Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Tujuan Stock Split pada Saham

Apakah kamu investor ritel? Tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah stock split. Istilah ini cukup populer di kalangan para pemegang saham. Ketika perusahaan melakukan stock split, biasanya akan disambut baik oleh para investor. Lantas, apa itu stock split? 

Pada dasarnya, stock split bisa dikatakan sebagai cara untuk memecah nilai saham. Pemecahan ini dilakukan supaya perusahaan bisa memperdagangkan sahamnya secara aktif di pasar modal. Hal ini membuat investor bisa lebih banyak menanamkan modal di perusahaan tersebut. Untuk memahaminya lebih lanjut, yuk simak uraian di bawah ini. 

Pengertian Stock Split

Stock split merupakan pemecahan nilai saham dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah saham yang beredar. Saham tersebut kemudian diperjualbelikan dengan harga yang lebih murah untuk per lembarnya, sehingga transaksinya jadi ramai kembali. Meski jumlah lembar sahamnya bertambah, tetapi stock split tidak akan mengubah jumlah modal yang disetorkan.

Pemecahan nilai saham dilakukan juga untuk menarik investor lebih banyak, terutama investor ritel. Biasanya, perusahaan yang melakukan stock split adalah perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus, tetapi harga sahamnya sudah mencapai titik tertinggi.

Aksi stock split ini sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar investor ritel. Pasalnya, investor jadi lebih mudah dalam mendapatkan jumlah saham yang lebih banyak. Mengingat harga saham perusahaannya juga menurun. Memahami apa itu stock split akan membuat Anda jadi lebih paham dalam melakukan investasi.

Cara Kerja Stock Split

Perusahaan atau emiten akan melakukan stock split ketika harga saham per lembarnya sudah terlalu tinggi, misalnya Rp42.000 per lembar. Kemudian perusahaan akan melakukan stock split supaya harga saham per lembarnya menurun. 

Pihak perusahaan juga harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Rapat Umum Pemegang Saham sebelum pemecahan nilai saham dilakukan. Jika sudah disetujui, maka perusahaan akan segera melakukannya.

Sebagai contoh, harga saham perusahaan A melakukan stock split dengan harga saham per lembar Rp42.000 di pasar reguler. Kemudian perusahaan tersebut melakukan stock split dengan rasio 1:5. Harga saham tersebut akan turun menjadi Rp8.400 per lembar. Perhitungan stock split ini dengan membagi harga saham sebelum stock split dengan rasio tersebut.

Bagaimana Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham?

Bagaimana Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham

Pada dasarnya, perusahaan melakukan stock split supaya mendapat keuntungan maksimal serta menarik banyak investor untuk membeli saham. Untuk perusahaan dengan market value yang kuat, biasanya menerapkan stock split saham dengan nilai yang lebih tinggi. 

Namun, nilai yang terlalu tinggi justru dapat mengakibatkan menurunnya likuiditas dari suatu saham. Padahal, salah satu tujuan melakukan stock split supaya nilai saham menjadi likuid atau aktif diperjualbelikan, karena nilai transaksi yang makin besar.

Apabila kamu memiliki saham pada perusahaan yang melakukan stock split, tak perlu khawatir sebab hal ini tidak akan berpengaruh apa pun pada nilai saham yang dimiliki para investor sebelumnya. 

Jadi, pengaruh stock split terhadap harga saham ini sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak. Keuntungan bagi investor yaitu porsi kepemilikan saham jadi lebih banyak. Sedangkan, keuntungan bagi perusahaan, menjadikan frekuensi transaksi yang dilakukan investor lebih meningkat.

Kapan Perusahaan Melakukan Stock Split?

Seperti yang dibahas sebelumnya, perusahaan akan melakukan stock split ketika nilai saham per lembarnya sudah terlalu tinggi. Pasalnya, nilai yang terlalu tinggi dapat mengurangi frekuensi transaksi investor. 

Oleh sebab itu, perusahaan membuat harga saham lebih murah dengan melakukan aksi stock split. Jadi, investor ritel seperti ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa, dan lain-lain lebih tertarik membeli saham tersebut. Hal ini nantinya akan berdampak positif terhadap perusahaan, salah satunya membuat saham jadi lebih likuid.

Tujuan Stock Split

Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham

Stock split tidak dilakukan tanpa tujuan dan secara tiba-tiba. Jika mengacu dari pengertiannya, maka dapat dikatakan bahwa tujuan utama stock split adalah mencapai keuntungan semaksimal mungkin dengan menarik lebih banyak investor untuk membeli saham. Tak hanya itu saja, stock split juga memiliki 5 tujuan lain, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Jumlah Saham

Tujuan stock split yang pertama tentunya adalah meningkatkan jumlah saham yang diperdagangkan. Selain lebih banyak saham yang terjual, hal ini juga dapat membantu menghindari harga yang terlalu tinggi.

2. Mempertahankan Likuiditas

Stock split dapat membantu mempertahankan tingkat likuiditas saham, sehingga nantinya dapat menarik minat investor dari berbagai kalangan untuk membeli saham tersebut. Hal ini tentu menjadi dampak positif bagi perusahaan sebab penjualan saham meningkat dan jangkauan pasarnya semakin luas. 

3. Memperkecil Risiko

Pemecahan saham dapat memperkecil tingkat risiko terutama bagi para investor yang menginginkan pembelian saham dengan harga yang rendah. Saat saham terpecah menjadi beberapa bagian, maka dapat dikatakan bahwa telah terjadi diversifikasi yang mana dapat menguntungkan perusahaan. 

4. Mengubah Odd Lot ke Round Lot

Melalui stock split, jumlah saham akan berubah dari odd lot ke round lot. Odd lot sendiri merupakan kondisi di mana investor memiliki saham dengan jumlah di bawah 100 lembar, sedangkan round lot adalah para investor yang memiliki saham dengan jumlah sebanyak 100 lembar atau lebih banyak, dengan jumlah kelipatan yang sama seperti 200, 300, dan seterusnya. 

5.  Menarik Investor

Ketika terdapat sebuah saham dengan tingkat likuiditas tetap dan harga yang lebih murah, tentu saja hal ini akan memengaruhi minat investor untuk membeli saham perusahaan tersebut. Apalagi dengan harga yang murah, semakin banyak orang yang mampu membeli saham baik dari investor kecil maupun investor besar.

Apakah Stock Split Menguntungkan Bagi Perusahaan?

Apakah Stock Split Menguntungkan Bagi Perusahaan

Bagi pihak perusahaan, stock split ini berpengaruh terhadap likuiditas saham, karena akan terjadi lebih cepat. Saham perusahaan juga akan mudah diperdagangkan di pasar modal, karena mudah dijangkau oleh para investor ritel.

Selain itu, kapitalisasi pasar emiten juga akan stabil, bahkan tidak mengalami perubahan. Jadi, perusahaan akan mendapatkan keuntungan maksimal dari aksi stock split ini. Namun, pihak perusahaan juga akan melakukan rapat terlebih dahulu untuk melakukan stock split ini.

Apakah Stock Split Menguntungkan Bagi Investor?

Setelah memahami apa itu stock split, kamu mungkin sudah bisa membayangkan bagaimana dampak stock split bagi pemegang saham. Tidak hanya harga saham yang jadi lebih murah, seseorang yang sudah memiliki saham pada perusahaan tersebut pun jumlahnya jadi lebih banyak.

Stock split ini dilakukan dengan perbandingan 1:5. Dikarenakan nominal saham berkurang, maka jumlah saham yang beredar juga akan bertambah. Misalnya, jumlah lembar saham A sebelum stock split 7,63 miliar dan bertambah menjadi 38,5 miliar saham setelahnya.

Jadi, setelah kamu lebih paham mengenai stock split ini, proses pembelian saham pun jadi lebih mudah untuk dilakukan. Mengapa? Karena nilai saham yang diperjualbelikan lebih terjangkau. Kamu juga bisa lebih banyak memiliki saham di perusahaan tersebut. 

Nah, untuk mulai berinvestasi, kamu bisa melakukan jual beli saham di aplikasi HSB. Sebuah aplikasi trading tepercaya dan transparan. Di aplikasi HSB, kamu bisa melakukan trading saham dengan mudah dan aman. 

Supaya kamu bisa lebih paham bagaimana cara kerja trading saham, kamu bisa buat akun demo terlebih dahulu di HSB. Setelah itu, kamu bisa membuka akun live untuk mulai trading. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasi HSB sekarang juga dan asakan trading saham dengan aman dan cepat hanya bersama HSB! ***

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apa yang dimaksud dengan stock split?

Stock split adalah upaya yang dilakukan oleh emiten untuk memecah saham menjadi lembaran baru dengan jumlah yang lebih banyak dan nilai saham per lembarnya yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Apakah stock split menguntungkan?

Bagi Investor, Tidak hanya harga saham yang jadi lebih murah, seseorang yang sudah memiliki saham pada perusahaan tersebut pun jumlahnya jadi lebih banyak. Bagi pihak perusahaan, stock split ini berpengaruh terhadap likuiditas saham, karena akan terjadi lebih cepat. Saham perusahaan juga akan mudah diperdagangkan di pasar modal, karena mudah dijangkau oleh para investor ritel.

Kapan perusahaan melakukan stock split?

Perusahaan akan melakukan stock split ketika nilai saham per lembarnya sudah terlalu tinggi. Pasalnya, nilai yang terlalu tinggi dapat mengurangi frekuensi transaksi investor.

Kenapa saham melakukan stock split?

perusahaan melakukan stock split supaya mendapat keuntungan maksimal serta menarik banyak investor untuk membeli saham. Untuk perusahaan dengan market value yang kuat, biasanya menerapkan stock split saham dengan nilai yang lebih tinggi.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik