Home Pengetahuan Keuangan Dasar-dasar emas

Dasar-dasar emas

by HSB
0 comment

1.Perbedaan antara transaksi margin gold dan paper gold?

Paper gold adalah jenis bisnis manajemen kekayaan yang diluncurkan oleh beberapa bank di China, seperti yang telah diluncurkan di kota-kota besar Cina, yaitu Beijing, Shanghai, Shenzhen dan Chengdu. Sifat transaksinya nyata, artinya berapa banyak uang anda, berapa banyak emas pula yang bisa Anda beli, mereka dihitung berdasarkan “gram”, transaksi terendah 10 gram, tidak dihitung berdasarkan “ons”, hanya ketika harga emas naik anda baru dapat mendapatkan untung.

Di China sendiri jenis margin gold yang didagangkan adalah “Shanghai Gold” sedangkan di pasar internasional jenisnya adalah “London Gold”.

Margin gold, secara ilustrasi: bila sebuah emas seharga 10 dolar anda dapat memilikinya dengan hanya bermodal 1 dolar. Sehingga jika Anda memiliki 10 dolar, maka Anda dapat memiliki 10 emas. Suatu saat jika harga setiap emas naik 1 dolar menjadi 11 dolar, maka ketika anda menjualnya kembali, anda menghasilkan profit 10 dolar. Perdagangan margin adalah menggunakan prinsip leverage ( dongkrak harga ) ini dalam menggunakan uang.

Transaksi paper gold mencerminkan status perdagangan melalui buku, dan memperoleh profit perdagangan melalui investasi emas. Dibandingkan dengan perdagangan emas fisik, transaksi emas kertas tidak memiliki biaya tambahan seperti biaya penyimpanan, biaya transportasi dan biaya identifikasi, dan biaya investasi lebih rendah. sehingga tidak akan menghadapi dilema “beli mudah jual susah” yang biasanya terjadi dalam perdagangan emas fisik.

Investasi margin gold adalah cara mendongkrak keuntungan melalui spekulasi atas emas. Meskipun keuntungannya lebih besar tetapi risikonya juga besar, mirip dengan transaksi futures, transaksi meningkat berarti bersiap menghadapi risiko yang lebih tinggi, dan terdapat risiko yang dipaksakan untuk menurunkan atau menutup posisi. Model transaksi ini lebih cocok untuk investor individu profesional. Sedangkan untuk investor pemula, transaksi paper gold tidak diragukan menjadi pilihan terbaik.

2.Bagaimana harga emas ditentukan?

Semua orang akrab dengan emas, tetapi bagaimana harga emas terbentuk di pasar? Mekanisme harga seperti apa yang ada? Ini adalah salah satu topik yang banyak diperhatikan investor.

Harga emas berasal dari pasar emas London. Pasar emas London saat ini menerapkan sistem penetapan harga harian, sehari dua kali. Harga ini menjadi harga emas terpenting di dunia yang telah mempengaruhi transaksi di pasar emas New York dan Hong Kong, maupun negara lainnya. Harga pasar emas didasarkan pada harga emas London, dan kemudian berfluktuasi sesuai dengan penawaran dan permintaan mereka.

Penetapan harga emas London dilakukan di “gold room”, sebuah kantor bermarkas di Rothschild, London, Inggris. Sejak 12 September 1919, 5 perwakilan ( five gold merchants ) dari lima bank emas teratas di London untuk pertama kalinya bertemu di “gold room” dan memulai menetapkan harga emas harian di pasar emas London. Sistem ini berlanjut hingga hari ini. Lima bank emas utama menetapkan harga emas dua kali sehari, pada pukul 10:30 dan 15:00.

Pentingnya harga emas London merupakan posisi inti penentuan harga emas dalam perdagangan emas di pasar dunia. London memonopoli semua penjualan emas di Afrika Selatan sebagai produsen emas terbesar di dunia, sehingga membuat sebagian besar pasokan emas di pasar emas dunia harus melalui pasar emas London. Selain itu, five gold merchants di pasar emas London juga terkenal secara internasional, dan memiliki kontak luas dengan banyak tambang emas dan pedagang emas di dunia.

five gold merchants mewakili hampir semua pedagang emas dunia, termasuk pemasok emas, penuntut emas dan spekulan, untuk menentukan harga paling masuk akal bagi pembeli dan penjual di pasar, dan Seluruh proses penetapan harga benar-benar terbuka. Dengan demikian, seorang pelanggan yang bertransaksi pada saat penetapan harga dapat dengan yakin menilai wajar harga emas yang diperdagangkan. Karena alasan ini, harga pasar emas London telah menjadi penentuan harga emas terpenting di dunia.

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288