Pengetahuan Dasar Emas Spot

A . Keberadaan dan Peran Spot Trading Dalam Ekonomi Modern

Spot trading saat ini termasuk kategori E-Commerce sebagaimana berperan dalam perdagangan bahan baku termasuk produk pertanian, logam, bahan bangunan dan varietas lainnya dengan model bisnis B to B.

  1. Dengan adanya Internet, spot trading dapat dilakukan dengan mudah. Pasar bertanggung jawab atas transaksi dengan transparansi, jaminan keamanan dan legalitas produk. Setelah transaksi selesai, pasar melakukan penyelesaian bagi kedua belah pihak dengan pengiriman fisik dan pemasukan untuk memastikan kepentingan bersama, sehingga masalah “hutang segitiga” dapat dihindari.
  2. Warehouse receipt (Resi Gudang) yang standar untuk menghindari produk palsu.
  3. Sistem distribusi terkendali agar kebutuhan dealer terpenuhi.
  4. Terciptanya spot trading memiliki peran yang tak tergantikan dalam peredaran barang dalam masyarakat Tiongkok dewasa ini.

 

Spot Trading adalah hal baru di bidang peredaran barang dan masih terus tumbuh dalam kehidupan ekonomi Tiongkok, tetapi operasional dan fungsinya yang canggih telah menjadi daya tarik masyarakat luas.

Perdagangan emas spot adalah perdagangan kontraktual yang didasari prinsip capital leverage.

Menurut standar perdagangan kontrak margin emas internasional, kontrak size untuk membeli 100 ons emas dinilai dengan harga 1 ons. Manfaatkan leverage 1:100 ini untuk melakukan transaksi emas.

 

B . Kelebihan Spot Trading

Spot Trading juga dikenal sebagai perdagangan komoditas spot secara online.      Sejak tahun 1997, Tiongkok telah mendirikan pasar perdagangan domestik             untuk berbagai produk komoditas dan jumlah transaksi perdagangan komoditas spot telah meningkat secara geometris. Hal ini menunjukkan bahwa Spot        Trading memberi kita ruang tak terbatas dalam hal perkembangan perdagangan.

  1. Jumlah Investor yang terus bertambah
  2. Informasi dan aturan yang jelas

Spot Trading memanfaatkan Internet sebagai pusat penawaran, secara terpadu, dan penyelesaian online. Menampilkan harga produk secara real-time yang kondusif bagi pedagang untuk menilai fluktuasi harga secara akurat dan cepat.

3.Operasi sederhana, Investasi cepat

Investor dapat menahan barang spot untuk pengiriman fisik jangka panjang, Investor dapat membeli atau menjual produk lindung nilai dalam jangka pendek,      mengatur harga. dengan kata lain Investasi kecil, risikonya kecil, pengembalian       cepat, dan profit tinggi.

C . Karakteristik Spot Trading

  1. Memiliki Warehouse receipt ( Resi Gudang ) yang standar
    Semua persyaratan Resi Gudang mencakup level, kualitas, kuantitas, termasuk warna atau jenis produk ditentukan sebelumnya dan memenuhi standar.
  2. Transaksi secara online

Pasar perdagangan komoditas spot mempunyai sistem manajemen yang              terorganisir dan ketat, semua transaksi akhir dilakukan secara online.

3. Transaksi dua arah dan mekanisme investasi yang fleksibel

Dengan memiliki Resi Gudang yang standar, sebagian besar transaksi dapat   ditahan dengan Hedging ( lindung nilai ).

4. Mekanisme laverage menyesuaikan kinerja transaksi secara bebas.

Sistem transaksi adalah bagian terpenting bagi para pedagang ketika memasuki  pasar bursa. Pasar perdagangan komoditas spot biasanya menyediakan sistem       ikatan kinerja 100% hingga 20%, sehingga pedagang dapat memilih metode        transaksi sesuai dengan situasi mereka.

 

Kendali emosi

Pedagang harus sabar dan dapat mengendalikan emosinya, tenang terhadap perubahan pasar seketika. Jika tidak, akan kehilangan peluang atau menderita kerugian karena ketidakpastian. Sebelum memasuki pasar sebaiknya persiapkan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Bagi pedagang pemula dapat mencoba transaksi margin kecil dan memilih produk dengan fluktuasi harga yang lebih stabil. Kuasai strategi perdagangan secara bertahap dan mengakumulasi pengalaman, meningkatkan skala transaksi kemudian memilih harga dengan berfluktuasi tajam.

 

Hindari Keuntungan Sesaat

Tidak seharusnya mempunyai keinginan untuk cepat untung dalam perdagangan. Hindari memasuki pasar karena mengikuti hasrat. Pedagang yang sukses umumnya dapat memisahkan emosi mereka dari kegiatan perdagangan, sehingga tren pasar tidak tunduk pada risiko yang lebih besar karena keinginan pribadi.

Siap Menerima Kegagalan

Investasi Margin adalah metode investasi berisiko tinggi. Kegagalan perdagangan tidak dapat dihindari dalam seluruh transaksi. Ini juga merupakan edukasi penting bagi pedagang untuk belajar dan mengumpulkan pengalaman. Hanya dengan kesimpulan cermat seorang pedagang dapat meningkatkan kemampuan investasi secara bertahap, menghindari risiko yang tidak jelas dan berusaha menargetkan profit.

 

Belajar Menunggu dan Mencermati

Melakukan transaksi setiap hari tidak hanya meningkatkan kemungkinan kesalahan, tetapi bisa menambah biaya margin yang lebih besar karena kecenderungan dekat dengan pasar. Menunggu dan mengamati adalah hal terbaik dalam menganalisa pergerakan pasar.

 

Tetapkan stop loss secara ketat dan wajar

Sebelum bertransaksi, para pedagang harus menetapkan stop loss secara ketat agar kerugian yang terjadi dapat ditoleransi. Jika penetapan stop loss terlalu lebar kerugian akan lebih berat, Jika rentang stop loss terlalu sempit posisi akan mudah terombang-ambing oleh kerugian kecil, sehingga kehilangan peluang keuntungan.

 

Saya Mampu

Jangan biarkan pandangan dan pendapat orang lain memengaruhi arah Investasi Anda. Begitu Anda menetapkan konsep awal di pasar, jangan mudah berubah!

 

Manfaatkan Peluang

Ketika harga menembus level pada waktu tertentu, transaksi jual-beli harus segera dilakukan.