Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Negara penghasil emas terbesar di dunia telah lama menjadi sorotan dalam industri pertambangan dan pasar keuangan global. Dengan kilauan yang mengagumkan dan nilai intrinsik yang tinggi, emas telah menjadi komoditas yang sangat dicari, tidak hanya untuk keperluan perhiasan, tetapi juga sebagai lindung nilai dalam situasi ekonomi yang tidak pasti. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi negara-negara yang mendominasi produksi emas di seluruh dunia, menggali faktor-faktor yang mempengaruhi produksi emas, dan dampaknya terhadap ekonomi global serta lingkungan.

Produksi emas telah menjadi pilar penting dalam ekonomi beberapa negara, membuka pintu menuju kemakmuran ekonomi dan peluang investasi yang tak terhingga. Namun, sementara banyak negara mencari kekayaan di bawah tanah mereka, ada pertimbangan etis dan lingkungan yang perlu diperhatikan dalam pengeksplorasian dan penambangan emas. Artikel ini akan membahas berbagai aspek dari negara penghasil emas terbesar di dunia, menggali lebih dalam ke dalam apa yang membuat mereka begitu signifikan dalam pasar emas global, serta mengingatkan pada tantangan dan tanggung jawab yang datang dengan kekayaan dari "logam mulia" ini.

Tiongkok

proses ekstraksi emas tiongkok

Tiongkok merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Sebagai produsen emas terkemuka, Tiongkok memiliki cadangan emas yang melimpah dan industri penambangan emas yang maju. Tiongkok menjadi kontributor produksi emas global sekitar 9 persen atau sebesar 332 ton.

Negara ini memiliki beberapa daerah dengan potensi emas yang kaya, seperti provinsi Shandong, Henan, Jiangxi, dan Fujian. Penambangan emas di Tiongkok dilakukan baik secara tradisional maupun dengan teknologi modern, termasuk menggunakan mesin berat dan metode canggih seperti flotasi dan penambangan skala besar.

Tiongkok juga memiliki sistem penjualan dan distribusi emas yang berkembang dengan baik. Negara ini memiliki bursa logam berharga, termasuk Bursa Emas Shanghai dan Bursa Emas Zhengzhou, yang memainkan peran penting dalam perdagangan emas global. Tiongkok juga menjadi salah satu konsumen terbesar emas di dunia, dengan permintaan emas yang kuat untuk keperluan investasi, perhiasan, dan industri.

Rusia

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini sukses menempati posisi kedua dengan hasil penambangan emas sebanyak 330,9 ton. Rusia merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Keberadaan sumber daya emas yang melimpah di berbagai wilayah Rusia membuatnya memiliki peran penting dalam industri emas global.

Rusia memiliki banyak ladang emas yang tersebar di seluruh wilayahnya, seperti Siberia, Ural, Timur Jauh, dan wilayah Krasnoyarsk. Provinsi Magadan di Timur Jauh Rusia terkenal sebagai salah satu wilayah dengan konsentrasi emas tertinggi di dunia. Selain itu, Siberia juga memiliki cadangan emas yang signifikan, termasuk ladang emas Olimpiada dan Sukhoi Log yang merupakan salah satu ladang emas terbesar di dunia.

Industri penambangan emas di Rusia menggunakan teknologi modern dan memiliki skala produksi yang besar. Perusahaan tambang terkemuka seperti Polyus, Norilsk Nickel, dan Alrosa merupakan pemain utama dalam industri emas Rusia. 

Australia

proses produksi emas australia

Peringkat ketiga negara penghasil emas terbesar di dunia diraih oleh Australia. Nama negara sekaligus benua ini mencatatkan peningkatan hasil pertambangan selama tujuh tahun berturut-turut. Perolehan total dari ekstraksi logam mulia ini mencapai 315,1 ton.

Australia, sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia, memiliki peran yang signifikan dalam industri emas global. Keberadaan ladang-ladang emas yang kaya di Australia, terutama di wilayah seperti Kalgoorlie dan Australia Barat, telah berkontribusi pada produksi emas yang besar.

Industri penambangan emas di Australia didukung oleh teknologi modern dan inovasi dalam praktik penambangan. Perusahaan-perusahaan penambangan terkemuka seperti Newcrest Mining, Northern Star Resources, dan Evolution Mining beroperasi di Australia dan menggunakan metode penambangan yang efisien dan berkelanjutan..

Kanada

emas produksi kanada yang mendunia

Kanada, negara yang juga merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia, memainkan peran penting dalam industri emas global. Ladang-ladang emas yang terletak di berbagai wilayah Kanada, seperti Ontario, Quebec, dan British Columbia, memiliki potensi besar dalam produksi emas. Kanada berhasil menyalip Amerika Serikat (AS) dengan jumlah penambangan emas sebesar 192,9 ton.

Industri penambangan emas di Kanada mengandalkan teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan ternama, seperti Barrick Gold, Newmont Goldcorp, dan Agnico Eagle Mines, beroperasi di Kanada dan berkontribusi dalam produksi emas yang signifikan.

Amerika Serikat

Amerika Serikat, sebagai negara dengan peran penting dalam industri emas global, merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia. Potensi emas di Amerika Serikat terletak di berbagai wilayah seperti Nevada, Alaska, dan California.

Negara adidaya harus berpuas diri dengan perolehan posisi kelima. Jumlah ekstraksi emas di AS sebesar 186,8 ton.

Industri penambangan emas di Amerika Serikat didukung oleh teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan terkemuka, seperti Newmont Goldcorp dan Barrick Gold, beroperasi di Amerika Serikat dan berkontribusi dalam produksi emas yang signifikan.

Ghana

Sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia rangking ke-6 dan nomor satu di Afrika, Gana mencukupi kebutuhan global sebanyak 129,2 ton.

Ghana, negara di Afrika Barat, memiliki peran yang signifikan dalam industri emas global dan dikenal sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Potensi emas di Ghana terletak di berbagai wilayah seperti Ashanti, Tarkwa, dan Obuasi.

Selain produksi emas, Ghana juga memiliki pasar emas yang aktif. Kota Kumasi di Ghana tengah terkenal dengan Pasar Emas Kejetia, salah satu pasar emas terbesar di Afrika Barat, di mana transaksi perdagangan emas terjadi secara luas. Pasar ini menjadi pusat bagi penjual, pembeli, dan investor emas di wilayah tersebut.

Peru

Peru, negara di Amerika Selatan, memiliki peran penting sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Potensi emas di Peru terletak di berbagai wilayah seperti La Libertad, Cajamarca, dan Arequipa.

Industri penambangan emas di Peru mengandalkan teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan terkemuka, seperti Buenaventura, Newmont Corporation, dan Barrick Gold, beroperasi di Peru dan berkontribusi dalam produksi emas yang signifikan jumlah output dari wilayah ini hanya 127,3 ton. 

Meksiko

Meksiko, negara di Amerika Tengah, memiliki kontribusi penting dalam industri emas global sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Potensi emas di Meksiko terdapat di berbagai wilayah seperti Sonora, Chihuahua, dan Guerrero.

Industri penambangan emas di Meksiko mengandalkan teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan ternama, seperti Fresnillo plc dan Goldcorp Inc., beroperasi di Meksiko dan berperan dalam produksi emas yang signifikan. Menurut World Gold Council, hasil ekstraksi emas di negara ini sebanyak 124,5 ton. 

Selain sebagai produsen, Meksiko juga memiliki peran penting dalam perdagangan emas. Kota Mexico City menjadi pusat perdagangan emas yang signifikan, dengan adanya lembaga keuangan dan pasar logam berharga yang aktif. Di samping itu, Meksiko juga memiliki Bursa Efek Meksiko (BMV), tempat terjadinya perdagangan logam berharga dan instrumen keuangan lainnya.

Indonesia

Indonesia menyabet posisi ke-9 dengan total produksi emas sebesar 117,5 ton. sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia, memainkan peran yang signifikan dalam industri emas global. Potensi emas di Indonesia terdapat di berbagai wilayah seperti Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.

Industri penambangan emas di Indonesia didukung oleh teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan terkemuka, seperti PT Freeport Indonesia dan PT Antam Tbk, beroperasi di Indonesia dan berkontribusi dalam produksi emas yang besar.

Pemerintah Indonesia memiliki peran penting dalam mengelola industri emas. Mereka menerapkan kebijakan dan regulasi yang bertujuan untuk melindungi sumber daya alam, mendukung praktik penambangan yang bertanggung jawab, dan meningkatkan nilai tambah dalam sektor ini. Pemerintah juga mendorong peningkatan ekspor emas olahan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan negara.

Afrika Selatan

Afrika Selatan, Negara tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2010 ini menghasilkan emas sekitar 113,6 ton. Sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia, memainkan peran sentral dalam industri emas global. Potensi emas di Afrika Selatan terletak terutama di wilayah Witwatersrand, yang dikenal sebagai salah satu daerah dengan konsentrasi emas tertinggi di dunia.

Industri penambangan emas di Afrika Selatan menerapkan teknologi modern dan metode penambangan yang efisien. Perusahaan-perusahaan penambangan terkemuka, seperti AngloGold Ashanti dan Gold Fields, beroperasi di negara ini dan berkontribusi secara signifikan dalam produksi emas global.

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi!

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik