RINGKASAN

▪ Lockdown Australia & Imbasnya Terhadap Dollar
▪ Emas Perkasa Ditengah Meningkatnya Kasus Covid-19
▪ Reli Minyak Terhenti, Namun Trend Besarnya Masih Bullish

Lockdown Australia & Imbasnya Terhadap Dollar

Dolar AS perlahan menguat lagi terhadap major currency karena meningkatnya penyebaran virus corona khususnya di negara bagian Texas dan lockdown yang kembali dijalankan di Australia, mengurangi risk appetite dan bergeser ke safe haven currency seperti Dollar. Mata uang berisiko, seperti Aussie yang sudah reli sejak April berkat meningkatnya risk appetite, terkoreksi tajam kemarin. Di kota Melbourne Australia, kembali diterapkan lockdown diperkirakan berimbas negatif ke ekonomi Australia. Sementara di AS, Florida juga telah menghentikan pembukaan ekonomi ketika kasus virus melonjak puluhan ribu secara nasional dan korban jiwa sudah mencapai 130 ribu. Cukup kontras dengan Australia, di Eropa justru melonggarkan lockdown, sehingga nilai tukar Euro lebih stabil. Secara terpisah, Pair GBP/USD menguat 0,51% berkat optimisme bahwa negosiator dagang Inggris dan Uni Eropa bisa menemukan titik temu dalam perundingan Brexit yang akan diadakan minggu ini.Di nilai tukar, pairing GBPUSD dan cross rate GBPAUD yang masih menunjukkan trend bearish sementara mata uang lainnya berpotensi sideways dalam range trading yang cukup lebar. Range trading EURUSD diperkirakan di antara 1.11 – 1.13, sedangkan GBPUSD di 1.22 – 1.25.

Emas Perkasa Ditengah Meningkatnya Kasus Covid-19

Harga emas reli tajam diatas $1790 per troy ons kemarin, mendekati level psikologi $1800 per ons, didorong oleh lonjakan kasus Covid-19 yang memicu spekulasi pasar bahwa akan ada respons tambahan stimulus stimulus yang kembali mendevaluasi nilai Dollar AS. Alhasil Emas pun perkasa, sepanjang tahun ini, logam mulia tersebut sudah menguat 18% seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, yang mendorong kotakota di AS membatalkan pembukaan kembali. Pergerakan Emas selanjutnya berpotensi sideways karena tidak begitu banyak data hari ini, kecuali beberapa data yang sifatnya medium impact. Di Eropa, ada EU Economic Forecasts, yang akan memberi gambaran mengenai prospek ekonomi negara-negara di kawasan blok tersebut. Sementara data AS, ada data cadangan minyak versi Energy Information Administration (EIA) yang diperkirakan turun 3,2 juta barel. Trend Emas diperkirakan masih bullish, dengan range trading di kisaran 1762 – 1802 per troy ons.

Reli Minyak Terhenti, Namun Trend Besarnya Masih Bullish

Reli minyak sedikit terhenti setelah American Petroleum Institute (API) melaporkan cadangan minyak AS mengalami kenaikan sebesar 2,048 juta barel minggu lalu. Di minggu sebelumnya API melaporkan cadangan minyak AS mengalami penurunan 8,156 juta barel. Penurunan tersebut merupakan penurunan terbesar di tahun ini. API juga melaporkan cadangan bensin turun 1,825 juta barel, dan cadangan distilasi turun 847 juta barel. Sementara itu, laporan EIA menunjukkan bahwa produksi minyak AS saat ini sudah turun dari 13,1 bph di bulan Maret menjadi 11 juta bph pada 26 Juni. Kontrak minyak WTI untuk 5 bulan kedepan masih menunjukkan trend kenaikan, mengindikasikan pasar tengah mendiskon potongan supply dan perbaikan permintaan. Namun korelasi minyak WTI 5 bulan kedepan vs yield obligasi mulai disconnect, dimana pasar obligasi masih mendiskon suramnya ekonomi dan tingkat permintaan. Meski trend minyak bullish waspada pada koreksi bearish, range trading minyak WTI diperkirakan di kisaran 37.44 – 41.34.

The rate and other information rendered herein by education & analysis PT Handal Semesta Berjangka has been obtained from sources we believe reliable, but we can’t represent that they are complete and accurate. We are not responsible to any offer to sell or solicitation of an offer to purchase base on the rate and information contained.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.