Selain emas, perak juga dapat digunakan sebagai investasi. Perak secara fisik saat ini banyak diperlukan sebagai material di peralatan listrik, perhiasan, dan untuk pembuatan uang koin. Trading melalui HSB Investasi adalah cara cepat untuk trading silver (XAG) atau perak dengan mudah tanpa perlu membeli dan menyimpan perak secara fisik.

XAG/USD berarti harga 1 troy ons silver (atau perak) dalam satuan US dolar. Ini menandakan nilai perak murni di pasar perdagangan internasional. Di Amerika Serikat, silver diperdagangkan secara futures di Commodity Exchange (COMEX) yang merupakan anak perusahaan dari New York Mercantile Exchange (NYMEX).

Seperti komoditas lainnya, harga perak ditentukan oleh permintaan dan penawaran serta spekulasi. Pasar perak lebih kecil dibandingkan pasar gold (atau XAU atau emas) namun juga terdapat volatilitas yang sering terjadi.

Perak juga dapat dimanfaatkan dalam strategi hedging seperti emas. Ketika terjadi ancaman terhadap perekonomian dunia, investor beralih ke komoditas seperti emas dan perak sehingga menaikkan harga-harga komoditas tersebut. Setelah ancaman terhadap perekonomian global mereda, investor kembali menjual komoditas tersebut dan mengalihkan ke aset-aset seperti obligasi dan saham.

Faktor-faktor penentu harga perak berasal dari trader atau investor berskala global. Harga perak menunjukkan kenaikan karena perak semakin diincar sejak banyak industri yang memerlukan material ini. Karena perak secara fisik diperlukan untuk industri, maka perak secara fisik untuk investasi semakin berkurang dan menjadikan harga perak semakin naik.

Perak banyak digunakan untuk bahan film di kamera sebelum hilang digantikan oleh kamera digital. Saat ini penggunaan perak untuk material di peralatan listrik, alat medis dan sebagainya. Perak juga banyak dijadikan perhiasan dan investasi. Semakin banyak jumlah kelas menengah meningkatkan permintaan terhadap perak secara fisik sebagai perhiasan, juga mempengaruhi peningkatan harga silver.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading XAG/USD di HSB Investasi dan berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah di promo telur emas yang sedang berlangsung.