Pound Inggris kemungkinan akan mengalami koreksi beberapa kali, di tengah stagnansi masalah Brexit.

Sisi teknikal: fluktuasi GBP/USD mencapai 101 poin pada hari sebelumnya, yang ditutup naik 0.48%. Terlihat dari Indikator BOLL 20 hari cenderung melebar, rel tengah Bollinger cenderung naik, dimana harga juga berada di dekat rel atas Bollinger; MA-5, 10, 20 hari membentuk sinyal golden-cross multi-siklus; MACD (12, 26, 9) hari berpotensi trend bullish lebih besar daripada hari perdagangan sebelumnya, RSI-14 hari bergerak di level 55-56, dengan kemiringan kurva yang cenderung lebih tinggi. Perhatikan resistance di area 1.2380, fokus level support berada di kurva tengah Bollinger.

Sisi fundamental: Presiden Komisi Eropa – Jean-Claude Juncker memberi pesan melalui telepon kepada Perdana Menteri Inggris Johnson, bahwa ia akan mempertimbangkan setiap proposal yang dibuat selama isinya mematuhi perjanjian Brexit.

Respon yang dikeluarkan Downing Street adalah: Kecuali Uni Eropa melanjutkan negosiasi perjanjian Brexit dan menghapus perjanjian jaminan, jika tidak, harapan Brexit tidak akan terwujud. Kemarin, Brexit tidak membuat kemajuan nyata. Sterling rebound ke level tertentu ditambah koreksi lanjutan yang disebabkan oleh posisi ekstrim. (laporan posisi CFTC menunjukkan bahwa penurunan sterling telah mencapai resistance historis, z-score 1 tahun dan 3 tahun berada dibawah angka 2 standar deviasi).

Situasi politik Italia sedikit stabil, EUR/USD belum menunjukkan kepastian.

Sisi teknikal: EUR/USD diperdagangkan 30 poin pada hari perdagangan sebelumnya, ditutup turun 0.09%. Bollinger Middle Rail 20 hari cenderung rata, EUR/USD turun sedikit setelah menguji middle rail namun tidak tembus. MA-5, MA-10 tetap menunjukkan golden cross, tetapi MA5, 10 doble line sedikit datar dengan harga berada di bawah MA5. MACD harian (12, 26, 9) menunjukkan energi potensial yang menyusut dibandingkan dengan hari perdagangan sebelumnya, RSI harian (14) berjalan di garis 41-42. Jelas, bullish EUR/USD belum siap untuk pembalikan besar. Fokus resistance di 1.1165 dan support di 1.1050.

Sisi fundamental: Kemarin, Partai Gerakan Bintang Lima Italia berulang kali menunda pertemuannya dengan Partai Demokrat. Rumor mengatakan pemerintah koalisi sedang bernegosiasi yang dibayangi bahaya perpecahan karena ketidakpastian kandidat Wakil Perdana Menteri, namun hasil akhir mengatakan negosiasi kedua belah pihak efektif. Pasar optimis bahwa pemerintah baru yang dibentuk oleh Partai Gerakan Bintang Lima dan Partai Demokrat akan menyebabkan yield treasury 10 tahun Italia mencapai level terendah sejak September 2016. Hari ini, kedua pihak bersepakat akan bertemu pada hari Rabu. Selanjutnya mengenai rincian pembahasan yang relevan terkait koalisi, optimisme pasar dan kepercayaan terhadap situasi politik Italia tercermin di pasar obligasi nasional kemarin, tetapi tampaknya situasi pasar belum mendukung kenaikan EUR/USD.

Momentum bullish emas, XAU/USD kembali naik.

Sisi teknikal: fluktuasi emas semalam mencapai 190 poin, ditutup naik 0.98%. BOLL (20) hari cenderung menyempit, middle rail Bollinger cenderung naik, harga emas berada di dekat rel atas Bollinger, MA-5, 10, 20 membentuk sinyal golden-cross multi-siklus, MA-5, 10 doble-line cenderung naik; MACD (12, 26, 9) hari memperlihatkan DIFF menyalip golden-cross DEA. Candlestick bullish potensial agak menciut daripada hari perdagangan sebelumnya. Garis RSI (14) hari berjalan pada garis 65-66, dengan kimiringan kurva cenderung lebih tinggi. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, harga telah menyentuh segmen fibonacci ekspansi -50% AB 1544 sebanyak dua kali. Fokus resistance di level fibonacci -61.8% – 1566, fokus level support berada di kurva tengah Bollinger.

Sisi Fundamental: Indeks kekhawatiran VIX ditutup naik 5.12% pada hari perdagangan sebelumnya dengan poin 20.31; indikator leading harga emas Barrick Gold Corporation (NYSE: ABX) ditutup naik 2.75% pada hari perdagangan sebelumnya pada poin 19.77.

Reksa dana emas ETF: SPDRGoldTrust AS membeli 13.49 ton emas pada tanggal 28 Agustus, meningkatkan kepemilikan atas aset emas bersih 5 kali berturut-turut, atau bertambah menjadi 873.32 ton. Bank of America Merrill Lynch melaporkan bahwa bank sentral semua negara saat ini sulit menilai kondisi ekonomi global. Indikator seperti nilai dan proporsi aset pendapatan negatif telah meningkat, sehingga bank sentral terpaksa memberlakukan kebijakan longgar lebih lanjut, karena ini emas diharapkan akan terus menarik permintaan investor di masa depan.

Peringatan risiko:

Trading forex dan CFD mengandung risiko tinggi dan mungkin tidak cocok untuk semua investor. Anda mungkin akan mengalami kerugian melebihi margin awal. Konten di atas adalah informasi umum dan bukan termasuk tujuan investasi Anda, situasi keuangan atau kebutuhan lainnya, juga bukan referensi untuk investasi.