Home Pengetahuan Keuangan Manfaatkan Small Cap Strategy dalam Investasi Anda

Manfaatkan Small Cap Strategy dalam Investasi Anda

by HSB
0 comment

Dalam dunia investasi, kalimat small cap strategy pasti terdengar tidak asing. Small cap strategy seringkali digunakan pada rencana pembelian saham dengan kapitalisasi yang kecil. 

Small cap merupakan salah satu jenis saham berdasarkan ukuran permodalannya, dalam jenis ini ada juga saham big cap dan middle cap. Mari kenali small cap strategy lebih lanjut sebagai salah satu strategi investasi kamu.

Apa Itu Small Cap Strategy?

Small cap strategy merupakan rencana yang digunakan untuk menentukan saham small cap secara tepat sehingga mengurangi risiko yang mungkin timbul. Small cap sendiri adalah saham tingkat tiga dengan kapitalisasi pasar kurang dari 1 triliun rupiah. 

Harga yang diminta untuk saham small cap lebih murah daripada saham big cap dan middle cap. Rendahnya harga tersebut membuat pergerakan volatilitas yang tinggi pada saham. 

Saham ini banyak digunakan oleh para investor sebagai saham jangka pendek. Alhasil, investor tertarik untuk melakukan pembelian saham berkapitalisasi kecil dengan jumlah banyak di pasar modal. Small cap strategy memiliki kisaran harga mulai dari beberapa puluh hingga ratus rupiah setiap lembar sahamnya. 

Selain itu jumlah saham yang beredar juga relatif sedikit, sehingga perdagangan saham small cap tidak dapat dipastikan akan selalu ramai setiap harinya. Investor skala besar relatif jarang terjun membeli saham small cap, kecuali para investor tersebut menginginkan untuk memiliki saham pengendali terhadap suatu perusahaan.

Baca juga: 6 Cara Trading yang Simple Tapi Untung Bagi Pemula

small cap strategy

Cara Kerja Small Cap Strategy

Small cap strategy bekerja dengan memberikan analisis pasar saham small cap sebelum melakukan pembelian saham. Saham small cap merupakan saham yang rawan mengalami permainan naik turun harga di dalamnya. Sehingga, saham-saham berkapitalisasi kecil dapat mengalami koreksi dengan mudah dan harga saham secara perlahan dapat mendekati tingkatan yang dapat diterima di tengah fluktuasi.

Maka dari itu, penting untuk membuat small cap strategy agar investor dapat menemukan saham small cap perusahaan dengan laporan keuangan serta informasi keuangan yang terbuka pada calon pemegang saham. Memiliki small cap strategy juga dapat membantu melihat prospek emiten pada masa mendatang.  

Keuntungan Menggunakan Small Cap Strategy

Meski memiliki risiko yang cukup besar saat terjadi penurunan, small cap dapat memberikan beberapa keuntungan bagi investor dengan menentukan small cap strategy dalam rencana pembelian saham. Beberapa keuntungan yang ditawarkan small cap strategy antara lain:

1. Menemukan Harga Saham yang Sesuai

Penggunaan small cap strategy dapat membantu kamu menemukan saham small cap yang aman dengan harga rendah dan terjangkau. Saham small cap umumnya memang tidak dibutuhkan modal yang besar, namun terkadang bila tidak dilakukan analisis yang baik dapat berisiko mendapatkan small cap yang harganya bisa naik secara tiba-tiba hingga 2x lipat.

2. Melihat Peluang Kenaikan Saham

Small cap strategy dapat memberikan data peluang saham small cap yang berpotensi mengalami kenaikan pada titik tertinggi sehingga memberikan keuntungan yang besar melalui modal yang sedikit. 

3. Memilih Saham yang Tepat

Terdapat  banyak sekali pilihan saham small cap yang dapat kamu temukan pada pasar modal. Penggunaan small cap strategy, dapat membantu untuk menemukan saham dengan kondisi keuangan yang baik dan terbuka pada calon pemegang saham. Sehingga, dapat menghindari terjadinya kecurangan nilai portofolio saham.

Risiko Menggunakan Small Cap Strategy

Keuntungan yang ditawarkan dalam merencanakan small cap strategy tidak dapat dipisahkan dengan kemungkinan adanya risiko pada penggunaan perencanaan tersebut. Berikut merupakan beberapa risiko yang mungkin muncul pada small cap strategy:

1. Perencanaan Tidak Tepat

Saham small cap memiliki pergerakan yang tidak stabil dan sedikit sulit untuk diprediksi. Saham dapat naik dengan cepat dan juga turun dalam waktu singkat. Sehingga akan sangat mungkin prediksi dalam strategi memberikan hasil yang beda. Sehingga kamu bisa mengalami kegagalan atau kerugian.

2. Kesulitan Penjualan Saham

Meski seluruh perencanaan telah matang dan sempurna, namun saham small cap memiliki tingkat likuiditas yang rendah. 

Small cap strategy dapat membantu menganalisis potensi keuntungan, tetapi strategi ini tidak dapat melihat saham mana yang ramai atau memiliki likuiditas yang tinggi. Sehingga akan sulit dalam melakukan penjualan saham.

Baca juga: Raih Untung dengan Belajar Trading Pemula Terlengkap

Tips Menerapkan Small Cap Strategi Saat Berinvestasi

3 Tips Menerapkan Small Cap Strategy Saat Berinvestasi

Seluruh kegiatan investasi beserta perencanaanya akan memiliki risiko. Membuat sebuah strategi dalam pembelian besar yang berpengaruh pada kestabilan dana dapat membantu mengurangi kemungkinan risiko, begitu pula dengan keberadaan small cap strategy. Lakukan perencanaan saham small cap dengan tips di bawah ini:

1. Menentukan Batas Untung dan Rugi

Pada saham jenis small cap, susun strategi untuk menemukan waktu berhenti yang tepat saat harga telah mencapai titik tertentu. Tentukan nilai keuntungan tertinggi untuk melakukan penjualan saham agar menghindari jatuhnya harga yang semakin rendah. Tentukan harga saham terendah untuk melakukan cut loss

2. Tentukan Besar Nilai Saham yang Akan Dibeli

Saat membuat sebuah rencana pembelian saham, penting untuk memasukkan perhitungan besaran nilai saham yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pembeliaan berlebih sehingga memiliki risiko yang lebih besar.

Pembelian saham small cap sebaiknya dilakukan bertahap mengingat pergerakan saham yang tidak dapat diprediksi. Maka dari itu, rencanakan pembelian nilai kecil berulang kali agar terhindar dari risiko jatuhnya harga saham.

3. Analisis Perusahaan Saham Small Cap

Saham small cap sangat berpotensi menjadi saham gorengan, yang menandakan ada permainan kotor di dalamnya. Analisis perusahaan sangat diperlukan untuk menghindari pemilihan saham pada perusahaan “nakal”. 

Perusahaan penyedia saham small cap yang baik dapat memberikan keuntungan bagi investor, oleh karena itu penting untuk melakukan analisis setiap saham untuk menemukan saham small cap yang aman dan berpotensi menguntungkan. 

Baca juga: 7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

Melalui penjelasan di atas, kini kamu telah mengetahui manfaat small cap strategy dalam pembelian saham small cap agar terhindar dari risiko kerugian. Perencanaan yang sempurna dapat memberikan peluang untung lebih besar.

Selain memperhatikan saham small cap yang akan dipilih, kamu juga perlu memastikan bahwa platform trading yang digunakan aman dan tidak menguras banyak biaya tambahan. Kamu bisa menggunakan HSB, broker dengan komisi rendah yang siap membantu kegiatan investasi kamu.

Tidak perlu ragu lagi karena kamu bisa melakukan transaksi tanpa perantara eksekusi atau intervensi dealing desk. Selain itu HSB juga terdaftar pada beragam badan otoritas Indonesia, seperti BAPPEBTI, ICDX, dan ICH. Tunggu apalagi? Download HSB sekarang juga dan mulai trading kamu di sini!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288