RINGKASAN 18 Februari 2020

  • Dollar Perkasa Terhadap Major Currency
  • Emas Melambung Tertopang Kecemasan Resesi Global
  • Minyak Keok Ditengah Turunnya Permintaan Minyak Dunia

Dollar Perkasa Terhadap Major Currency

Dollar stabil terhadap berbagai mata uang utama, seiring sentiment pengalihan resiko ditengah merebaknya kecemasan virus Corona yang mulai menyebar ke negara lain selain Tiongkok. Pairing EURUSD mendapatkan tekanan tambahan, karena harga yang sudah cukup rendah untuk melanjutkan trend penurunan memerlukan katalis berita baru, namun jika penurunan berlanjut pairing EURUSD berpotensi mengincar target support 1.0800 – 1.0750.

Selain itu AUDUSD juga menjadi fokus, dimana penguatan Dollar terhadap Aussie semakin terpacu setelah dirilis minutes rapat moneter RBA menunjukkan sikap bank sentral Australia kurang optimis, dan bahkan memberikan sinyalemen untuk pangkas suku bunga, yang berdampak negative untuk pairing AUDUSD mengincar target support 0.6680 – 0.6640.

Sementara peluang bullish GBPUSD masih kecil kemungkinan, karena hasil negosiasi Brexit terbaru antara negosiator David Front dengan Uni Eropa belum menghasilkan kesepakatan kondisi ketenagakerjaan dan lingkungan yang diinginkan Uni Eropa selepas Inggris keluar dari EU. Alhasil kekhawatiran no-deal Brexit kembali menghantui sentiment market, berpotensi menekan pairing GBPUSD ke kisaran support 1.2960 – 1.2900.

Emas Melambung Tertopang Kecemasan Resesi Global

Emas melambung tajam setelah berbagai berita terbaru antara lain keputusan Trump untuk memangkas Huawei dari supplier chip global, peringatan Apple bahwa pendapatan akan turun drastis akibat virus Corona, berbagai maskapai penerbangan, juga menderita ditengah turunnya jumlah penumpang akibat kecemasan virus Corona. Dampak ekonomi riil yang mulai terasa ini, menyebabkan para pelaku pasar mengevaluasi ulang apakah recovery dari penurunan tajam virus Corona, akan berjalan lebih lamban dan tidak seoptimis perkiraan semula bahwa recovery dapat berbentuk V-Shaped karena suntikan likuiditas pemerintah Tiongkok dan berbagai negara asia lainnya.

Pola teknikal yang terbentuk juga menunjukkan Emas siap melanjutkan super trend kenaikan berikutnya diatas level psikologis $1600 per troy ons. Jika terdapat penurunan Emas ke support $1580 -$1574 dapat menjadi zona beli untuk antisipasi dimulainya super trend kenaikan Emas berikutnya.

Minyak Keok Ditengah Turunnya Permintaan Minyak Dunia

Minyak keok lagi dari level resisten kemarin bersamaan dengan turunnya volume perdagangan yang sepi karena liburnya pasar AS dalam rangka President Day. Minggu lalu, harga minyak naik untuk pertama kalinya sejak awal Januari karena optimisme bahwa langkah-langkah stimulus ekonomi Cina dapat mengarah pada pemulihan permintaan minyak negara tersebut. Namun minyak keok lagi setelah lembaga International Energy Agency (IEA) mengatakan bahwa virus corona bisa menyebabkan turunnya permintaan minyak sebesar 435 ribu barel di kuartal pertama tahun. Minyak mentah AS berjangka berpotensi terkoreksi turun mengincar level support $51.50 -$51.00 per barrel akibat kecemasan baru virus Corona ini.

market performance hsb investasi 18 feb 2020

market technical overview hsb investasi 18 feb 2020

index technical overview hsb investasi 18 feb 2020

market mover calendar hsb investasi 18 feb 2020

market mover calendar hsb investasi 18 feb 2020

market mover calendar hsb investasi 18 feb 2020

Disclaimer

The rate and other information rendered herein by education & analysis HSB has been obtained from sources we believe reliable, but we can’t represent that they are complete and accurate. We are not responsible to any offer to sell or solicitation of an offer to purchase base on the rate and information contained.