepemimpinan Schultz yang tidak hanya mencakup aspek bisnis, tetapi juga nilai-nilai budaya dan hubungan manusiawi yang mendalam.

Dalam melihat perjalanan hidup dan kontribusinya, Howard Schultz tidak hanya merupakan seorang pengusaha ulung, tetapi juga seorang pemimpin yang inovatif dan visioner. Visinya untuk mengubah Starbucks menjadi sebuah jaringan kedai kopi global dan merek budaya yang mendalam mencerminkan keberaniannya untuk mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman. 

Schultz juga dikenal karena kemampuannya untuk bangkit dari kegagalan, seperti yang terjadi pada periode kebangkrutan Starbucks tahun 2007-2008, di mana kepemimpinannya berhasil memulihkan perusahaan secara finansial. 

Selain itu, pandangannya yang fokus pada merek, budaya perusahaan, dan keterlibatan dengan karyawan dan pelanggan, menjadikan Schultz sebagai pemimpin yang tidak hanya sukses secara bisnis tetapi juga memiliki daya tarik pribadi yang kuat. Melalui perannya dalam mengubah Starbucks dan pandangannya tentang kepemimpinan, Schultz telah memberikan kontribusi signifikan terhadap dunia bisnis dan budaya perusahaan.

Baca Juga:  Filantropi Bernard Arnault dalam Dunia Bisnis

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Jadi Pengusaha Sukses Seperti Howard Schultz?

Terinspirasi oleh perjalanan sukses  Howard Schultz, salah satu tokoh pengusaha besar di Dunia? Saatnya untuk mengejar impian finansial dengan langkah-langkah konkret. Mulailah dengan membuka akun demo trading di HSB, tempat yang menyediakan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk memfasilitasi proses pembelajaran di pasar keuangan nyata tanpa risiko finansial. Ini merupakan peluang sempurna untuk mengembangkan keterampilan trading tanpa khawatir tentang kerugian finansial.

Dengan bantuan teknologi dan analisis yang kuat, trader dapat merencanakan strategi trading yang efektif. Akses ke akun demo di aplikasi trading HSB dan penghargaan dari ICDX merupakan bukti bahwa HSB adalah pilihan yang tepat bagi trader yang ingin mengambil langkah yang cerdas dalam pasar global dengan memperhatikan prinsip-prinsip manajemen aset hanya dengan ikuti langkah dibawah:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggiIan teIepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading meIaIui segregated account HSB yang teIah tereguIasi
  4. Dan muIai pengaIaman seru meraih peIuang profit trading di pasar gIobaI dunia!

HSB menegaskan komitmennya daIam memastikan keamanan dan transparansi transaksi nasabah meIaIui reguIasi resmi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RepubIik Indonesia. ReguIasi ini menjadi dasar utama daIam mengeIoIa risiko trading, yang harus menjadi fokus utama para trader.

Lebih dari sekadar memberikan keamanan, transparansi, dan inovasi, HSB secara aktif terIibat daIam memberikan pendidikan kepada anggotanya meIaIui berbagai sumber media pembeIajaran trading, baik secara daring maupun Iuring. Ini merupakan impIementasi konkret dari komitmen HSB untuk mencetak trader profesionaI terbaik di Indonesia. OIeh karena itu, tidak ada aIasan untuk menunda kesuksesan daIam trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan maksimaIkan peIuang profit tradingmu.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik