JPY Menguat Tajam dan Menyentuh Support di 102.750 , Faktor Kekhawatiran Pelaku Pasar Terhadap Dollar Amerika Masih Dominan

Peluang Bearish
Open Sell di 103.250
Target Profit di 102.750
Stop Loss di 103.650
Profit / Lot: $500

Analisa Fundamental

JPY sempat menguat tajam terhadap Dollar Senin lalu, dan sempat menyentuh target support di bawah 102.750, sebelum akhirnya mengalami rebound dan menutup pasar Amerika di harga 103.130.

Penguatan JPY dimulai saat data Jibun Bank Manfacturing PMI Final tampil bagus di angka 50, di atas prediksi 49.7. Setelah itu index Dollar kembali tertekan 89.42, pelaku pasar nampaknya menunggu hasil akhir pemilihan ulang Senat di negara bagian Georgia, dimana apabila Partai Demokrat menang, maka akan menguasai Senat dan parlemen yang artinya akan memuluskan berbagai kebijakan Presiden terpilih Joe Biden, terutama dalam menggelontorkan stimulus.

Analisa Teknikal

Walaupun trend turun masih terbentuk konsisten, terutama saat USDJPY dalam grafik harian menembus pola descending triangle, namun perlu di waspadai munculnya pola – pola reversal yang muncul secara teknikal. Ada dua sinyal pertama terbentuknya candle hammer dan pola konvergensi antara grafik harga dengan indikator stochastic dan RSI. Saat ini USDJPY kembali berpeluang menuju 102.750 – 102.500, dengan resistan ada di 103.600.

Grafik 4 jam dan harian

[Disclaimer: Konten artikel hanya bersifat spekulatif dan tidak menjamin.]

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.