Index manufaktur ISM sangat berpengaruh terhadap pergerakan harga mata uang USD. Trader dapat memanfaatkan data manufaktur ISM untuk memprediksi pergerakan harga USD menjelang dan sesudah pengumuman ISM. Di Amerika Serikat, data PMI dikumpulkan dan dirilis oleh ISM. Sementara di Eropa, data PMI dikumpulkan dan dirilis oleh Markit Group.

ISM atau Institute for Supply Management mengukur aktivitas ekonomi dari sisi manufaktur dan jasa. Data ISM yang penting seperti perubahan tingkat produksi manufaktur diumumkan setiap bulan. Data-data manufaktur dan non manufaktur ini ditunggu oleh investor dan trader setiap bulan.

ISM mengeluarkan 3 survei: manufaktur, konstruksi, dan jasa. Survei ini dilakukan pada hari kerja pertama setiap bulan. Bidang konstruksi pada hari kerja kedua di awal bulan, bidang jasa pada hari kerja ketiga. Trader perlu memperhatikan ketiga rilis PMI tersebut untuk mendapat inspirasi trading.

Purchasing Managers Index atau PMI merupakan kumpulan dari survei-survei yang dilakukan kepada ratusan manager purchasing manufaktur. Manager-manager ini terdiri dari bidang-bidang: inventori, perekrutan tenaga kerja, kecepatan supplier, tingkat produksi, dan order pelanggan.

PMI manufaktur dan non manufaktur sangat mempengaruhi pergerakan nilai mata uang. Setelah laporan PMI ini dirilis, biasanya terjadi tingkat volatilitas yang tinggi. Investor dan trader dapat melihat kumpulan data PMI dari bulan-bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah perekonomian Amerika Serikat menuju ke arah performa baik atau justru menurun.

Biasanya investor dan trader akan membandingkan data ISM bulan-bulan sebelumnya dengan angka prediksi untuk bulan berikutnya. Bila angka PMI lebih baik dari bulan sebelumnya maka nilai USD cenderung naik terhadap mata uang lainnya.

Apabila angka yang dirilis melebihi yang diprediksikan, maka akan terjadi pergerakan harga yang signifikan. Salah satu pasangan mata uang yang paling terpengaruh adalah EUR/USD. EUR juga merupakan mata uang yang sering diperdagangkan selain USD dan sering terjadi pertukaran antara kedua mata uang itu dalam skala global.

Angka ISM non manufaktur yang lemah biasanya diiringi penjualan mata uang dolar AS oleh investor. Bila angka tepat dengan yang diprediksikan atau sama dengan angka di bulan sebelumnya, maka biasanya tidak terjadi pergerakan nilai mata uang USD yang signifikan

Angka PMI ISM di atas 50 menandakan perekonomian dalam keadaan sehat dan berkembang. Angka PMI di bawah 50 menandakan perekonomian sedang dalam keadaan lemah. Apabila angka PMI berada di bawah 50 dalam 2 bulan terakhir secara terus menerus maka perekonomian memasuki fase resesi.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex secara mudah di aplikasi smartphone, HSB Investasi dan berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah di promo telur emas yang sedang berlangsung.