RINGKASAN

▪ Poundsterling Ambruk Ditengah Kecemasan Brexit
▪ Emas Membukukan Penguatan Kwartalan Terbesar
▪ Harga Minyak Stabil Paska Data Ekonomi China

Poundsterling Ambruk Ditengah Kecemasan Brexit

Dollar menguat tipis karena pelaku pasar mulai beralih ke mata uang safe haven ditengah meningkatnya kasus Covid-19, diimbangi dengan solidnya data ekonomi AS. Investor juga menyesuaikan portofolionya akhir ulan dan akhir kwartalnya menjelang data ketenagakerjaan nonfarm payrolls AS dengan menjual saham yang sudah meroket dan beralih ke pasar aset aman seperti obligasi dan Dollar. Meningkatnya jumlah kasus virus corona telah memaksa beberapa negara bagian AS membatalkan pembukaan kembali ekonominya, seperti Texas, Florida dan California. Di sisi lain, data-data ekonomi mulai menunjukkan pemulihan. Data semalam menunjukkan existing home sales rebound dengan rekor teringginya di Mei. Pelaku pasar juga tengah menimbang data non-farm payroll AS, yang diperkirakan tumbuh 3 Juta di Juni. Namun, proyeksi mengenai data NFP tersebut beragam, dari hanya 405 ribu pekerjaan hingga 9 juta. Mata uang Poundsterling melemah ke level terendah satu bulan berbanding dollar AS kemarin di tengah kekhawatiran tentang bagaimana Inggris akan membayar program infrastruktur yang direncanakan. Selain itu, sterling semakin tertekan karena kurangnya kemajuan dalam perundingan post Brexit. Pasar mulai ragu apakah Inggris bisa menandatangani kesepakatan dengan Uni Eropa mengingat singkatnya tenggat waktu yang disediakan. Di nilai tukar, pairing GBPUSD dan cross rate GBPAUD yang masih menunjukkan trend bearish sementara mata uang lainnya berpotensi sideways dalam range trading yang cukup lebar.

Emas Membukukan Penguatan Kwartalan Terbesar

Harga emas masih bertahan diatas $1760 per troy ons berkat meningkatnya permintaan safe haven, meski ada risiko yang tidak terduga dari sebagian investor yang mengabaikan pandemi Covid-19. Sepanjang kuartal kedua 2020, harga emas berjangka sudah naik sekitar 11,79% sekaligus merupakan penguatan kwartalan terbesar Emas. Lonjakan kasus virus corona di AS menjadi faktor utama atas kenaikan harga emas tersebut. Selain itu Emas diuntungkan oleh penurunan yield obligasi AS tenor 10-tahun, meski bursa saham Rebound namun pasar obligasi tidak bergeming di level rendah mencerminkan kondisi pelambatan ekonomi global, sehingga mendorong para pelaku pasar pertahankan Emas. Jika terjadi selloff Emas ke zona support $1735 – $1740 per troy ons potensial menambah minat beli para investor untuk mengincar target kenaikan selanjutnya di kisaran $1799- $1804 per troy ons.

Harga Minyak Stabil Paska Data Ekonomi China

Harga minyak menguat dekati level resiste $40 per barrel, didorong oleh adanya rilisan data ekonomi PMI manufaktur dan jasa China yang positif, China yang merupakan importir minyak mentah terbesar dunia diperkirakan mengalami peningkatan permintaan terhadap Minyak. Sentimen minyak juga terangkat bullish, setelah tanda-tanda penurunan produksi minyak shale di AS, ditunjukkan dengan turunnya jumlah rig sebesar 73% dari tahun lalu. Fokus Hari ini akan tertuju pada: Chicago PMI, Consumer Confidence, Powell serta data Pertumbuhan GDP Inggris dan Kanada, yang diperkirakan terkontrkasi masing-masng 2% dan 10,5%. Pasar juga akan mencemati pidato pejabat the Fed, termasuk sang ketua bank sentral Jerome Powell. Setelah terkoreksi dari level tinggi $40.99 – $41.56 per barrel, koreksi harga minyak kemungkinan terbatas di kisaran $35.64 – $36.15 per barrel.

The rate and other information rendered herein by education & analysis PT Handal Semesta Berjangka has been obtained from sources we believe reliable, but we can’t represent that they are complete and accurate. We are not responsible to any offer to sell or solicitation of an offer to purchase base on the rate and information contained.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.