Pasar Khawatir Pemulihan Ekonomi Yang Berjalan Lambat Akan Memengaruhi Permintaan Minyak

Arah: Bearish
Sell: 40.30 Target Profit : 39.80 – 39.20 Stop Loss:41.00
Peluang profit/ lot: $500 – $1100

Analisa Fundamental

Harga minyak mentah dunia pada akhir pekan lalu berakhir turun cukup dalam, ini merupakan penurunan terparah sejak Juni. Anjloknya harga minyak dunia ini imbas kehawatiran tentang pemulihan ekonomi yang lambat dari virus corona atau Covid-19. Pemulihan yang lambat ini menambah kekhawatiran terhadap pelemahan demand atau permintaan akan minyak.

Harga saham AS merosot seiring kekhawatiram investor terkait pemulihan ekonomi. Terlebih, data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan, jumlah warga AS yang mengajukan klaim pengangguran baru mencapai 881.000. Pengajuan klaim ini pun terus meningkat, dengan jutaan orang menganggur.

Harga acuan kedua minyak ini turun lebih dari 2% setelah data Energy Information Administration AS (EIA) menunjukkan permintaan BBM domestik pekan lalu turun menjadi 8,78 juta barel per hari (bph) dari 9,16 juta bpd. Penurunan tersebut juga diikuti konsumsi produk minyak.

Kejatuhan harga minyak mentah juga disebabkan kenaikan dolar AS belakangan ini. Indeks dolar AS berhasil bangkit dan stabil disekitar 92.80. Dolar AS telah terus mengalami rally pada akhir minggu lalu dengan bagusnya data-data ekonomi yang keluar dari AS. ISM PMI menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Tingkat pengangguran mengejutkan turun ke 8.4%. NFP naik sebanyak 1.371.000 sesuai dengan yang diperkirakan.

Analisa Teknikal

Berdasarkan grafik 4H, Pergerakan di atas 42.77, memperkuat bullish minyak. Bila gagal dan tertekan di bawah 41.00, rentan terpelanting menuju support kritis 40.40. Pergerakan di bawah 39.50, memperkuat bearish minyak. Test berikut 39.00 dan 38.40.

[Disclaimer: Konten artikel hanya bersifat spekulatif dan tidak menjamin.]

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.