Risalah pertemuan bulan Juli yang dikeluarkan oleh Federal Reserve pagi ini menunjukkan bahwa para pemipin Fed sepakat untuk “menjaga sikap independen dalam menentukan kebijakan suku bunga di masa depan”. Menghindari jalur tindak lanjut apa pun terhadap kinerja yang menyebabkan pasar mengharapkan penurunan suku bunga lebih lanjut oleh Fed, beberapa analis bahkan percaya bahwa setelah rilis risalah FOMC, kecil kemungkinan Fed akan memangkas suku bunga lagi. Setelah pengumuman risalah, indeks dolar AS naik sedikit; harga emas dalam volatilitas jangka pendek, tetapi secara keseluruhan tetap di area harga $1.500. Saat ini, investor memperhatikan pertemuan tahunan Bank Sentral Global di Jackson Hole dari Kamis hingga Sabtu, di mana Ketua Federal Reserve Powell akan mengeluarkan pidato, investor berharap untuk mencari petunjuk untuk tren suku bunga di masa depan.

Risalah pertemuan Fed kali ini tidak memberi sinyal untuk memangkas suku bunga. Indeks dolar AS mendekati level tertinggi tiga minggu yang turut mempengaruhi kinerja emas. Saat ini, munculnya sentimen risiko dan inversi suku bunga yang sering muncul minggu lalu, harga emas belum memperlihatkan gelombang pasangnya, menggiring investor bersikap hati-hati, prospek pasar masih perlu waspada terhadap koreksi jangka pendek. Setelah pemotongan suku bunga defensif, mampukah laju inflasi AS terus meningkat karena kenaikan harga konsumsi? Tentu hal ini akan berdampak pada ekspektasi pasar akan kebijakan moneter Fed dan tren emas. Saat ini, pandangan pasar cenderung pesimis tentang data ekonomi AS atau ekspektasi suku bunga, ditambah dengan resistance kuat yang menyentuh $1.530 oz pada periode sebelumnya, harga emas akan terus berosilasi di sekitar harga $1.500 untuk jangka pendek.

Analisis teknikal harga emas:

Harga emas naik turun di area $1.490 dua kali, koreksi kenaikan masih tetap terlihat namun tidak terlalu agresif, sisi atas mendapat tekanan dan tidak banyak terobosan untuk jangka pendek. Tren keseluruhan masih mempertahankan penyesuaian tinggi dalam kisaran yang diharapkan. Pada garis harian, setelah emas turun tajam pada hari Senin, tren bearish dan bullish datang bergantian pada hari Selasa dan Rabu. Keputusan suku bunga The Fed tidak menyebabkan selera pasar, harga emas tetap di kisaran US $1.500. MA5 / MA10 membentuk resistance jangka pendek di harga $1,508, sementara resistance utama ada di harga $1,513. Harga support tetap di area $1,492 minggu ini. Dalam lingkup operasi interval, harga emas masih mempertahankan tren penyesuaian tinggi. Beberapa Indikator jangka pendek memperlihatkan harga telah turun ke bawah. MACD menunjukkan tren penurunan berangsur-angsur meluas dan terus mempertahankan tren pembalikan harga.

Ringkasnya: dalam jangka pendek, meskipun dunia pasar modal terus melemah dan meningkatnya ketidakpastian perdagangan global, pasar terus fokus terhadap kebijakan moneter Fed, Tetapi tidak ada data ekonomi yang menunjukkan bahwa ekonomi AS dalam zona merah. Sekalipun pemangkasan suku bunga defensif The Fed dapat mendukung ekspektasi inflasi AS sampai batas tertentu, maka alasan karena inflasi yang kurang dari harapan tidaklah cukup. Sebaliknya, Pertemuan Tahunan Bank Sentral Global Jackson Hole akhir pekan ini dipandu bersama oleh bank sentral dunia, yang dipimpin oleh Ketua Federal Reserve Powell. Jika pelonggaran global diperkirakan akan dikonsolidasikan sepenuhnya pada saat itu, maka harga emas akan diharapkan untuk membuka gelombang kenaikan baru. Ini hanya prediksi pasar. Kuncinya adalah melihat isi pidato Powell. Tidak perlu terlalu banyak berspekulasi. Ini adalah hal yang paling penting untuk memahami situasi langsung. Dari segi analisa teknikal emas masih berada di kisaran $1.500 dengan mempertahankan penyesuaian jangka pendek disertai dengan tanda-tanda koreksi, tetapi trend kenaikkan masih kuat. Hari ini, pasar masih melihat pada penyesuaian kisaran. Prospek beli masih berpotensi dengan kendali risiko selalu menjadi prinsip pertama. Untuk titik masuk spesifik real-time spesifik, dipandu oleh pasar intraday.

Resistance jangka pendek: 1508/1513
Support jangka pendek di: 1495/1490

Strategi harga emas:

1. Jika pertama kali menyentuh di sekitar $1.508 lakukan jual, stop loss $4, target di 1501

2. jika koreksi turun di $1495 lakukan beli, stop loss $5, target di 1502, jika jatuh lagi tambah posisi

Strategi harga minyak mentah: koreksi turun ke 55.5 lakukan beli, stop loss $0.4 , target di 56.1

Strategi GBP / USD: rebound pendek di dekat 1.216 lakukan jual, stop loss 1.22, target di 1.210