Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Pipa Terminal BBM Pertamina Bocor, Ribuan Warga Tuban Dievakuasi

Dilansir dari CNN Indonesia, Pipa Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PT Pertamina Patra Niaga di Fuel Terminal Tuban, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang merupakan salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia dilaporkan mengalami kebocoran sekitar pukul 02.00 WIB pada Senin (10/6). Akibat kebocoran tersebut, ribuan warga di Desa Tasikharjo terpaksa mengungsi.

Evakuasi dilakukan oleh petugas yang memindahkan warga ke dua lokasi yang lebih aman. Kepala Desa Tasikharjo, Damuri, mengonfirmasi bahwa kebocoran pipa tersebut menimbulkan kabut asap berbau menyengat yang menyebabkan sesak napas, pusing, dan sakit perut bagi warga.

"Ribuan warga panik dan berlarian keluar rumah," ujar Damuri pada Senin (10/6). Ia berharap Pertamina segera menangani kebocoran ini agar tidak berdampak lebih buruk bagi masyarakat.

Sekitar 1.500 warga dari tiga dusun di Desa Tasikharjo telah dievakuasi oleh Pertamina bersama BPBD dan rumah sakit. Warga mengalami gejala mual, pusing, dan sesak napas akibat menghirup kabut asap. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satrio Nurseno, melaporkan bahwa 1.830 warga terdampak kebocoran pipa BBM tersebut. BPBD Jatim telah mendirikan tenda pengungsian dan memasok logistik berupa masker dan makanan siap saji.

"Saat ini kondisi berangsur normal dan sebagian besar warga telah kembali ke rumah," kata Satrio. Pertamina Patra Niaga bergerak cepat menangani kebocoran dan mengevakuasi warga. Ahad Rahedi, Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus, menyatakan bahwa Pertamina terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keselamatan warga yang mengungsi.

"Tim terus mendampingi warga di posko pengungsian BPBD dan memastikan kondisi serta kebutuhan mereka terpenuhi," jelas Ahad dalam sebuah pernyataan tertulis. Pemeriksaan medis dilakukan di posko dengan bantuan tim dari Puskesmas Jenu, dan kebutuhan konsumsi warga yang mengungsi dipastikan terjamin.

Baca Juga:  Apa Itu Mahkamah Pidana Internasional (ICC)? Berikut Tugas dan Wewenangnya

Ahad menegaskan tidak ada tumpahan BBM yang merembes ke area permukiman karena minyak tertahan di fasilitas oil catcher Pertamina Patra Niaga. Vapour cloud yang timbul dari rembesan minyak juga sudah tidak terdeteksi. Warga setempat diimbau untuk tidak merokok di dekat area tersebut.

Penyaluran BBM ke Surabaya telah berjalan normal kembali sejak pukul 09.00 WIB. Distribusi BBM di SPBU Tuban juga kembali normal pada waktu yang hampir bersamaan. "Distribusi mobil tangki untuk SPBU telah berjalan normal sejak pukul 08.30," tambah Ahad.

Sebagian besar warga yang sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing, dan Pertamina Patra Niaga terus memantau perkembangan situasi terkini.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik