RINGKASAN 19 Februari 2020

  • Dollar Masih Kokoh Di Level Tinggi
  • Emas Tembus Level Psikologis $1600 Per Troy Ons
  • Minyak Bergerak Mendatar Nantikan Keputusan OPEC

Dollar Masih Kokoh Di Level Tinggi

Dollar masih menjadi asset yang diincar para pelaku pasar seiring arus hot money mengalir pada investasi asset berbasis AS, melihat sedikit daya Tarik asset di negara lain. Fenomena penguatan Dollar ini tentunya tidak akan disukai Presiden Trump, yang berpotensi akan berupaya memberikan komentar negative pada Dollar melalui kicauan Twitternya, namun melihat potensi penurunan ekspetasi inflasi ke level 1.65%, dan The Fed berpotensi dovish jika bank sentral menilai factor penguatan Dollar dapat menganggu tekanan disinflasi, maka Dollar berpotensi mengikuti koreksi pelemahan ini. Trend satu arah Dollar ini, tidak dapat berlanjut selamanya tanpa membuat kesulitan bagi bank sentral. Oleh sebab itu patut diwaspadai rebound berbagai mata uang utama jika terjadi pelemahan Dollar, namun Emas masih justru tertopang oleh pelemahan Dollar ini.

Namun sebelum terjadi reversal pelemahan Dollar, berbagai mata uang utama kemungkinan akan membentuk pola pergerakan sideways dalam range trading yang sempit. Sehingga strategi jangka pendek dapat memanfaatkan choppy trading, sembari menunggu kisi-kisi dari The Fed atau kicauan Trump yang dapat melemahkan Dollar.

Emas Tembus Level Psikologis $1600 per Troy Ons

Harga emas naik ke atas level psikologi $1600 per troy ons kemarin setelah pernyataan perusahaan Apple yang mendorong investor melarikan dananya ke aset safe haven. Saham dan aset berisiko lainnya turun ketika pasar AS kembali buka setelah liburan President Day. Penurunan saham terjadi seteleh peringatan Apple yang kemungkinan tidak akan mencapai target pendapatan di kuartal 2 tahun ini karena wabah Covid-19 bisa menyebabkan turunnya penjualan di China. Peringatan Apple tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa wabah Covid-19 bisa memukul pertumbuhan global. Alhasil Emas dan obligasi AS menjadi primadona dan dibeli oleh para investor.

Namun anehnya, di pasar indeks saham AS hanya turun tipis, sedangkan minyak mentah AS berjangka berbalik ke level harga open. Ini Artinya tidak terjadi kepanikan jual di pasar saham Wall Street, dan di pasar Asia hari ini meski dirilis panduan laba Apple yang buruk, serta laporan ZEW Jerman yang sangat lemah. Tampaknya aksi jual para investor berkurang karena mereka dapat menggunakan portfolio hedging ke Emas untuk memitigasi kerapuhan ekonomi.

Melihat kedepan, jika data ekspor impor Korea kembali lemah, Manufaktur dan sektor Jasa PMI China turun, dan di awal Maret ISM manufaktur AS juga senada, dilanjutkan serangkaian data manufaktur PMI Zona Euro dan Jerman yang lemah, maka ini dapat menjadi katalis positif untuk Emas, karena para hedge fund manager akan kembali melakukan aksi beli Emas.

Minyak Bergerak Mendatar Nantikan Keputusan OPEC

Harga minyak flat kemarin, namun pasar kekhawatiran mengenai menurunnya permintaan masih membayangi sentimen, yang terlihat dari penurunan harga sebelumnya. Meski harga rebound menjelang penutupan pasar, penurunan sebelumnya menjadi peringatan bagi trader yang berharap bahwa harga sudah mencapai bottomnya setelah rebound pekan lalu.

Bullish minyak akan tergantung pada Rusia untuk menyetujui pengurangan output 600 ribu barel yang diusulkan oleh OPEC. Para produsen minyak tersebut akan bertemu di Wina pada tanggal 5-6 Maret mendatang untuk membahas langkah-langkah selanjutnya untuk menstabilkan pasar dari dampak Covid-19.

market performance hsb investasi 19 feb 2020

market technical overview hsb investasi 19 feb 2020

index technical overview hsb investasi 19 feb 2020

market mover calendar hsb investasi 19 feb 2020

market mover calendar hsb investasi 19 feb 2020

Disclaimer

The rate and other information rendered herein by education & analysis HSB has been obtained from sources we believe reliable, but we can’t represent that they are complete and accurate. We are not responsible to any offer to sell or solicitation of an offer to purchase base on the rate and information contained.