RINGKASAN 3 Maret 2020

  • Poundsterling Perkasa Jelang Laporan Moneter BoE
  • Emas Bergerak Sideways Nantikan Rapat G7
  • Minyak Rebound Tertopang Potensi Intervensi OPEC

Poundsterling Perkasa Jelang Laporan Moneter BoE

Dollar turun ke level terendah satu bulan kemarin karena meningkatnya ekspektasi bahwa the Fed akan memangkas suku bunga untuk menangkal dampak negatif ekonomi akibat penyebaran virus corona. Ekspektasi muncul setelah pekan lalu ketua the Fed, Jerome Powell mengatakan bahwa the Fed akan bertindak sesuai untuk mendukung ekonomi. Pernyataan tersebut ditangkap oleh pasar sebagai isyarat adanya pemangkasan suku bunga ketika mereka menggelar rapatnya tanggal 17-18 mendatang.

Sementara itu, data semalam menunjukkan aktifitas manufaktur di Februari tumbuh dalam fase terlambatnya sejak enam bulan. Namun Poundsterling melemah juga meski Dollar melemah dan turun ke level terendah 4,5 bulan atas euro karena ketidakpastian perundingan post-Brexit antara Inggris dan Uni Eropa. Fokus selanjutnya akan tertuju pada laporan kebijakan moneter bank sentral inggris dihadapan komite keuangan parlemen Inggris, bila bernada hawkish, maka pairing GBPUSD berpeluang menguat lebih lanjut ke resisten 1.2850.

Emas Bergerak Mendatar Nantikan Hasil Rapat Kelompok Negara G7

Harga emas rebound tipis dari kejatuhan minggu lalu dan sempat meraih level $1600 lagi. Namun penguatan tersebut dibatasi oleh munculnya minat berisiko, seiring dengan kenaikan saham dan minyak karena adanya upaya stimulus dari bank sentral dunia guna mencegah rontoknya ekonomi akibat dampak virus corona. Rapat Menteri Keuangan Kelompok negara G7 di Prancis akan dipimpin oleh Mnuchin dan Powell, yang akan mendiskusikan langkah preventif untuk mengatasi kecemasan virus Corona. Apalagi berbagai gubernur Bank sentral seperti ECB, dan The Fed menegaskan akan mengambil langkah moneter yang diperlukan untuk menolong perekonomian. Alhasil sentimen positif di indeks saham kembali terpacu dan mengurangi daya tarik safe haven Emas. Secara keseluruhan, Emas berpeluang untuk bergerak mendatar bolak balik di kisaran $1575 – $1615 per troy ons.

Minyak Rebound Tertopang Potensi Intervensi OPEC

Harga minyak rally hampir 5.9% kemarin karena harapan adanya pemangkasan produksi oleh OPEC untuk mengimbangi berkurangnya permintaan minyak akibat dampak virus corona. OPEC akan menggelar rapat pada hari Kamis, sebelum mereka mengadakan rapat dengan 10 produsen minyak di luar OPEC, yang dipimpin Rusia. Arab Saudi berusaha mendorong kesepakatan untuk memangkas 1 juta bph, setelah pemangkasan 2,1 juta bph yang disepakati disepakati Desember lalu.

Harga minyak juga tertopang oleh harapan pemulihan ekonomi yang cepat setelah bank sentral dan menteri keuangan dunia akan bekerjasama agar ekonomi dunia terhindari dari kejatuhan. Penguatan minyak berpotensi berlanjut mengincar target resisten $49.00 -$51.00 per barrel.

market performance hsb investasi 3 mar 20

market technical overview hsb investasi 3 mar 20

index technical overview hsb investasi 3 mar 20

market mover calendar hsb investasi 3 mar 20

market mover calendar hsb investasi 3 mar 20

market mover calendar hsb investasi 3 mar 20

Disclaimer

The rate and other information rendered herein by education & analysis HSB has been obtained from sources we believe reliable, but we can’t represent that they are complete and accurate. We are not responsible to any offer to sell or solicitation of an offer to purchase base on the rate and information contained.