Home Analisa Teknikal Forex Ketahui 8 Strategi Trading dengan Analisa Pola Candlestick Akurat

Ketahui 8 Strategi Trading dengan Analisa Pola Candlestick Akurat

by HSB
0 comment

Harga aset trading dan investasi bergerak sangat cepat setiap harinya. Bentuk pergerakan ini bisa Sobat Trader lihat dengan menganalisa strategi trading dengan candlestick. Istilah Pola Candlestick ini akan banyak kamu temui dalam aktivitas finansial jual-beli instrumen trading di pasar modal.

Dengan membaca dan menafsirkan pola candlestick, kamu dapat menganalisis kecenderungan pergerakan harga dan akurasi perhitungannya di pasar modal. Jika sudah memahami cara membacanya, Sobat Trader dapat dengan mudah mengetahui strategi trading yang #SeriusAman sesuai dengan pergerakan harga aset.

Meskipun terlihat sedikit rumit dengan pola grafik yang penuh warna dan terdiri dari berbagai ukuran, pada kenyataannya memahami pola candlestick itu mudah kok Sobat Trader! Kupas tuntas penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa Itu Pola Candlestick Trading?

Lebih dari 100 tahun sebelum Barat mengembangkan Chart Pattern, Jepang sudah lebih dulu mengeluarkan konsep Pola Candlestick. Pada tahun 1700-an, seorang pria Jepang bernama Honma menemukan bahwa, sementara ada hubungan antara harga dan penawaran dan permintaan beras, pasar sangat dipengaruhi oleh emosi dan keputusan para pedagang yang terlibat di dalamnya.

Emosi dan keputusan para pedangan atau trader digambarkan secara visual dengan Pola Candlestick yang menunjukkan ukuran pergerakan harga dengan warna yang berbeda.

Singkatnya, Candlestick adalah jenis grafik yang mencerminkan pergerakan harga waktu nyata berdasarkan kerangka waktu yang digunakan. Pola Candlestick umumnya mencerminkan apa yang terjadi di pasar.

Oleh karena itu, dengan memahami pola ini, Sobat Trader bisa memperoleh informasi tentang struktur harga, kekuatan dan kecenderungan arah pergerakannya, dinamika pembeli terhadap penjual serta proyeksi untuk harga di masa depan.

Baca juga: 7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

Elemen Utama Candlestick

Elemen Utama Candlestick

Pertama-tama, Sobat Trader harus mengetahui dulu 3 elemen utama yang selalu ada dalam setiap Pola Candlestick, yaitu:

1. Body Candlestick (Bar)

Pola Candlestick terdiri dari 2 bar yang umumnya ditunjukkan dengan merah dan hijau. Bar merah menunjukkan bahwa harga pembukaan (harga open) di pasar lebih tinggi dari harga penutupan (harga close). Biasanya, bar merah ditandai oleh pola gerakan tren ke bawah.

Sementara bar hijau berarti bahwa harga aset saat dibuka lebih rendah dari harga aset saat ditutup. Biasanya, bar hijau ditandai dengan pola tren harga ke atas.

Mengamati Bentuk Ukuran Tubuh Candlestick

Perhatikan bentuk dan ukuran bar candlestick untuk mengetahui pihak mana yang memiliki kecenderungan mengontrol kekuatan pergerakan harga di pasar, apakah pembeli atau penjual yang mendominasi.

2. Sumbu Pola Candlestick (Wick)

Elemen lainnya yaitu garis sumbu atau ekor yang menunjukkan informasi tentang fluktuasi pergerakan tren harga sesuai dalam periode waktu tertentu.

Sumbu atau ekor yang panjang menunjukkan harga pergerakan yang cepat dalam durasi tertentu, yang berarti volatilitas harga juga meningkat. Sumbu panjang biasanya terjadi pada akhir tren atau sebelum harga berbalik.

Memperhatikan Sumbu atau Ekor Candlestick

Untuk bisa memahami pergerakan harga aset trading di pasar, kamu juga perlu membaca bagian sumbu pola candlestick. Ukuran panjang atau pendeknya sumbu memberikan informasi harga yang bergerak sangat cepat pada periode waktu tertentu.

3. Indikator Harga

Setidaknya ada 4 indikator harga yang akan Sobat Trader temukan di setiap Pola Candlestick, yaitu:

  • Harga Open: Harga pembukaan awal saat perdagangan buka hari ini
  • Harga Close: Harga penutupan perdagangan akhir kemarin
  • Low: Indikator harga terendah saat ini
  • High: Indikator harga tertinggi saat ini

Baca juga: 20 Istilah dalam Trading Yang Trader Pemula Harus Ketahui

Kelebihan Membaca Candlestick

Kelebihan Candlestick

Telah digunakan sejak ratusan tahun silam, tentu menunjukkan bahwa membaca candlestick dapat dijadikan salah satu senjata untuk mendapatkan profit trading dari pergerakan harga di pasar modal. Berikut adalah kelebihan dari Pola Candlestick yang perlu Sobat Trader ketahui:

1. Informasi Sinyal Tren Harga

Harga aset atau instrumen trading bergerak sangat cepat setiap saat. Dengan menggunakan Pola Candlestick, kamu bisa dengan mudah membaca visual pergerakan harga dalam periode waktu tertentu.

Memahami Pola candlestick sangat membantu trader yang aktif, reaktif, dan agersif dalam menangkap peluang keuntungan trading di pasar.

Lebih mudah lagi, pola-pola yang muncul dalam Pola candlestick merupakan sebuah gambaran visual yang terjadi berulang-ulang dengan bentuk yang hampir selalu sama dalam kemunculannya. Karena itulah kamu bisa membaca candlestick untuk melihat sinyal pergerakan harga saat ini dan kencenderungan arah pergerakannya kemudian.

2. Pelengkap Analisa Teknikal

Sobat Trader bisa menggabungkan Pola candlestick dengan beberapa indikator lain untuk membuat analisa teknikal sebelum memutuskan untuk membuat strategi trading yang menguntungkan.

3. Analisa Trading yang Simple

Dengan membaca candlestick, kamu sudah bisa melihat pihak mana yang mendominasi kekuatan di pasar. Misalnya dengan melihat warna dari body candlestick, panjang rendahnya sumbu, atau posisi pola candlestick secara keseluruhan.

Baca juga: Apa Itu Scalping Trading, Kenali Indikator dan Strateginya

Strategi Trading Candlestick

8 Strategi Trading Candlestick

Candlestick lahir akibat adanya pergerakan naik turun harga. Meskipun sekilas terlihat seperti pergerakan harga yang acak, pada kenyataannya pergerakan harga tersebut membentuk pola yang bisa digunakan trader untuk mencapai tujuan tradingnya.

Secara umum, sinyal tren pergerakan harga aset trading di pasar terbagi menjadi 2, Tren Bullish yang mengindikasikan tren harga cenderung naik dan Bearish yang mengindikasikan kecenderungan harga bergerak turun.

Akan tetapi membaca kecenderungan harga di pasar tidak bisa hanya berpatok pada Pola pergerakan Bullish dan Bearish-nya saja, Sobat Trader perlu juga memahami strategi trading Candlestick. Ada banyak pola candlestick. Sobat Trader bisa mulai membaca candlestick dengan pola-pola dasar berikut ini:

Bearish Engulfing

Pola Bearish Engulfing

Pola bearish engulfing dapat kamu kenali dengan melihat body candlestick merah berukuran lebih panjang dari body candlestick berwarna hijau di sebelahnya.

Disebut “engulfing” karena seakan-akan ukuran body berwarna merah menelan seluruh body berwarna hijau yang berukuran lebih kecil. Membaca Candlestick ini menunjukkan sinyal kontrol penjual terhadap pergerakan harga yang dapat membuat harga cenderung terus turun.

Bullish Engulfing

Pola Bullish Engulfing

Kebalikan dari strategi Bearish Engulfing, dalam Candlestick Bullish Engulfing, Pembeli lah yang memberikan sinyal memegang kontrol dominasi harga di pasar dan dapat menimbulkan kecenderungan harga yang terus naik.

Sobat Trader bisa melihat Candlestick Bullish dengan body berwarna hijau panjang yang seakan-akan menelan ukuran body candlestick merah di sebelahnya.

Bullish Morning Star

Pola ini memberikan sinyal prediksi adanya kemungkinan tren pergerakan harga yang berbalik arah dari Bearish ke Bullish.

Sobat Trader bisa mengenali candlestick ini dengan melihat tiga body candlestick secara berurutan dimana body pertama berupa bearish dengan harga pembukaan di atas harga penutupan kemarin.

Body kedua bisa berupa candlestick bearish, bullish, ataupun doji. Kemudian Body candlestick ketiga harus merupakan bullish dimana harga penutupan di atas harga pembukaan

Baca juga: Cara Membuat Trading Plan dan Contohnya!

Bullish Morning Star dan Bearish Evening Star

Bearish Evening Star

Strategi analisa teknikal ini membaca candlestick dengan informasi adanya aksi mengulur waktu dari pihak pembeli yang kemudian pergerakan harga diambil alih oleh penjual.

Sobat Trader bisa membaca candlestick ini dengan melihat body candlestick yang ukurannya lebih panjang dari body sebelumnya dengan posisi harga pembukaan berada di bawah harga penutupan pada hari sebelumnya.

Bearish Harami

Bearish Harami

Analisa teknikal berikutnya adalah Pola Bearish Harami yang biasanya ditandai dengan body candlestick berukuran kecil dan berwarna merah yang seluruh ukurannya berada di dalam ukuran body candlestick di hari sebelumnya.

Pola ini menunjukkan adanya sinyal keragu-raguan pembeli yang jika dibiarkan akan membuat tren bergerak terus ke atas dalam uptrend.

Bullish Harami

Bullish Harami adalah candlestick terbalik dari Bearish Harami. Jika dalam Bearish Harami sinyal tren pergerakan harga cenderung ke atas saat uptrend, dalam Bullish Harami, pergerakan harga justru memberikan sinyal turun saat downtrend.

Sobat Trader bisa mengenali Pola Candlestick Bullish Harami dengan melihat body candlestick berwarna hijau berukuran kecil yang muncul di tengah body candlestick merah berukuran panjang pada hari sebelumnya.

Bearish Harami Cross

Serupa dengan Pola Bearish Harami, Pola Bearish Harami Cross juga terjadi saat tren harga sedang naik atau uptrend. Bedaya, dalam Bearish Harami Cross, muncul sebuah doji candlestick, yaitu saat harga pembukaan dan harga penutupan hampir sama nilainya.

Implikasi dari hadirnya Strategi Pola Bearish Harami Cross juga serupa dengan Bearish Harami yang merupakan indikator keragu-raguan pembeli yang dapat berdampak pada pergerakan harga semakin naik ke atas.

Bullish Harami Cross

Ada lagi yang serupa dengan Pola Bulish Harami nih Sobat Trader. Namanya Pola Bullish Harami Cross. Dalam pola Bullish yang satu ini, doji candlestick juga muncul dalam tren turun atau downtrend. Implikasinya pun serupa dengan Pola Bullish Harami.

 

Masih banyak lagi Pola Candlestick lainnya yang bisa Sobat Trader gali lebih dalam untuk memaksimalkan analisa teknikal trading.

Gak perlu bingung untung menggali dan memahami jenis-jenis pola candlestick lainnya. Sobat Trader bisa langsung cek berbagai informasi seputar strategi trading yang #SeriusAman lainnya di HSB Academy, atau ikuti training trading 1 on 1 bersama mentor profesional HSB. Download8 aplikasinya dan segera registrasikan akun tradingmu sekarang!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288