Indeks DJ 30 atau biasa disebut dengan Dow atau Dow Jones Industrial Average (DJIA) diciptakan oleh Charles Dow. Merupakan salah satu pasar saham tertua di Amerika Serikat. Pada awal-awal berdirinya pasar saham ini, di dalam index Dow Jones terdaftar 12 perusahaan besar yang sebagian bergerak di bidang komoditas yang berpengaruh terhadap perekonomian Amerika Serikat. Sekarang index ini terdiri dari 30 perusahaan Amerika Serikat berskala global yang terdaftar di dalamnya.

Pasar indeks ini diciptakan untuk memantau performa pasar saham Amerika Serikat. Kombinasi dari 30 perusahaan terbesar di Amerika Serikat yang sahamnya dibuka untuk publik ini menentukan Dow Jones Industrial Average. Perusahaan-perusahaan tersebut selalu berubah-ubah, tidak selalu sama, tergantung dari seberapa besar pengaruh-pengaruh mereka terhadap perekonomian. Sehingga performa index Dow Jones dijadikan sebagai alat ukur kondisi keseluruhan pasar.

Di HSB Investasi, trader dapat memperoleh kesempatan untuk trading di Dow Jones 30 (DJ30).

Dow Jones 30 difungsikan sebagai indikator kondisi perekonomian Amerika Serikat karena di dalamnya terdaftar perusahan-perusahan berskala global yang sangat berpengaruh. Komite yang terdiri dari pekerja Dow Jones dan The Wall Street Journal yang menentukan perusahan-perusahaan besar mana yang masuk dalam index Dow Jones. Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Dow Jones selalu berubah-ubah. Namun, Perusahaan -perusahan tersebut selalu yang paling penting dalam perekonomian Amerika Serikat dan terkenal di kalangan umum. Contohnya Apple, Microsoft, Boeing, Nike, Visa, Coca-Cola dan sebagainya.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading index di HSB Investasi dengan komisi sangat rendah hingga mencapai $0/lot.