Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Ternyata, Ini Dia Tugas dan Fungsi Utama ASPEBTINDO

sosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO) didirikan sesuai dengan Undang-Undang No. 10 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi dan peraturan pelaksanaannya, yakni Peraturan Kepala BAPPEBTI No.111/BAPPEBTI/PER/01/2014. 

ASPEBTINDO berperan sebagai wadah bagi para pelaku industri Perdagangan Berjangka, yang dijalankan secara demokratis, mandiri, dan bertanggung jawab, dengan tujuan mewujudkan industri Perdagangan Berjangka yang teratur, wajar, efisien, efektif, dan transparan.

Asosiasi ini dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka dan peraturan terkait lainnya di Indonesia, yang berakar pada prinsip-prinsip Pancasila. Visi ASPEBTINDO adalah tercapainya sebuah asosiasi yang mampu mendukung pertumbuhan serta memperkuat integritas industri Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia. 

Misi ASPEBTINDO antara lain meningkatkan kinerja Perdagangan Berjangka Komoditi agar berkembang secara berkelanjutan, transparan, dan sesuai dengan standar internasional, serta mewujudkan pelaku Perdagangan Berjangka yang berkualitas dan berintegritas.

Fungsi ASPEBTINDO

Fungsi ASPEBTINDO

Dalam hal legalitas, ASPEBTINDO berdiri berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997. Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO) memiliki beberapa fungsi yang penting dalam mengembangkan dan membina industri perdagangan berjangka komoditi di Indonesia. Berikut adalah beberapa fungsi utama ASPEBTINDO:

1. Membantu perkembangan Perdagangan Berjangka

ASPEBTINDO berperan dalam memajukan industri perdagangan berjangka komoditi dengan bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan terkait. Dengan kolaborasi yang erat, ASPEBTINDO bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan sektor perdagangan berjangka.

2. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

ASPEBTINDO melakukan upaya peningkatan kualitas SDM yang terlibat dalam sektor perdagangan berjangka. Hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pelaku industri.

3. Mendorong Profesionalisme dan Kepatuhan

ASPEBTINDO berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme, kompetensi, dan kepatuhan para anggotanya terhadap peraturan perundang-undangan terutama di bidang perdagangan berjangka. Salah satu upayanya adalah melalui penerapan kode etik profesi yang bertujuan untuk menjaga integritas dan kepercayaan dalam industri.

Baca Juga:  Waduh! Ini 5 Dampak Korban dari Investasi Bodong

4. Perjuangan Kepentingan Anggota

ASPEBTINDO juga berperan sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan para anggotanya di bidang perdagangan berjangka. Melalui representasi yang kuat, ASPEBTINDO berusaha untuk memastikan bahwa suara dan kebutuhan anggotanya diakomodasi dan diwakili dengan baik.

5. Sosialisasi di Seluruh Indonesia

ASPEBTINDO melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang perdagangan berjangka di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang industri ini dan membantu mengembangkan pasar yang lebih luas dan inklusif.

tugas ASPEBTINDO

Tujuan ASPEBTINDO

1. Mengembangkan Industri Perdagangan Berjangka di Indonesia

ASPEBTINDO memiliki tujuan utama untuk membantu perkembangan industri Perdagangan Berjangka dengan melibatkan semua pemangku kepentingan terkait. Ini termasuk pemerintah yang bertanggung jawab atas regulasi, lembaga keuangan yang menjadi pelaku utama dalam pasar, serta komunitas akademis dan profesional yang terlibat dalam industri ini. 

Dengan bekerja sama secara aktif dengan semua pihak terkait, ASPEBTINDO bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan pasar berjangka yang sehat dan berkelanjutan.

2. Meningkatkan Kualitas SDM Perdagangan Berjangka

Salah satu misi ASPEBTINDO adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam sektor Perdagangan Berjangka. Ini dilakukan melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih baik kepada anggota industri. 

Dengan SDM yang berkualitas, industri Perdagangan Berjangka dapat lebih berkembang secara profesional dan menghasilkan praktik-praktik yang lebih baik.

3. Mengawasi Penerapan Kode Etik Profesi dalam Lingkup Perdagangan Berjangka

ASPEBTINDO sangat mementingkan profesionalisme, kompetensi, dan kepatuhan para anggotanya terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka. Ini tercermin dalam penerapan kode etik profesi yang ketat dan program-program lainnya yang dirancang untuk meningkatkan standar industri. 

Baca Juga:  Mengenal Fungsi Penting dari Sistem Informasi Akuntansi

Dengan mengedepankan prinsip-prinsip etika dan kepatuhan, ASPEBTINDO berupaya menjaga integritas dan reputasi industri, serta meningkatkan kepercayaan para pelaku pasar dan pemangku kepentingan lainnya.

4. Memperjuangkan Kepentingan Anggota

ASPEBTINDO juga berperan sebagai pejuang bagi kepentingan anggotanya dalam industri Perdagangan Berjangka. Ini melibatkan representasi mereka dalam forum industri, advokasi untuk kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri, serta perlindungan terhadap kepentingan anggota dari berbagai ancaman dan risiko yang mungkin terjadi dalam pasar. 

Dengan menjadi suara para pelaku pasar, ASPEBTINDO berusaha memastikan bahwa kepentingan individu dan kolektif dari para anggotanya terwakili dan dilindungi.

5. Sosialisasi dan Pusat Informasi Perdagangan Berjangka Indonesia

Sosialisasi yang aktif dilakukan oleh ASPEBTINDO bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang industri Perdagangan Berjangka kepada anggotanya di seluruh Indonesia. Ini meliputi penyampaian informasi terbaru tentang regulasi, tren pasar, dan praktik terbaik dalam industri. 

Dengan menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran, ASPEBTINDO berkontribusi pada peningkatan profesionalisme dan kepatuhan para anggotanya, serta memperkuat industri Perdagangan Berjangka secara keseluruhan.

tugas dan fungsi ASPEBTINDO

Usaha ASPEBTINDO

1. Segala Usaha ASPEBTINDO Didanai oleh Anggota

Setiap usaha yang dilakukan ASPEBTINDO: ASPEBTINDO, sebagai asosiasi yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan Industri Perdagangan Berjangka Komoditi, membutuhkan sumber dana untuk melaksanakan berbagai kegiatan dan programnya. 

Sumber dana tersebut berasal dari dua sumber utama, yaitu uang pendaftaran dan iuran bulanan atau iuran reguler anggotanya. Dengan demikian, anggota ASPEBTINDO turut berkontribusi dalam pembiayaan segala kegiatan dan inisiatif yang dilakukan oleh asosiasi untuk kepentingan bersama.

2. Pertimbangan Dana Usaha ASPEBTINDO

Penentuan besaran sebagaimana angka 1 di atas dengan mempertimbangkan: Dalam menetapkan besaran dana yang harus disumbangkan oleh anggotanya, ASPEBTINDO memperhitungkan beberapa faktor. Pertama, ASPEBTINDO memperhatikan kemampuan keuangan dari masing-masing anggota agar besaran iuran yang ditetapkan dapat diakses secara adil oleh seluruh anggota. 

Baca Juga:  Ini Pentingnya Kamu Memiliki Biaya Tak Terduga!

Selain itu, dana yang terkumpul juga dipergunakan untuk meningkatkan kinerja asosiasi serta pengembangan industri perdagangan berjangka komoditi melalui berbagai kegiatan, seperti sosialisasi, edukasi, dan penguatan kelembagaan. Dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas, ASPEBTINDO memastikan bahwa penggunaan dana tersebut dilakukan secara efisien dan bertanggung jawab demi kepentingan seluruh anggota.

Trading Bebas Risiko di HSB!

Memahami tugas dan fungsi utama ASPEBTINDO memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana industri perdagangan berjangka diatur dan didukung. Untuk menjadi trader yang sukses, penting untuk terus mengasah kemampuan trading tanpa risiko terlebih dahulu. 

Akun demo trading HSB adalah alat yang sempurna untuk tujuan ini, karena Sobat Trader dapat berlatih dengan dana virtual hingga $100,000 secara gratis. Di akun demo trading HSB, Sobat Trader bisa melatih kemampuan trading dengan berbagai strategi, posisi, dan manajemen risiko tanpa merisikokan uang sungguhan. 

Setelah merasa siap, Sobat Trader dapat membuka akun trading live HSB dengan melengkapi dokumen identitas diri, melakukan verifikasi data KYC, dan mentransfer dana deposit hanya ke rekening segregasi resmi HSB Investasi. 

HSB yang sudah teregulasi resmi oleh BAPPEBTI juga menawarkan berbagai promo trading menarik untuk membantu memaksimalkan potensi profit nasabahnya. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, Sobat Trader dapat memulai perjalanan trading mereka dengan langkah yang lebih mantap dan percaya diri.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik