PM Boris Johnson kembali menyerukan bahwa Inggris akan tetap keluar dari UE dengan atau tanpa kesepakatan, ini membuat pair GBPUSD kembali terpuruk

By FXSTREET

Inggris yang telah melakukan referendum keluar dari Uni Eropa pada tahun 2016, sepertinya akan kehabisan waktu dalam bernegoisasi masalah kesepakatan Brexit. Negara ini sejak 31 Januari 2020 telah masuk dalam masa transisi dimana di Uni Eropa, Inggris sudah tidak mempunyai hak suara dalam hal politik tetapi masih mempunyai hak lainnya seperti negara di kawasan tersebut, sampai 31 Desember 2020.

Masalah paling krusial yang belum dapat disepakati oleh Uni Eropa dan Inggris adalah masalah perdagangan , bantuan dan penangkapan ikan, dimana sampai tadi malam tidak ada perkembangan yang berarti saat negoisasi berlangsung.

Kesepakatan keduanya harus terjadi dalam pembicaraan minggu ini dan diratifikasi oleh Parlemen kedua negara agar terhindar dari Hard Brexit. Ketidaksepakatan atas perjanjian Brexit hanya akan membuat Inggris akan terkena perjanjian dagang dengan aturan tariff dari WTO yang sangat tinggi dan akan merugikan negara tersebut.

Penemuan vaksin covid-19 oleh perusahaan farmasi Moderna dilaporkan efektif 94% yang melebihi efektivitas vaksin temuan Pfizer dengan efektivaksitas 90%. Keadaan ini tentunya membuat harapan baru akan pertumbuhan ekonomi domestic Amerika Serikat dan ekonomi global. Seberapa cepat pengesahan vaksin tersebut akan memperpendek durasi pandemic dan memulihan perekonomian negara Amerika Serikat.

Efek Terhadap Pasar

Pembicaraan kesepakatan perjanjian Brexit dan hapan perbaikan ekonomi Amerika Serikat karena penemuan vaksin covid-19, akan membuat pair GBPUSD kembali tertekan dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair GBPUUSD bergerak dalam range 1.3164 – 1.3267

Trading Plan

Sell Limit 1.3267 – 1.3306 dengan target 1.3142 – 1.3164

Grafik GBPUSD timeframe D1

Perhatian: Pantau Grafik Harga Aktual Pada Time-Frame Lain

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.