Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Fakta Menarik dari Seorang Trader: George Soros

George Soros tetap menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia keuangan, dan perjalanan hidup serta kontribusinya menciptakan fakta-fakta menarik yang membangkitkan minat banyak orang. George Soros adalah salah satu tokoh yang paling menonjol dalam dunia perdagangan keuangan. Dia terkenal karena keberaniannya dalam mengambil risiko besar dan pemahamannya yang mendalam tentang pasar keuangan global. 

Selain sebagai seorang trader legenda di dunia, Soros juga dikenal karena filantropinya yang luas, menggunakan kekayaannya untuk mempromosikan demokrasi, hak asasi manusia, dan pembangunan masyarakat yang inklusif. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi fakta-fakta menarik tentang kehidupan dan karier trading George Soros yang menginspirasi.

1. Serangan Spekulatif Pound Sterling

Dalam serangkaian transaksi yang brilian, Soros berhasil memperoleh keuntungan besar dan secara efektif memaksa Inggris keluar dari Kurs Mekanisme Pertukaran Eropa.

Berikut adalah rangkuman dari peristiwa tersebut:

a. Konteks

Inggris bergabung dengan Kurs Mekanisme Pertukaran Eropa (ERM) pada tahun 1990, yang bertujuan untuk mempertahankan nilai tukar mata uang dan meminimalkan fluktuasi. Serangan spekulatif George Soros terhadap pound sterling pun terjadi pada tahun 1992.

b. Peristiwa

George Soros dan Quantum Fund, hedge fund yang dikelola, memutuskan untuk melakukan short selling pound sterling. Ini berarti mereka meminjam poundsterling, menjualnya di pasar, dan berencana untuk membelinya kembali dengan harga lebih rendah di masa depan. Dengan melakukan short selling dalam skala besar, George Soros menciptakan tekanan besar terhadap pound sterling. Spekulasi pasar tentang devaluasi mata uang ini meningkat.

Pada 16 September 1992, yang dikenal sebagai "Black Wednesday," tekanan pasar mencapai puncaknya. Bank of England mencoba mempertahankan nilai poundsterling dengan meningkatkan suku bunga, tetapi tekanan terus berlanjut. Akhirnya, Bank of England memutuskan untuk menarik poundsterling dari ERM dan membiarkan mata uangnya mengalami devaluasi. Pound sterling melemah secara signifikan.

c. Dampak

Keuntungan Besar Soros, serangan spekulatif Soros berhasil, dan Quantum Fund diperkirakan mendapatkan keuntungan sekitar satu miliar dolar dalam beberapa hari. Devaluasi poundsterling memicu keluarnya Inggris dari Kurs Mekanisme Pertukaran Eropa. Peristiwa ini mengguncang pasar keuangan dan mempengaruhi kebijakan moneter Inggris.

Keberhasilan George Soros dalam serangan spekulatif ini juga memperkuat konsep refleksivitas yang telah dia kembangkan. Konsep ini menyatakan bahwa perilaku investor dapat mempengaruhi pergerakan pasar, menciptakan lingkaran saling memperkuat antara keyakinan dan harga.

George Soros dikenal sebagai seorang filantropis dan pemikir filosofis

2. Pemikiran Filosofis 

George Soros dikenal sebagai seorang filantropis dan pemikir filosofis. Konsep "refleksivitas" yang dia kembangkan menggambarkan hubungan dinamis antara keyakinan investor dan pergerakan pasar, mempengaruhi pemikiran di bidang ekonomi dan keuangan.

George Soros dikenal karena kontribusinya dalam pemikiran filosofis dan pengembangan teori refleksivitas. Berikut adalah beberapa aspek dari pemikiran George Soros terhadap filosofis dan teori refleksivitas:

a. Teori Refleksivitas

George Soros  memperkenalkan konsep refleksivitas dalam konteks keuangan. Teori ini menyatakan bahwa tindakan dan keyakinan para pelaku pasar dapat mempengaruhi dan merubah kondisi pasar, dan sebaliknya. Dalam konteks pasar keuangan, George Soros percaya bahwa tindakan pelaku pasar dapat menciptakan umpan balik yang memperkuat tren atau menyebabkan perubahan dramatis dalam kondisi pasar.

b. Pengaruh Keyakinan

Pemikiran George Soros menekankan bahwa keyakinan individu dan perilaku kolektif para pelaku pasar memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan pasar. Keyakinan ini bisa menciptakan ekspektasi yang mempengaruhi pilihan investasi dan keputusan ekonomi.

The Alchemy of Finance adalah buku yang ditulis oleh George Soros

3. The Alchemy of Finance

"The Alchemy of Finance" adalah buku yang ditulis oleh George Soros, yang diterbitkan pada tahun 1987. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pemikiran Soros mengenai pasar keuangan, teori refleksivitas, dan strategi investasinya. Berikut adalah beberapa poin kunci dari "The Alchemy of Finance":

Analisis Kasus

George Soros menggunakan analisis kasus nyata untuk menggambarkan konsep-konsepnya. Dia menyertakan pengalaman pribadi dan studi kasus, termasuk pengalaman serangan spekulatif terhadap pound sterling pada tahun 1992.

Pentingnya Contrarian 

George Soros mendorong pembaca untuk berpikir terbalik atau strategi contrarian. Ini berarti tidak mengikuti arus mayoritas, tetapi mencari peluang di mana pasar mungkin telah meremehkan atau menilai salah suatu aset.

Art of Making Predictions

George Soros membahas "seni membuat prediksi" dan menyoroti tantangan yang terlibat dalam meramalkan pergerakan pasar. Dia mencermati bahwa prediksi dapat mempengaruhi pasar sendiri dan dapat menciptakan ekspektasi yang memengaruhi perilaku pelaku pasar.

Strategi George Soros

Soros membagikan beberapa strategi trading termasuk strategi mencari divergensi (divergence) dan konvergensi (convergence) dalam pergerakan harga. Dia menjelaskan cara dia mendekati analisis fundamental dan teknis.

4. Filantropi Besar-Besaran

George Soros dikenal sebagai seorang filantropis yang telah menyumbangkan sejumlah besar kekayaannya untuk mendukung berbagai tujuan filantropis. Berikut adalah beberapa informasi mengenai filantropi besar-besaran yang dilakukan oleh George Soros:

a. Open Society Foundations

George Soros mendirikan Open Society Foundations pada tahun 1979. Organisasi ini adalah jaringan nirlaba yang aktif di lebih dari 120 negara. Fokus utama Open Society Foundations adalah mempromosikan masyarakat terbuka, hak asasi manusia, dan demokrasi.

b. Mendukung Pendidikan

George Soros telah menyumbangkan sejumlah besar dana untuk mendukung pendidikan. Proyek-proyek ini mencakup beasiswa untuk siswa yang berprestasi, program peningkatan akses pendidikan, dan dukungan untuk institusi pendidikan.

c. Perjuangan Melawan Penindasan

George Soros telah aktif dalam mendukung perjuangan melawan penindasan dan ketidaksetaraan. Melalui Open Society Foundations, ia memberikan dukungan keuangan untuk organisasi-organisasi yang berkomitmen untuk memerangi ketidaksetaraan sosial dan keadilan.

George Soros dikenal karena menghindari perangkat analisis teknis

5. Menghindari Perangkat Analisa Teknikal

George Soros dikenal karena menghindari perangkat analisis teknis dalam pengambilan keputusan trading. Di samping menggunakan analisis fundamental, Soros memiliki beberapa alasan untuk menolak atau setidaknya meminimalkan penggunaan analisis teknis. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin mendasari keputusan Soros untuk menghindari perangkat analisis teknis:

6. Peringatan Dini Krisis Finansial

George Soros dikenal karena memiliki wawasan yang tajam terhadap dinamika pasar keuangan, dan dalam beberapa kasus, dia memberikan peringatan dini terhadap potensi krisis finansial. Salah satu peringatan terkenalnya adalah terkait dengan krisis keuangan Asia pada tahun 1997. Berikut adalah beberapa peringatan dan pandangan Soros yang terkait dengan krisis finansial:

Peringatan terhadap Krisis Keuangan Asia (1997)

Sebelum krisis keuangan Asia yang meletus pada tahun 1997, George Soros  telah memberikan peringatan tentang ketidakstabilan ekonomi di beberapa negara Asia. Ia memperingatkan bahwa tekanan ekonomi dan ketidakseimbangan makroekonomi di wilayah tersebut dapat menyebabkan krisis keuangan.

Krisis Keuangan Global (2008)

Meskipun tidak memberikan peringatan spesifik, Soros memiliki pemahaman yang mendalam tentang sejumlah faktor yang dapat menyebabkan krisis keuangan global. Pada tahun-tahun sebelum krisis keuangan global pada tahun 2008, dia secara kritis mengamati dan membahas potensi risiko ekonomi.

7. Penghargaan dan Gelar Kehormatan

George Soros atas kontribusinya dalam berbagai bidang, telah menerima berbagai penghargaan dan gelar kehormatan. Beberapa di antaranya mencerminkan pengakuan terhadap kiprahnya dalam dunia keuangan, filantropi, dan hak asasi manusia. Berikut adalah beberapa penghargaan dan gelar kehormatan yang diterima oleh George Soros:

Kavaleri dari Ordo Kehormatan Britania Raya (1999) dan Presidential Medal of Freedom (2015)

George Soros, dianugerahi gelar Kavaleri oleh Ratu Elizabeth II di Britania Raya pada tahun 1999. Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan George Soros, Presidential Medal of Freedom pada tahun 2015. Penghargaan ini adalah penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat.

Gelar Doktor Kehormatan dan Medal of the City of Paris (2003)

Soros telah menerima gelar doktor kehormatan dari beberapa universitas, termasuk Universitas Yale, Universitas Oxford, dan Universitas Bologna. Pada tahun 2003, Soros diberikan Medali Kota Paris sebagai penghargaan atas kontribusinya terhadap pengembangan masyarakat sipil di Eropa Timur.

Penghargaan Philanthropy Leadership Award (2011) dan Penghargaan Ole Rømer (2016)

George Soros, menerima Penghargaan Kepemimpinan Filantropi dari Dewan Hubungan Amerika-Islam pada tahun 2011. George Soros, menerima Penghargaan Ole Rømer dari Universitas Kopenhagen pada tahun 2016. Penghargaan ini diberikan kepada individu yang memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang sains dan budaya.

Terapkan Strategi George Soros Tanpa Risiko!

Salah satu strategi kunci yang digunakan Soros adalah memanfaatkan pembalikan sentimen pasar. Dia mencari situasi di mana pasar telah overbought atau oversold, dan kemudian mengambil posisi yang bertentangan dengan arah tren saat ini. Ini memungkinkannya untuk mendapatkan keuntungan saat pasar berbalik arah. Sehingga untuk menerapkan strategi dari Soros ini dibutuhkannya akun demo trading HSB yang bisa mempraktikkan strategi tersebut tanpa risiko kehilangan dana sungguhan. 

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik