Euro Miliki Tiga Alasan Untuk Naik Meskipun Kekhawatiran Covid

By FXSTREET

Di lain hari, lain rekor tertinggi dalam kasus COVID-19 AS dan rawat inap. Gambaran yang mengkhawatirkan membebani pasar dan langkah klasik adalah langkah menuju dolar AS safe-haven. Akankah EUR/USD jatuh? Tidak secepat itu. Ada tiga alasan untuk melihat pergerakan ke atas pada titik ini.

1) Perataan kurva tentatif

Sementara beberapa rumah sakit Amerika kewalahan dengan kasus COVID-19, ada secercah harapan di Eropa. Beberapa negara telah mengambil langkah-langkah – dari menghentikan aktivitas hingga lockdown total – dan ini mulai membuahkan hasil.
Penurunan kasus yang berkelanjutan akan menyiratkan tekanan yang lebih rendah pada rumah sakit dan kesempatan untuk mengaktifkan kegiatan tambahan menjelang Natal. Sejauh ini, Menteri Keuangan Jerman Jens Spahn tetap berhati-hati, begitu pula Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa, menyebut vaksin yang akan datang sebagai ” melihat sisi lain dari sungai yang lebar ” dan juga menyerukan dukungan fiskal dan moneter tambahan untuk menghadapi kesulitan. Namun demikian, masih ada ruang untuk optimisme.

2) Penyelesaian pemilu AS

Presiden terpilih Joe Biden terus membangun timnya menjelang hari pelantikan pada 20 Januari. Sementara Presiden Donald Trump menolak untuk menyerah, anggota Partai Republik lainnya mengucapkan selamat kepadanya atau menelepon Gedung Putih untuk berbagi briefing intelijen dengan pemerintahan yang akan datang –- sebuah pengakuan atas hasilnya.

Penghitungan terbaru menempatkan Arizona dengan kuat di kolom Biden dan penghitungan ulang di Georgia sepertinya tidak akan mengubah gambaran tersebut. Trump belum berbicara di depan umum selama lebih dari seminggu, tetapi tweetnya fokus pada Fox News – menuduh mereka tidak mendukungnya. Mencari siapa yang harus disalahkan adalah tanda bahwa dia juga akan menerima kekalahannya.

Peluang yang lebih rendah dari pemilihan yang diperebutkan juga dapat berkontribusi pada suasana yang lebih tenang di pasar, membatasi keuntungan apa pun oleh dolar.

3) Imbal hasil menurun

Imbal hasil Treasury sepuluh tahun AS telah melanjutkan penurunannya, dan itu mungkin membebani dolar. Pengembalian obligasi patokan hampir mencapai 1% pada hari Senin, menyusul berita mengejutkan Pfizer tentang kemanjuran 90% dalam kandidat vaksinnya.

Rotasi dari obligasi ke saham memungkinkan greenback untuk memulihkan penurunan awal dan mengirim EUR/USD jatuh dari tertinggi di atas 1,19 ke di bawah 1,18. Gerakan sebaliknya mungkin terjadi sekarang.

Secara keseluruhan, EUR/USD memiliki ruang untuk naik, meskipun Amerika kehilangan kendali atas virus.

Angka Produk Domestik Bruto Zona Euro untuk kuartal ketiga kemungkinan akan mengkonfirmasi pembacaan awal pertumbuhan 12,7% – datang setelah keruntuhan pada kuartal kedua. Di AS, Indeks Sentimen Konsumen awal Universitas Michigan ditetapkan untuk tetap di atas 80, mempertahankan kenaikan baru-baru ini tetapi masih tetap di bawah level pra-pandemi.

Analisa Teknikal

Euro/dolar telah merebut kembali Simple Moving Averages 50, 100 dan 200 pada grafik empat jam, sebuah tanda bullish. Di sisi lain, momentum marginal ke sisi bawah. Secara keseluruhan, gambarannya beragam.

Resistance menunggu di 1,1820, titik tertinggi pada hari Kamis, diikuti oleh 1,1860, swing high dari awal November. Baris berikutnya adalah 1,19 dan 1,1920.
Support menunggu di 1,1780, yang merupakan swing high di awal minggu, diikuti oleh 1,1740, terendah mingguan. Lebih jauh ke bawah, 1,17 dan 1,1850 menunggu EUR/USD.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk trading forex, emas, oil dan index saham di HSB Investasi. Segera daftar untuk mendapatkan kesempatan komisi trading hingga $0 / lot.