Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Kenali Jenis-Jenis Index Future & Cara Kerjanya!

Index future sering digunakan para trader dalam pasar derivatif untuk mencari peluang keuntungan dan mengurangi risiko fluktuatif. Index future adalah kontrak yang memungkinkan trader untuk menganalisis pada pergerakan harga indeks saham tertentu di masa depan. Sebagai trader yang cerdas, sangat penting bagi kamu untuk memahami jenis-jenis index future yang tersedia dan bagaimana mereka bekerja. 

Jenis-jenis ini memberikan beragam peluang trading yang bisa kamu pilih sesuai dengan strategi dan minat kamu. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Pengertian Index Future

Index Future adalah jenis kontrak berjangka

Index Future adalah jenis kontrak berjangka yang memiliki nilai dasar terkait dengan kinerja indeks saham tertentu. Kontrak ini memungkinkan para trader untuk memprediksi tentang pergerakan harga indeks saham di masa depan. 

Dalam index Future, kontrak memiliki tanggal jatuh tempo atau kadaluwarsa tertentu di masa depan yang membuatnya berbeda dari saham biasa di bursa saham. Selain itu, harga kontrak Index Future mencerminkan ekspektasi pasar terkait kinerja indeks saham yang mendasarinya. 

Ini memungkinkan trader untuk memanfaatkan pergerakan harga indeks tersebut tanpa harus membeli atau menjual seluruh portofolio saham yang termasuk dalam indeks tersebut. 

Index Future juga dapat digunakan untuk tujuan lindung nilai, peluang untuk mendapatkan keuntungan dan seringkali digunakan oleh para trader profesional untuk mengelola risiko di pasar saham. 

Jenis-Jenis Index Future

Jenis-jenis index future dapat bervariasi

Jenis-jenis index future dapat bervariasi tergantung pada indeks yang mendasarinya dan fitur-fitur kontrak tersebut. 

1. Index Future Saham

Index futures adalah kontrak berjangka yang mengacu pada kinerja suatu indeks saham tertentu. Ada banyak indeks saham di seluruh dunia dan setiap indeks memiliki karakteristik uniknya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis-jenis index future yang umum ditemui: 

a. S&P 500 Futures

Indeks S&P500 Futures merupakan salah satu indeks saham paling terkenal di dunia. Indeks ini mencakup 500 perusahaan terkemuka di Amerika Serikat dan mencerminkan kinerja pasar saham AS secara keseluruhan. 

b. Dow Jones Industrial Average (DJIA) Futures

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) Futures adalah kontrak berjangka yang mengikuti kinerja indeks saham DJIA, yang terdiri dari 30 perusahaan publik besar di Amerika Serikat. DJIA Futures memberikan petunjuk awal tentang arah pasar saham AS dan membantu dalam manajemen risiko serta lindung nilai portofolio.

c. Nasdaq 100 Index Futures

Nasdaq 100 adalah sebuah instrumen keuangan yang memungkinkan para trader untuk memprediksi pergerakan harga saham yang terdaftar di Nasdaq 100 Index di masa depan. Indeks ini mencakup 100 perusahaan teknologi terkemuka di Amerika Serikat, termasuk perusahaan-perusahaan seperti Apple, Amazon, Microsoft, dan Facebook.

d. Nikkei 225 Index Futures

Indeks Nikkei 225 adalah kontrak berjangka yang ditradingkan di bursa berjangka Tokyo dan didasarkan pada performa 225 perusahaan terbesar di Bursa Efek Tokyo, Jepang. Sama seperti indeks lainnya, Nikkei 225 Futures digunakan baik untuk membuat prediksi maupun sebagai alat lindung nilai, dan menawarkan peluang investasi yang menarik. 

2. Index Future Suku Bunga

Index future suku bunga adalah jenis kontrak berjangka yang berkaitan dengan tingkat suku bunga. Kontrak ini memungkinkan para pihak untuk berspekulasi atau melindungi diri mereka terhadap perubahan suku bunga di masa depan. Berikut adalah beberapa jenis index future suku bunga yang umum ditemui:

a. Eurodollar Futures

kontrak berjangka yang mengacu pada tingkat suku bunga antar bank di pasar uang eurodollar, yang dinyatakan dalam denominasi dolar AS. Eurodollar futures sering digunakan oleh bank dan perusahaan multinasional untuk melindungi diri dari risiko suku bunga.

b. Treasury Bond Futures

Kontrak berjangka ini berkaitan dengan obligasi pemerintah Amerika Serikat (Treasury bonds) dengan berbagai tenor. Mereka memungkinkan para trader untuk berspekulasi tentang pergerakan suku bunga Treasury atau untuk melindungi portofolio mereka terhadap perubahan suku bunga.

c. Euribor Futures

Kontrak berjangka ini mengacu pada tingkat suku bunga antarbank di pasar uang euro (Euribor). Mereka digunakan untuk melindungi diri dari risiko suku bunga atau untuk mendapatkan paparan terhadap perubahan suku bunga di zona euro.

3. Index Future Komoditas

Index future komoditas adalah kontrak berjangka yang berdasarkan indeks harga komoditas tertentu. Berikut adalah beberapa jenis index future komoditas yang umum ditemui:

a. Brent Crude Oil Futures

Ini adalah kontrak berjangka yang berkaitan dengan harga minyak mentah Brent, yang digunakan sebagai patokan untuk harga minyak mentah internasional.

b. Gold Futures

Gold futures mengikuti harga emas, yang sering digunakan sebagai investasi dan sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakstabilan ekonomi.

c. Silver Futures

Kontrak berjangka ini berkaitan dengan harga perak, yang memiliki aplikasi di berbagai industri dan digunakan sebagai investasi.

Margin dalam Index Future

Margin dalam Index Futures

Margin dalam Index Futures merujuk pada jumlah uang yang harus ditahan oleh seorang trader untuk membuka dan mempertahankan posisi dalam kontrak berjangka indeks. Margin ini berfungsi sebagai jaminan kepada broker atau bursa sebagai perlindungan terhadap potensi kerugian. 

Dalam trading Index Futures, margin yang diperlukan biasanya lebih kecil daripada jumlah sebenarnya dari indeks yang mendasari, memungkinkan para pelaku pasar untuk memanfaatkan leverage. 

1. Initial Margin

Initial Margin adalah jumlah uang yang harus disetor oleh seorang trader kepada broker sebagai jaminan ketika mereka memulai posisi baru dalam kontrak futures indeks. Margin ini bertujuan untuk melindungi pasar dan pihak-pihak yang terlibat dari potensi kerugian besar. Initial Margin dihitung berdasarkan volatilitas pasar dan risiko yang terkait dengan kontrak futures tertentu. 

2. Maintenance Margin

Maintenance Margin adalah jumlah dana minimum yang harus dipertahankan oleh seorang trader di akunnya untuk mempertahankan posisi berjangka pada indeks tertentu, seperti S&P 500 atau Dow Jones. 

Ini berbeda dengan margin awal yang diperlukan untuk membuka posisi. Jika saldo akun turun di bawah tingkat maintenance margin yang ditentukan oleh bursa, trader akan mendapat margin call, yang memaksa mereka untuk menambah dana ke dalam akun mereka. 

3. Variation Margin

Variation Margin (VM) adalah dana yang harus ditransfer antara pihak yang berpartisipasi dalam kontrak berjangka indeks setiap hari atau lebih sering, sesuai dengan perubahan harian dalam harga kontrak berjangka. 

Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko yang timbul akibat fluktuasi harga kontrak. Jika harga bergerak melawan posisi trader, pihak yang mengalami kerugian harus membayar VM kepada pihak yang mengalami keuntungan, dan sebaliknya. 

Cara Menggunakan Indeks Future

Untuk menggunakan indeks futures dengan bijak, penting untuk memahami konsep dasar, strategi, serta risiko yang terkait dengan jenis investasi ini. 

1. Pahami Indeks yang Ditradingkan

Memahami Indeks yang ditradingkan dapat memberikan pandangan yang sangat berguna mengenai kinerja indeks yang mendasarinya. Dalam trading Index Futures, para trader mencari petunjuk tentang arah pergerakan harga indeks masa depan. 

Informasi ini sangat penting karena dapat membantu para trader membuat keputusan yang lebih cerdas, mengidentifikasi peluang, serta mengelola risiko dengan lebih baik. 

2. Buka Akun Trading

Sebelum memulai trading dalam indeks Future, seorang trader perlu membuka akun terlebih dahulu di broker atau platform trading yang memberikan akses ke indeks Future diinginkan. Ini dilakukan agar dapat mengidentifikasi dan memverifikasi identitas trader. Membuka akun juga memungkinkan pemilihan jenis akun yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko.  

3. Lakukan Analisis

Analisis dalam trading index future

Analisis dalam trading index future sangatlah penting karena dapat membantu trader memahami tren pasar, mengelola risiko, dan mengidentifikasi peluang trading dengan lebih baik. 

Analisis juga membantu dalam pengambilan keputusan trading jangka panjang dan meningkatkan transparansi dalam trading, mengurangi pengaruh emosi dalam pengambilan keputusan. 

4. Atur Manajemen Risiko

Mengatur manajemen risiko dalam trading index futures sangat penting karena dapat membantu melindungi modal, menjaga emosi terkendali, menjaga kelangsungan trading jangka panjang, dan membangun disiplin trading yang konsisten. 

Manajemen risiko yang baik dapat membantu mengurangi kemungkinan kerugian besar dan mencegah pengambilan keputusan impulsif. Ini juga memastikan bahwa seorang trader memiliki modal yang cukup untuk bertahan dalam jangka panjang, meningkatkan peluang kesuksesan dalam pasar volatile dan berisiko tinggi.

Dalam praktiknya, melakukan trading indeks future dapat dilihat dari pergerakan arah grafik harga, di mana kamu bisa mencari pola-pola harga yang mengindikasikan perubahan pasar dengan memanfaatkan semua pemahaman yang disebutkan dalam artikel ini. 

Sebelum kamu memfokuskan untuk melakukan trading indeks futures dengan akun real dalam pasar finansial yang sangat dinamis ini. Alangkah baiknya, kamu mencoba terlebih dahulu menggunakan akun demo trading, sehingga kamu bisa menguasai strategi trading dan salah satu contoh penggunaan manajemen risiko yang baik. Akun demo ini banyak disediakan oleh broker-broker seperti HSB Investasi

Mulai Trading Index Future Tanpa Risiko!

Setelah menjelaskan topik di atas, ada satu hal penting lain yang perlu kamu pahami, bahwa setiap jenis trading indeks memiliki risiko yang mungkin bisa kamu temui setelah memasuki pasar finansial. Namun jangan khawatir ada langkah bijak untuk mencegah hal tersebut, yaitu kamu bisa menggunakan akun demo untuk menguasai pemahaman trading indeks future!

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB InvestasiAkun demo sendiri memungkinkan kamu untuk berlatih strategi trading, menguji rencana dan memahami cara kerja pasar tanpa harus menghadapi risiko finansial hingga mahir dalam trading. Inilah mengapa akun demo trading HSB berperan penting. Dengan akun demo ini, kamu bisa belajar trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan, sehingga kamu dapat meningkatkan kemampuan trading kamu dengan percaya diri. 

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu dalam menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. 

Aplikasi HSB Investasi juga mudah digunakan dengan adanya fitur CS online 24 jam, talent board dan menu deposit yang dapat membantu kamu dalam mengeksekusi trading jadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Selain itu, HSB menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga memastikan untuk mengedukasi seluruh tradernya melalui berbagai sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***. 

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu dipahami bahwa aktivitas trading dan investasi memiliki tingkat risiko yang harus dikelola dengan bijak. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik