Pemotongan Harga Besar-Besaran dari Arab Saudi Untuk Pasokan ke Asia Mendorong Harga Minyak Melewati Support Kritis

Arah: Bearish
Sell: 39.40
Target Profit: 39.00 – 37.80
Stop Loss:40.40
Peluang profit/lot: $400 – $1600

Analisa Fundamental

Harga minyak berjangka WTI memperpanjang kejatuhannya dan sempat menyentuh ke rendahan dua bulan di $38.57 pada awal perdangan sesi Asia sebelum akhirnya pulih kembali ke daerah $39.50.

Tekanan jual yang baru terhadap minyak terutama digerakkan oleh berita bahwa Arab Saudi membuat pemangkasan harga minyak mentah bulanan terdalam untuk para pelanggan Asia nya. Kerajaan memangkas harga Oktober untuk minyak mentah Arab Light grade untuk dijual di Asia selama akhir pekan. Arab Saudi melakukan pemotongan harga terbesar sejak Mei di pasar terbesar berdasarkan wilayah, karena harapan pemulihan permintaan bahan bakar memudar di salah satu pengekspor minyak utama dunia atas pandemi Covid-19 yang tidak pernah berakhir.

Harga Arab Light mendapat diskon sekitar 50 sen di bawah patokan regional. Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas bumi negara tersebut, juga akan memangkas harga untuk minyak lebih ringan ke Eropa barat laut dan kawasan Mediterania. Sebelumnya, Aramco juga memangkas harga minyak untuk pembeli di AS pada April 2020.

Analisa Teknikal

Berdasarkan grafik 4H, Ekstensi dominasi sellers di bawah 38.78, Penurunan lebih lanjut dari harga minyak akan berhadapan dengan support terdekat di 38.85 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 38.00 dan kemudian 37.15. Fase koreksi naik minyak akan menjumpai resistensi awal pada level 39.57, lalu 40.40, resisten kuat pada level 41.05.


(Gambar tercantum menunjukkan tren grafik 4 jam dan harian USOil)

[Disclaimer: Konten artikel hanya bersifat spekulatif dan tidak menjamin.]

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.